Penerapan Media Gambar Lingkungan Sekitar dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi di Sekolah Dasar

Afifah Alawia

Abstract


Penelitian ini mengungkapkan pokok permasalahan tentang keterampilan menulis karangan deskripsi dengan penerapan media gambar lingkungan sekitar. Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan menulis karangan deskripsi yang diterapkan melalui media gambar  lingkungan sekitar pada siswa kelas IV SDN 009 Tarue Kabupaten Luwu Utara. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan melalui dua siklus. Teknik pengumpulan data yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi. Data penelitian yang diperoleh dinalisis dengan menggunakan rumus statistik deskriptif (persentasi) untuk mengungkapkan secara deskriptif hasil penelitian. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa pada tahap prasiklus, nilai hasil  keterampilan menulis karangan deskripsi siswa dengan nilai rata-rata adalah 5,860%. Setelah dilaksanakan pembelajaran dengan menerapkan media gambar berbasis budaya lingkungan, pada siklus I nilai  keterampilan menulis karangan siswa dengan nilai  rata-rata adalah 6,720%. Kemudian, dilanjutkan pada siklus II nilai hasil menulis karangan deskripsi siswa dengan nilai rata-rata adalah 7,780%. Dengan demikian, keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas IV SDN 009 Tarue Kabupaten Luwu utara dengan penerapkan media gambar lingkungan sekitar yang dimulai dari siklus pertama sampai siklus ke-2 menunjukkan hasil yang efektif. Oleh karena itu, media gambar lingkungan sekitar perlu dijadikan referensi oleh guru dalam kegiatan pembelajaran menulis karangan di sekolah dasar, khususnya SDN 009 Tarue Kabupaten Luwu Utara.


Keywords


Media gambar, Karangan deskripsi

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24256/pijies.v2i2.959

Article Metrics

Abstract view : 46 times
PDF - 31 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Pedagogik Journal of Islamic Elementary School Published by Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Palopo In Collaboration with Perkumpulan Dosen Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PD PGMI) Indonesia.

Editorial Office:

Tarbiyah Building, 1st Floor, Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Palopo.  Jl. Agatis I Balandai, Palopo City, South Sulawesi, Indonesia 91914, Email: jurnal_pijies@iainpalopo.ac.id