Pengembangan Buku Ajar Trigonometri Berbasis Konstruktivisme dengan Media E-Learning pada Prodi Tadris Matematika IAIN Palopo

Nilam Permatasari Munir

Abstract


Abstract:

This study aims to determine the validity and practicality of developing a trigonometry textbook based on constructivism theory with e-learning media at Mathematics Tadris Study Program of IAIN Palopo. This research is a type of R & D (Research and Development) research by adopting the ADDIE development model which consists of five stages, namely (1) physical analysis; (2) design (3) development (4) Implementation; (5) evaluation. The target of this study were students at Mathematics Tadris study program of IAIN Palopo who programed trigonometry courses in the even semester of 2017/2018 school year. The results of this study indicate that the textbook products developed have fulfilled validity and practicality category, the average acquisition score for material expert validation is 82 on the very valid category and the average acquisition of instructional media experts is 87 on the very valid category, while the average score of practicality by ten students is 75 on the practical category.

Abstrak:

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan paktikalitas dari pengembangkan buku ajar tigonometri berbasis teori konstruktivisme dengan media e-learning pada Pogram Studi Tadris Matematika IAIN Palopo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian R & D (Research and Development) dengan mengadopsi model pengembangan ADDIE yang terdiri atas lima tahapan yaitu (1) tahap analisis (analyze); (2) tahap perancangan (design); (3) tahap pengembangan (development); (4) tahap implementasi (Implementation); (5) tahap evaluasi (evaluation). Sebagai sasaran dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi Tadris Matematika IAIN Palopo yang memprogram mata kuliah trigonometri pada semester genap tahun ajaran 2017/2018. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produk buku ajar yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kevalidan dan kepraktisan, rata-rata skor perolehan untuk validasi ahli materi adalah 82 berada dalam kategori sangat valid dan rata-rata perolehan dari ahli media pembelajaran adalah 87 berada dalam kategori sangat valid, sedangkan rata-rata skor perolehan praktikalitas oleh sepuluh orang mahasiswa adalah 75 berada dalam kategori praktis.


Keywords


Buku Ajar Trigonometry; Teori Konstruktivisme; E-Learning.

Full Text:

PDF

References


Munir. Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK). Bandung: CV. Alfabeta, 2009.

Nasaruddin, Nasaruddin. “Pembelajaran Trigonometri Berorientasi Filosofi Konstruktivistik.” Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 1, no. 1 (2013): 1–16. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i1.50.

Nurhadi, Burhan Yasin, and Agus Gerrard Senduk. “Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning/CTK) Dan Penerapannya Dalam KBK.” Penerbit Universitas Negeri Malang, 2004. /free-contents/index.php/buku/detail/pembelajaran-kontekstual-contextual-teaching-and-learningctl-dan-penerapannya-dalam-kbk-oleh-nurhadi-burhan-yasin-agus-gerrard-senduk-28747.html.

Putra, Rizki Wahyu Yunian, and Rully Anggraini. “Pengembangan Bahan Ajar Materi Trigonometri Berbantuan Software iMindMap pada Siswa SMA.” Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika 7, no. 1 (June 16, 2016): 39–47. https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i1.129.

Riduwan. Belajar Mudah Penelitian. Jakarta: Alfabeta, 2005.

Rohmatullah, R., D. Dafik, and S. Slamin. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Investigasi Berbantuan E-Learning Dengan Aplikasi Moodlepada Subpokok Bahasan Trigonometri Kelas X SMA.” KadikmA 4, no. 2 (August 1, 2013). https://jurnal.unej.ac.id/index.php/kadikma/article/view/1047.

Susanto, Ahmad. Teori Belajar Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group, 2016.




DOI: https://doi.org/10.24256/jpmipa.v6i2.454

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.