PERNIKAHAN DAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PARADIGMA AL-QUR’AN (UPAYA INTERPRETASI TERHADAP QS AL-NŪR/24: 32)

Authors

  • Zardah Zardah Pascasarjana UIN Alauddin Makassar

Abstract

The quran’s study of couples is practically menifested in marital relationship. The commands and prescription of marriage desired by Islam are clearly explained by the Koran in a number of separate verses. The discussion of the verses is generally aimed at people who want to get married. The implication, marriage becomes individual comsumtion. On this basis, the discourse of awareness to form a social system in sustaining marriage can not be discussed, sometimes even an obstacle to the marriage. This paper is an effort to articulate the social relation betwen society and marriage with the recitation of surah al-Nur/32 and interpretation of mufasir, and found a close relation between community involvement in the matter of marriage.

Studi al-Qur’an berkenaan pasangan secara praktis terealisasi dalam hubungan pernikahan. Perintah dan prohibisi tentang preskripsi pernikahan yang dikehendaki agama Islam dijelaskan gamblang oleh al-Qur’an dalam beberapa ayat yang terpisah. Pembicaraan ayat-ayat tersebut umumnya ditujukan kepada insan yang hendak menikah. Implikasinya, isyarat-isyarat pernikahan menjadi konsumsi antara satu persona dengan persona lainnya. Atas dasar ini, wacana kesadaran untuk membentuk sistem sosial dalam menopang pernikahan tidak pernah dapat dibicarakan, bahkan kadang menjadi barikade dilangsungkannya pernikahan. Paper ini adalah upaya mengartikulasikan relasi sosial antara masyarakat dan pernikahan. Atas dasar QS. Al-Nur/24:32 dan interpretasi mufasir, maka dijumpai hubungan yang erat antara keterlibatan masyarakat dalam urusan pernikahan.

References

Al-Qur’a>n al-Kari>m

Al-Abya>ri>, Ibra>hi>m ibn Isma>’i>l. al-Mausu>’ah al-Qur’a>niyyah. t.t: Mu’assasah Sijl al-‘Arab. 1405 H.

Aizid, Rizem. Keajaiban Rezeki Setelah Menikah: Menikah Bisa Buatmu Kaya. Jogjakarta: Safirah. 2014.

Al-Bas}a>ri>, Abu> Abd al-Rah}ma>n al-Kha>li>l ibn Ah}mad ibn ‘Amru> ibn Tami>m al-Fara>hi>di>. Kita>b al-‘I>r wa Maktabah al-Hila>l.

Al-Andalusi>, Abu> H{ayya>n Muh}ammad ibn Yu>suf ibn ‘Ali> ibn Yu>suf ibn H{ayya>n Asi>r al-Di>n. al-Bah}r al-Muh}i>t} fi> al-Tafsi>r. Bairu>t: Da>r al-Fikr. 1420 H.

Al-Ans}a>ri>, Muh}ammad bin Makrum bin ‘Ali> Abu> al-Fad}l Jama>l al-Di>n ibn Manz}u>r. Lisa>n al-‘Arab. Bairu>t: Da>r S}a>dir. 1414 H.

Al-As}faha>ni>, Abu> al-Qa>sim al-H{usain bin Muh}ammad al-Ma’ru>f bi al-Ra>gib. al-Mufrada>t fi> Gari>b al-Qur’a>n. Bairu>t: al-Da>r al-Sya>miyyah. 1412 H.

Al-Bas}a>ri>, Abu> Abd al-Rah}ma>n al-Kha>li>l ibn Ah}mad ibn ‘Amru> ibn Tami>m al-Fara>hi>di>. Kita>b al-‘I>r wa Maktabah al-Hila>l. t.th.

Al-Damasyqi>, Abi> al-Fida>i Isma>‘i>l ibn Kasi>r. Tafsi>r al-Qur’a>n al-‘Az}i>m: Ibnu Kasiru>q al-H{adi>s li al-T{aba>’ati wa al-Nasyr. 1421 H/2000 M.

Diana, Rahmy. Penundaan Pernikahan Perspektif Islam dan Psikologi. “Jurnal Psikologi†I. No. II (2008).

Al-Fuyu>mi>, Ah}mad ibn Muh}ammad ibn ‘Ali>. al-Mis}ba>h} al-Muni>r fi> Gari>b al-Syarh} al-Kabi>r. Bairu>t: al-Maktabah al-‘Ilmiyyah. t.th.

Al-H{usain, Muh}ammad ibn Muh}ammad ibn ‘Abd al-Razza>q, dkk. Ta>j al-‘Uru>si min Jawa>hir al-Qa>mu>s t.tp: Da>r al-Hida>yah. t.th.

Al-H}a>fiz}, Ah}sin W. Kamus Fiqh. Jakarta: Amzah. 2013.

Hamka. Tafsi>r al-Azhar. Jakarta: Pustaka Panjimas. 1983.

Ibn al-‘Abba>s, Isma>‘i>>l ibn ‘Iba>d, dkk., al-Muh}i>t} fi> al-Lugah. t.d.

Ibn al-Khat}i>b, Muh}ammad ‘Abd al-Lat}i>f. Awd}ah} al-T}afa>si>r. t.t: al-Mat}ba‘ah al-Mas}riyah wa Maktabatuha. 1383 H/1964 M.

Ibn H{amd, Abu> ‘Abd al-Rah}ma>n ‘Abdullah ibn ‘Abd al-Rah}ma>n ibn S}a>lih} ibn H}amd ibn Muh}ammad. Taisim Syarh} ‘Umdah al-Ah}ka>m. Kairo: Maktabah al-S}ah}a>bah. 2006.

Al-JÄbiri, Muḥammad ‘AbÄ«d. Faḥm al-Qur’Än al-ḤakÄ«m: al-TafsÄ«r al-WÄá¸iḥ Ḥasb TartÄ«b al-NuzÅ«l. Beiru>t: Markaz DirÄsah al-Waḥdah al-‘Arabiyyah. 2010.

Al-Jazi>ri>, ‘Abd al-Rah}ma>n ibn Muh}ammad ‘Iwad. al-Fiqh ‘ala> Maza>hib al-Arba‘ah. Bairu>t: Da>r al-Kutub al-‘Ilmiyyah. 1424 H/2003 M.

Kementerian Agama. Tanggung Jawab Sosial: Tafsir al-Qur’an Tematik. Jakarta: Lajnah Pentashihan Mushaf al-Qur’an. 2011.

Kementerian Agama RI. al-Quran dan Terjemahnya. Jakarta: Unit Percetakan al-Qur’an. 2017.

Al-Malyaba>ri>, Zain al-Di>n bin ‘Abd al-‘Azi>z. Fat} al-Mu‘it: Da>r al-Fikr. t.th.

Al-Malyaba>ri>, Zain al-Di>n ibn ‘Abd al-‘Azi>z. Fat} al-Mu‘it: Da>r al-Fikr. t.th.

Al-Mara>gi, Ah}mad ibn Mus}t}afa>. Tafsi>r al-Mara>gi. t.t: t.tp. 1946.

Mardani. Hukum Keluarga Islam di Indonesia. Jakarta: Prenadamedia Group. 2016.

Perpustakaan Nasional RI. Ensiklopedi Hukum Islam. Jakarta: PT> Ikhtiar Baru van Hoeve. 2000.

Al-Qurt}ubi>, Abi> ‘Abdillah Muh}ammad ibn Ah}mad ibn Abi> Bakr. al-Ja>mi‘ liah}kam al-Qur’a>n. Kairo: Da>r Kutub al-Mas}riyyah. 1384 H/1964 M.

Al-Ra>zi<, Ah}mad ibn Fa>ris Zakariyya’ al-Quzawni<. Mu‘jam Maqa>yi>s al-Lugah. t.tp: Da>r al-Fikr. 1979.

Rahman, Fazlur. Islam, terj. Ervan Nurtawab dan Ahmad Baequni. Sejarah Pemikiran dan Peradaban. Bandung: Penerbit Mizan. 2017.

Sahla, Abu dan Nurul Nazara. Buku Pintar Pernikahan. Jakarta: Belanoor. 2011.

Shihab, M. Quraish Tafsir al-Mishbah: Pesan Kesan dan Keserasian al-Qur’an. Jakarta: Lentera Hati. 2002.

Shihab, M. Quraish, dkk., Ensiklopedi al-Qur’an. Jakarta: Lentera Hati. 2007.

______, M. Quraish. M. Quraish Shihab Menjawab: 1001 Soal Keislaman yang Patut Anda Ketahui. Jakarta: Lentera Hati. 2008.

______, M. Quraish. Pengantin al-Qur’an. Jakarta: Lentera Hati. 2014.

Tasbih. Perbudakan dalam Perspektif Hadis Nabi saw. Makassar: Alauddin University Press. 2014.

Wiza>rah al-Auqa>f wa al-Syu’u>n al-Isla>miyyah. al-Mausu>’ah al-Fiqhiyyah al-Kuwaitiyyah. Kuwait: Da>r al-Sala>sal. 1404 H.

Yunus, Mahmud. Kamus Arab-Indonesia. Jakarta: Hidakarya Agung. 1411 H/1990 M.

Al-Zuh}aili<, Wahbah. al-Fiqh} al-Isla>mi> wa Adillatuhu. terj. ‘Abd al-H{ayyi> al-Kattani, dkk. Jakarta: Gema Insani. 2011.

----------. al-Tafsi>r al-Muni>r fi< al-‘Aqi>dah wa al-Syar‘iyyah wa al-Manh}aj. Damaskus: Da>r al-Fikr. 1430 H/2009 M.

Downloads

Published

2019-11-05

Issue

Section

Articles