Analisis Korespondensi Sarana Belajar dan Tenaga Pengajar terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA dan SMK di Kota Palopo

Nurwahida Nurwahida, Alia Lestari

Abstract


Analisis korespondensi merupakan salah satu teknik multivariat yang merupakan gabungan dari teknik reduksi data dan pemetaan persepsi. Salah satu tujuan analisis ini adalah untuk melihat keterkaitan atau kedekatan suatu kategori pada satu variabel terhadap kategori variabel lainnya. Pada makalah ini akan dibahas penerapan analisis korespondensi dalam melihat pola hubungan antara faktor-faktor eksternal dengan hasil belajar siswa SMA dan SMK di Kota Palopo. Data diperoleh dari dokumentasi Dinas Pendidikan Kota Palopo. Hasil analisis menunjukkan faktor eksternal yang memiliki hubungan yang berarti dengan prestasi belajar adalah tenaga pengajar. Hal ini didukung oleh pola hubungan yang dihasilkan dari plot analisis korespondensi yang menjelaskan bahwa prestasi belajar yang tinggi lebih banyak diperoleh dari sekolah dengan Tenaga Pengajar Baik (TPB) sementara sekolah yang memiliki tenaga pengajar kurang baik (TPKB) dan tenaga pengajar cukup baik (TPCB) cenderung mendapat prestasi sedang dan kurang.

Keywords


Analisis Korespondensi; Sarana Belajar; Tenaga Pengajar; Prestasi Belajar.

Full Text:

PDF

References


Anggraini, Analisis Korespondensi, http:// repository.uinjkt. ac.id/dspace /bitstream/ 123456789/ 4825/1/ANGGRAINI-FST.pdf., (diakses tanggal 16 Agustus 2015)

Arikunto Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, (Cet.XII; Jakarta: Rineka Cipta, 1992).

Bambang Ruswandi, Diktat Perkuliahan Praktikum Statistika Multivariat, (Jakarta: FST UIN, 2008).

Joseph F.Hair, et.al., Multivariate Data Analysis, (New Jersey:Prentice Hall, 2006).

Nurhayati, Indah Dwi, Pengaruh Lingkungan dan Sarana Prasarana Belajar terhadap Prestasi Belajar (Studi Pada KKPI Siswa Kelas I APK SMK Muhammadiyah 3 Singosari), http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/manajemen/article/view/3984, Skripsi, 2007 ( diakses tanggal 30 Agustus 2015).

Spiegel Murray R., Schaum Outlines Statistik, (Jakarta: Penerbit Erlangga, 2002).




DOI: https://doi.org/10.24256/jpmipa.v3i2.236

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.