Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X3 SMA Negeri 5 Pekanbaru

Titi Solfitri, Susda Heleni

Abstract


Dalam melaksanakan proses pembelajaran di sekolah seorang guru hendaknya pandai memilih model pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran. Serta bisa memberikan waktu lebih banyak untuk siswa berpikir, merespon dan saling membantu serta dapat membantu siswa dalam memahami konsep materi pelajaran guna meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satunya yaitu dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square. Model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square memberikan kesempatan kepada siswa untuk bekerja di dalam kelompok heterogen baik dari segi kemampuan akademis, gender, latar belakang agama sosio-ekonomi dan etnik yang berbeda. Dengan penerapan model pembelajaran kooperatif Think Pair Square maka terjadi peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas SMAN 5 Pekanbaru semester genap Tahun Pelajaran 2011/2012 pada materi pokok Trigonometri. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas X3 SMAN 5 Pekanbaru pada materi pokok Trigonometri semester genap tahun pelajaran 2011/2012. Hal itu dapat dibuktikan dari hasil observasi atau pengamatan secara langsung yang memperlihatkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar matematika siswa dari sebelumnya ke siklus pertama dan siklus kedua. Pada mula-mula jumlah siswa yang mencapai KKM berjumlah 6 10 siswa, setelah mengikuti proses siklus pertama jumlah yang mencapai KKM berjumlah 15 siswa dan pada siklus kedua jumlah siswa yang mencapai KKM berjumlah 28 siswa dari total 32 siswa.

Keywords


Think Pair Square; Model Pembelajaran Kooperatif.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S, Suhardjono, Supardi., 2009, Penelitian Tindakan Kelas, Bumi Aksara, Jakarta

B. Uno, Hamzah.2009.Model Pembelajaran :Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif Dan Efektif. Bumi Aksara: Jakarta

BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan), 2006, Standar Isi KTSP, Jakarta.

Depdiknas., 2006, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Pusat Kurikulum, Balitbang Depdiknas, Jakarta.

Djamarah, Bahri Syaiful dan Zain Aswan., 2006, Strategi Belajar Mengajar, Rineka Cipta, Jakarta.

Dimyati dan Mudjiono, 2006, Belajar dan Pembelajaran, Rineka Cipta, Jakarta.

Ibrahim, dkk.2000.Pembelajaran kooperatif.University Press: Surabaya

Lie, A., 2008, Cooperative Learning, Gramedia, Jakarta.

Mulyasa, E., 2009, Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Bumi Aksara, Jakarta.

Muslish, Masnur., 2009, Penelitian Tindakan Kelas itu Mudah, Bumi Aksara, Jakarta

Purwanto., 2009, Evaluasi Hasil Belajar, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Ratumanan, T. G., 2002, Belajar dan Pembelajaran, UNESA-University Press, Surabaya

Sagala., 2010, Konsep dan Makna Pembelajaran, Alfabeta, Bandung

Sardiman, A. M., 2007, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Slameto., 2010, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi, Rineka cipta: Jakarta.

Slavin, R.E., 1995, Cooperatif Learning Theori Research and Pratice, Allyin and Bacod Boston.

_________., 2009, Cooperatif Learning Teori, Riset dan Praktik, Terjemahan Lita, Nusa Media, Jakarta.

Syah, Muhibbin., 2007, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, PT. Remaya Rosdarkarya, Bandung.

Sudjana, Nana., 2009, Dasar-Dasar Proses Mengajar, Sinar Baru Algesindo: Bandung.

_____________, 2009, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.Remaja Rosda Karya:Bandung

Sugiyono., 2007, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Alfabeta, Bandung.

Susilo.,2009, Penelitian Tindakan Kelas, Pustaka Book Publisher, Yogyakarta.

Sukarno.2009. Penelitian Tindakan Kelas. Surakarta: Media Perkasa

Suyanto., 1997, Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas, Dikti Depdikbud, Yogyakarta.

Trianto., 2009, Model-Model Pembelajaran Inovatif Beroriantasi Konstruktivistik, konsep, Landasan Teoritis-Praktis dan Implementasinya, Prestasi Pustaka, Jakarata.




DOI: https://doi.org/10.24256/jpmipa.v3i1.217

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.