Analisis Break Even Point Sebagai Alat Perencanaan Laba pada Perusahaan Browcyl Brownis Pisang Khas Makassar

Authors

  • Rosida Rosida STIE LPI Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/kharaj.v1i1.796

Abstract

This article is the result of a study that analyzes break even point as a profit planning tool at the Makassar Banana Browcyl Brownis company. Located on Jl. A.P. Pettarani Kota Makassar, research using descriptive method based on case studies aims to determine the value of each variable, either one variable or more independent in nature without making a relationship or comparison with other variables. Data processing is done by looking for contribution margin value, break even point and margin of safety. The results of this study indicate that in 2017 the break-even achieved by the company was Rp. 72,070,308.51 and BEP per kg of Rp. 1.018. In 2018 the break-even point reached by the company was Rp. 69,612,903.23 and BEP per kg of 2,308. The margin of safety in 2017 to 2018 has increased 83% to 86%. Sales in 2017 and 2018 have reached the calculated sales target. This research is important because it allows companies to conduct business expansion or increase production in accordance with the company's capacity

References

Ahmad, Kamaruddin. 2011. Akuntansi Manajemen. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011.

Armila, Warindrani, Krisna. 2006. Akuntansi Manajemen. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Astuti, Widia. 2014. Akuntansi Manajemen. Bandung: Citapustaka Media Perintis.

Blocher, Edward J. 2011. Manajemen Biaya: Penekanan Strategis. Jakarta: Salemba Empat.

Bustami, Bastian. dan Nurlela. 2006. Akuntansi Biaya Teori dan Aplikasi.Yogyakarta: Graha Ilmu.

Dahlia HB. 2011. “Analisis Cost-Volume-Provit (CVP) Sebagai Alat Bantu Perencanaan Laba PT. Pabrik Gula Takalarâ€. Skripsi. Makassar: Program Studi Akuntansi, Universitas Hasanuddin.

Dewi, Dian Ratna Rusmala. 2017. Analisis Hubungan Margin Kontribusi Sebagai Alat Bantu Perencanaan Laba Pada Industri Gamelan Margolaras Kauman Magetan periode 2014-2016. Madiun: Universitas PGRI Madiun, Vol. 5 No. 1, (2017).

Dunia, Firdaus A. dan Abdullah, Wasilah. 2009. Akuntansi Biaya. Edisi 2. Jakarta: Salemba Empat

Endhonanta, Ariek. 2013. “Analisis Biaya-Volume-Laba Sebagai Alat Perencanaan Laba pada UD. Hatono Putra Balung Jemberâ€. Skripsi. Jawa Timur: Program Studi Manajemen, Universitas Jember.

Garrison, Ray H., Noreen, Eric W., and Brewer, Peter C. 2000. Managerial Accounting. Fourteenth Edition. Diterjemahkan oleh Kartika Dewi. Jakarta: Salemba Empat.

Halim, Mamduh M Hanafidan Abdul. 2006. Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: Unit Penerbitan dan Percetakan AMP-YKPN.

Hansen, Don R., and Mowen, Marryanne M. 2011. Managerial Accounting. Eighth Edition. Diterjemahkan oleh Denny Arnos Kwary. Jakarta: Salemba Empat

Hansen, Don R., and Mowen, Marryanne M. 2011. Managerial Accounting. Eighth Edition. Diterjemahkan oleh Denny Arnos Kwary. Jakarta: Salemba Empat

Harahap, Sofyan Syafri. 2013. Teori Akuntansi. Jakarta: Rajawali Pers.

Hery. 2009. Teory Akuntansi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Ichsandy, Muhammad. 2018. “Analisis Biaya Volume Laba Sebagai Alat Perencanaan Laba

Ikhsan, Arfan. 2016. Analisa Laporan Keuangan. Medan: Madenatera.

Kasmir. 2010. Pengantar Manajemen Keuangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

______. 2011. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Matz, Adolph. 1992. Akuntansi Biaya Perencanaan dan Pengendalian. Jakarta: Erlangga.

Munawaroh, Sofiatul. 2016. “Analisis Biaya Volume Laba Sebagai Alat Perencanaan Laba Pada Ud. Mentari Pasuruanâ€. Skripsi. Malang: Fakultas Ekonomi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Mursyidi. 2008. Akuntansi Biaya Conventional Costing, Just In Time, dan Activity Based Costing. Bandung: PT Refika Aditama.

Pada PT. Perkebunan Nusantara III (Persero) Medanâ€. Skripsi. Medan: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan

Prastowo, Dwi dan Rifka Julianty. 2007. Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: Akademi Manajemen Perusahaan YKPN.

Pratiwi, Gustyanita. 2012. “Makassar Siap Menjadi Global Business City†03 September 2012, http:// swa.co.id/business-strategy/management/Makassar-siap-menjadi-global-business-city (21 Mei 2019.

Raiborn, Cecily A. dan Michael R. Kinney. 2011. Akuntansi Biaya Dasar dan Perkembangan. Jakarta: Salemba Empat

Rangkuti, Freddy. 2009. Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Bogor: Grafika Mardi Yuana.

Rulita, Bebbie. 2011. “Analisis Faktor yang Mempengaruhi Konsumen dalam Memutuskan Pembelian Produk Brownis Amandaâ€. Skripsi. Medan: Universitas Sumatra Utara.

Salvatore, Dominick. 2005. Managerial Economics in A Global Economy. Fifth Edition. Diterjemahkan oleh Ichsan Setyo Budi. Jakarta: Salemba Empat.

Samryn. 2001. Akuntansi Manajerial Suatu Pengantar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Carter, William K. 2009. Cost Accounting. Fourteenth Edition. Diterjemahkan oleh Krista. Jakarta: Salemba Empat.

Sihombing, Selfinta B. 2013. “Analisis Biaya Volume Laba Sebagai Alat Bantu Perencanaan Laba PT. Bangun Wenang Beverages Companyâ€. Jurnal Ilmiah. Manado: Program Studi Akuntansi, Universitas Sam Ratulangi.

Simamora, Henry. 2012. Akuntansi Manajemen. Edisi III. Duri: Star Gate Publisher.

Sjahrial, Dermawan, dan Djahotman Purba. 2012. Akuntansi Manajemen. Bogor: Mitra Wacana Media.

Soemarso S.R. 2004. Akuntansi Suatu Pengantar. Buku 2, Edisi 5. Jakarta: Salemba Empat. Mulyadi. 2005. Akuntansi Biaya, Edisi Kelima. Cetakan Ketujuh. Yogyakarta: Akademi Manajemen Perusahaan YKPN.

Sujarweni, V Wiratna. 2014. Metodologi Penelitian. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

The, Ishak., dan Sugiono, Arief. 2015. Akuntansi Informasi dalam Pengambilan Keputusan. Jakarta: PT. Grasindo.

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. 2012. Pemasaran Strategik: Mengupas Pemasaran Strategik, Branding Strategy, Customer Satisfaction, Strategi Kompetitif, hingga e-Marketing. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Verawati, Eti. 2014. “Penerapan Metode CVP (Cost-Volume-Profit) Sebagai Alat Bantu Analisis Perencanaan Laba dalam Mencapai Target Perusahaan pada UKM Vinito Brownisâ€. Jurnal. Program Studi Akuntansi. Semarang: Universitas Dian Nuswantoro.

Wiharjo, Nelly. 2011. “Analisis Cost-Volume-Provit (CVP) untuk Perencanaan Laba pada Hotel Losari Beachâ€. Skripsi. Makassar: Program Studi Akuntansi, Universitas Hasanuddin.

Downloads

Published

2019-06-03

How to Cite

Rosida, R. (2019). Analisis Break Even Point Sebagai Alat Perencanaan Laba pada Perusahaan Browcyl Brownis Pisang Khas Makassar. Al-Kharaj: Journal of Islamic Economic and Business, 1(1). https://doi.org/10.24256/kharaj.v1i1.796

Issue

Section

Articles

Citation Check