Media Dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika

Nasaruddin Nasaruddin

Abstract


Berbicara tentang media tentu sangat erat kaitannya dengan komunikasi. Dalam proses pembelajaran termasuk pembelajaran matematika terjadi komunikasi antara guru dengan siswa dan juga antara siswa dengan siswa, karena pada hakekatnya proses belajar mengajar merupakan proses komunikasi antara guru dan siswa. Dalam proses belajar mengajar tersebut, sebagai komunikannya adalah siswa dan sebagai komunikatornya adalah guru dan siswa. Dalam berkomunikasi, komunikator menyampaikan pesan kepada komunikan. Agar pesan yang disampaikan (berupa pengetahuan, pengalaman, atau gagasan) dapat ditangkap, dipahami, dan dipelajari dengan baik oleh komunikan, maka komunikator harus memikirkan cara-cara komunikasi yang efektif, karena kesalahan komunikasi akan menimbulkan masalah.

Keywords


Media, alat peraga, Matematika

Full Text:

PDF

References


Afrida, Anas. 2014. Media dan Alat Peraga. online 25 September 2015 pukul 20.00 WITA. http://anasafrida.blogspot.co.id/2014/11/media-dan-alat-peraga-dalam_15.html.

Arsyad, Azhar. 2006. Media Pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Rohayati, Ade. 2008. Media Pembelajaran. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia

Sadiman, Arif S. dkk. 2006. Media Pendidikan : Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Sejathi,(on-line),(id.shvoong.com/social-sciences/education/2108406-jenis-jenis-media-pembelajaran/), diakses pada 1 November 2013.

Sejathi,(on-line),(id.shvoong.com/writing-and-speaking/presenting/2105399-ciri-ciri-umum-media-pembelajaran/), diakses pada 31 Oktober 2013.

Sobel, Max A. dan Evan M. Maletsky. 2004. Mengajar Matematika : Sebuah Buku Sumber Alat Peraga, Aktivitas, dan Strategi.Jakarta : Erlangga.

Suherman, Erman. Dkk. 2001. Common Text Book Strategi Pembelajaran Matematika Kontomporer. Bandung : JICA Universitas Pendidikan Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.24256/jpmipa.v3i2.232

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.