Efektivitas Metode Pembelajaran Aktif Tipe Group To Group Exchange (GGE) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Pesantren Modern Datok Sulaiman (PMDS) Putri Palopo

Dewi Purwati, Muhammad Hajarul Aswad A

Abstract


Pembelajaran aktif tipe Group to Group (GGE) merupakan salah satu metode belajar dimana siswa yang terbagi kedalam kelompok diberikan tugas yang bebeda untuk kemudian dipersentasekan kepada kelompok lain.penelitin ini bertujuan untuk melihat efektifitas efektifitas metode pembelajaran aktif tipe Group to Group Exchange (GGE) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP. Secara deskriptif, rata-rata hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Pesantren Modern Datok Sulaiman (PMDS) Putri Palopo yang diajar dengan metode pembelajaran Group to Group Exchange (GGE) lebih tinggi apabila dibandingkan dengan kelas yang tidak diajarkan dengan metode pembelajaran tersebut. Hal ini berarti bahwa metode pembelajaran aktif tipe Group to Group Exchange (GGE) efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP

Keywords


Group to Group Exchange; Hasil Belajar Matematika.

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Mulyono. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar, Jakarta: Rinekacipta, 2003.

Azwar, Saifuddin . Reliabilitas dan Validitas, Yokyakarta : Pustaka Pelajar, 2013.

B. Uno, Hamzah . Model Pembelajaran, Cet. I; Jakrta: Bumi Aksara, 2007.

Burhanuddin dan Esa Nur Wahyuni, Teori Belajar dan Pembelajaran, Cet. VII; Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.

Nuharini, Dewi dan Tri Wahyuni, Matematika Konsep dan aplikasinya, Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional, 2008

Ridwan, Dasar Dasar Statistika, Cet.VIII; Bandung: CV.Alfabeta, 2010.

Sudjana, Nana . Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Cet.XI; Bandung: PT.Remaja Rodaskarya, 2006.

Slameto, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2003.

Syaodih Sukmadinata, Nana. Metodologi Penelitian Pendidikan, (Cet.V; Bandung: PT.Remaja Rosdakarya, 2009.

Subana, et.al., M. Statistik Pendidikan, Cet.II; Bandung: Pustaka Setia, 2005.




DOI: https://doi.org/10.24256/jpmipa.v3i2.237

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.