PERKEMBANGAN ZIONISME DAN BERDIRINYA NEGARA ISRAEL

Authors

  • Muhammad Syarif Hasyim IAIN Palu

Abstract

Zionism term ascribed to one of the names of four the stands on it city ursaalem ( the peace ) old name of the temple of the land. There is also the results that the word it tells fort the quds .The opinion is indicated that zion is a hill used for a guard or refuge , and then david us . Made as a palace after he moved from hebron in the ii bc .Historically this is so orang-orang purify the jewish zion ( believed to be located in masjd the mosque ) and they have believe that god is where their as set out in the.

Based on the origin of said of zionism this , ahmad syalabi gave ear very simple that of zionism is menetapnya the children of israel in palestine , namely on the mount zion and surrounding .And a zionist are jews embedded in his heart want to live in palestine , including one who supports jews in materil and moral to settle down in palestine.

Zionisme istilah yang dinisbahkan kepada salah satu nama dari empat gunung yang berdiri di atasnya kota Ursaalem (kota damai) nama lama dari Bait al Maqdis. Ada juga yang berpendapat bahwa kata ini berasal dari bahasa Arab “"الصون والتحصين. Ada juga hasil “penelitian bahwa kata ini menunjukkan kepada benteng al Quds. Kesemua pendapat tersebut menunjukkan bahwa Zion adalah sebuah bukit yang dijadikan sebagai tempat penjagaan atau berlindung, dan Nabi Daud as. menjadikan sebagai istana setelah beliau pindah dari Hebron pada abad II SM. Berdasarkan sejarah  inilah sehingga orang-orang Yahudi mensucikan bukit Zion (diyakini terletak di Masjd al Aqsha) dan mereka pun berkeyakinan bahwa tuhan berada di tempat itu seperti yang tertuang dalam kitab mereka.

Berdasarkan asal-usul dari kata zionisme ini, Ahmad Syalabi memberikan batasan yang sangat sederhana bahwa Zionisme adalah menetapnya bani Israil di Palestina, yaitu di bukit Zion dan sekitarnya. Dan seorang zionis adalah orang Yahudi yang tertanam di hatinya ingin hidup di Palestina, termasuk orang yang mendukung Yahudi secara materil maupun moril untuk bermukim di Palestina.

References

Irawan MN, Aguk. Rahasia Dendam Isrel. Cet.I; Jakarta: Kinza Books, 2009

al Zeibik, Ali Muhammad Jaresyah dan Muhammad Syarif. Asalib al Gazw al Fikriy lil ‘Alam al Islamiy. Cairo: Dar al I’Tisham, 1975.

al Hasan, Muhammad. al Mazahib wa al Afkar al Mu’ashirah fi Tashawwur al Islami. Cet.III; Shan’a: Dar al Basyir li al Tsaqafah wa ‘Ulum al Islam³yah.

Bakr, ‘Ala. Mazahib Fikriyah fi al Mizan. Cairo: Dar al ‘Aqidah, 2002.

Al Nadwah al ‘Alamiyah li al Syabab al Islamiy, al Mausu’ah al Muyassarah fi al Adyan wa al Mazahib wa al Ahzab al Mu’ashirah.

Ahmad Syalabi, Muqaranah al Adyan; 1 al Yahudiyah. Cet. V: Cairo: Maktabah al Na¥«ah al Mi¡r³yah, 1978.

al ‘Aql, Nashir bin ‘Abdullah al Qaffariy dan Nashir bin ‘Abd al Karim. al Mujaz fi al Adyan wa al Mazahib al Mu’ashirah (Cet. I; al Riyadh: Dar al Shami’iy lin Nasyr wa al Tauzi’, 1992.

Carr, William G. al Yahud wara’ Kull al Jarimah (Yahudi Menggenggam Dunia), terj. Musttolah Maufur. Cet. VI; Jakarta: Pustaka al-Kautsar.

al Qardhawiy, Yusuf. al Quds, Qadhiyyah Kull Muslim (Cet. II; Beiru: al Maktab al Islamiy, 1998.

al T­nis³y, Muhammad al Khalifah. al Khathar al Yahudiy, Protokolat Hukama’ Shayun (Cet. X; Cairo: Dar al Turats, 2003.

al Zugaibiy, Ahmad Abdullah bin Ibrahim. al ‘Unshuriyah al Yahudiyah wa Atsaruha fi al Mujtama’ al Islamiy wa al Mauqif Minha, juz 3. Cet. I; Riyadh: Maktabah al ‘Abikan, 1998.

Khan, Zafarul Islam. Tarikh Filisthin al Qadim 1220 SM-1359M. Cet. III; Beirut: Dar al Nafais, 1981.

Syakir, Ismail Ahmad Yagi Mahmud. Tarikh al ‘Alam al Islamiy al Hadits wa al Mu’ashir, juz 1. Riyadh: Dar al Murikh lin Nasyr, 1995.

al Kharrasiy, Sulaeman bin Shalih. Kaifa Saqatat al Daulah al ‘Utsmaniyah. Cet. I; Riyadh: Dar al Qasim lin Nasyr wa al Tauzi’, 1420 H.

Downloads

Published

2019-11-05

Issue

Section

Articles