Pengaruh Metode Preview Question Read Reflect Recite Review terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Madrasah Ibtidaiyah

Authors

  • Manis Utari Universitas ISBI Singkawang, Indonesia
  • Zulfahita Zulfahita Universitas ISBI Singkawang, Indonesia
  • Sumarli Sumarli Universitas ISBI Singkawang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/pijies.v7i2.4856

Keywords:

Preview Question Read reflect Recite Review (PQ4R) Method, Keterampilan Membaca Pemahaman, Mandrasah Ibtidaiyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas lima madrasah ibtidaiyah antara kelas yang menerapkan metode Preview Question Read reflect Recite Review (PQ4R) dan kelas yang menggunakan metode ekspositori konvensional, mengukur sejauh mana pengaruh metode PQ4R terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa, serta menjelaskan peningkatan keterampilan membaca pemahaman siswa setelah penerapan metode PQ4R. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu yang dilaksanakan di madrasah ibtidaiyah Unggulan Ushuluddin Singkawang dengan populasi seluruh siswa kelas lima sebanyak 127 siswa. Sampel terdiri atas 30 siswa kelas lima A sebagai kelas eksperimen dan 35 siswa kelas lima B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar soal keterampilan membaca pemahaman, sedangkan teknik analisis data meliputi uji-t, effect size, dan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan dalam keterampilan membaca pemahaman antara kelas eksperimen dan kontrol dengan nilai t-hitung 3,6856 > t-tabel 1,9983. Pengaruh metode PQ4R terhadap keterampilan membaca pemahaman sangat tinggi dengan nilai effect size 0,99, yang terlihat dari rata-rata nilai siswa di kelas eksperimen sebesar 74,53 dibandingkan dengan kelas kontrol sebesar 61,37. Perbedaan perlakuan ini menjadi faktor utama yang memengaruhi hasil pada kedua kelas. Selain itu, keterampilan membaca pemahaman siswa setelah penerapan metode PQ4R mengalami peningkatan dengan indeks N-Gain sebesar 0,48, yang berada dalam kategori sedang (0,3 < N-Gain < 0,7). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa metode PQ4R berpengaruh positif terhadap peningkatan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas lima madrasah ibtidaiyah.

References

Dalman. (2017). Keterampilan Membaca. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Damayanti, N. (2020). Pengaruh Metode PQ4R Terhadap Kemampuan Memebaca Pemahaman Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar Kelas Tinggi. Dharmas Education Jurnal (DE_journal), 1 (2), 186-192.

Dihan, W., Hidayat, M., & Nugraha, U. (2022). Penerapan Metode PQ4R Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VI SD. Jurnal Pendidikan Tematik Dikdas, 7(1),88-100.

Friska, M., Damanik,A. R.,& Sinaga, A. B. (2023). Pengaruh Metode PQ4R Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas VI SDN 066049 Medan Halvetia. Jurnal Teknelogi Kesehatan dan Ilmu Sosial(Tekesnos), 5(1),10-15

Hasanudin,C. (2017). Eksperimentasi strategi belajar PQ4R dengan media komik terhadap keterampilan membaca pemahamn cerita anak pada siswa kelas VII SMP. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya(e-jurnal),2(2),136-142.

Rikmasari, R. & Lestari, M. (2018). Metode Pembelajaran PQ4R Dalam Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V Bekasi. JMIE (Jurnal Of Madrasah Ibtidaiyah Education). 2 (2), 265-275.

Sugiyono.(2018). Metode Penelitian Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sumarli, S., Setyowati, R.,& Anggraini., P. (2021). Pengaruh Penerapan Metode Team Quiz Terhadap Hasil Belajar Ranah Kognitif Siswa Kelas Iv Sd Pada Materi Sumber Energi. Journal Of Educational Review and Research, 4(2), 141-146.

Sumarli, S., Utama, E.G., & Ayu,K. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Kelas IV SD pada Materi Sumber Energi. Lensa : Jurnal Kependidikan Fisika ,9(2),149-156.

Trianto,(2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia group.

Usmany,M.(2019). Penuntasan Hasil Belajar Siswa Kelas XII Melalui Penerapan Strategi Belajar PQ4R Pada Konsep Evolusi di SMA Negeri 4 Ambon. BIOTIK : Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan, 2019,7.1:64-71

Pratama, R. M., Sunarsih, E., & Zulfahita, Z. (2023). Interferensi Morfologi Bahasa Melayu Terhadap Bahasa Indonesia Dalam Film Sambas Tullah. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 8(1),56-61

Widiyanthi, IA, Sugihartini, N., Wahyuni, DS. & Kesiman, MWA (2014). Pengaruh pembelajaran metode PQ4R (Preview, question, read, reflect, recite, review) terhadap hasil belajar TIK siswa kelas VIII. KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika), 3 (1), 34-38.

Yunita, Y., Fitri,F., & Zulfahita,Z. (2017). Peningkatan Keterampilan Membaca Ekstensif Meggunakan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Pada Siswa Kelas VIII D MTs Negeri Singkawang Tahun Ajaran 2016/2017. JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia),2(1), 12-17.

Published

2024-12-25

How to Cite

Utari, M., Zulfahita, Z., & Sumarli, S. (2024). Pengaruh Metode Preview Question Read Reflect Recite Review terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 7(2), 67–80. https://doi.org/10.24256/pijies.v7i2.4856

Issue

Section

Articles

Citation Check

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 

You may also start an advanced similarity search for this article.