PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN ISLAM ANAK USIA DINI BERBASIS KONTEKSTUAL DALAM MENGAHADAPI REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Nursyamsi Nursyamsi, Nur Rahmah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan pembelajaran islam anak usia dini di PAUD Kota Palopo; (2) mendeskripsikan pembelajaran kontekstual; (3) menemukan model faktual pembelajaran berbasis kontekstual; (4) menemukan model pengembangan (draft) pembelajaran islam anak usia dini berbasis kontekstual. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R & D). Pelaksanaan penelitian di PAUD Parama Bunda, Libukang Permai, dan Aisiyah Bustanul Athfal Kota Palopo. Informan dalam penelitian ini adalah pengelola pendidikan, kepala sekolah, pendidik dan pihak-pihak terkait yang menunjang data penelitian. Teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam, observasi partisipatif dan studi dokumentasi. Pengambilan dan pengecekan keabsahan data dengan teknik triangulasi, review informan kunci dan pengecekan dengan anggota. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Pembelajarn anak usia dini di PAUD Kota Palopo secara umum mengacu pada standar pelayanan dalam menyelenggarakan pembelajaran PAUD. Perencanaan pembelajaran berbasis kontekstual yang disusun berupa kurikulum, silabus, program semester, rencana pelasanaan pembelajaran mingguan (RPPM), rencana pelaksanaan pembelajaran harian (RPPH). Dalam pelaksanaannya, pembelajaran ini terintegrasi dengan pembelajaran kontekstual. Model faktual pembelajaran berbasis kontekstua disampaikan kepada stakeholder yang terlibat untuk mendapatkan respon dan saran perbaikan. Model faktual kemudian direvisi dan diberi pengayaan dalam bentuk model pengembangan (draft) untuk lebih mudah diaplikasikan.


Keywords


Model Pengembangan, Pembelajaran, Anak Usia Dini, Kontekstual

Full Text:

PDF

References


Al-Qur’anul Karim. (2012). Bandung: PT. Cordoba International Indonesia

Aoun, J.E. (2017). Robot-proof: higher education in the age of artificial intelligence. US: MIT Press.

Borg, W.R. & Gall, M.D. Gall. (1989). Educational Research: An Introduction, Fifth Edition. New York: Longman.

Ghufron, A. (2011). Pendekatan Penelitian dan Pengembangan (R&D) di Bidang Pendidikan dan Pembelajaran. Handout. Fakultas Ilmu Pendidikan UNY.

Hasan Subekti, (dkk). Mengembangkan Literasi Informasi melalui Belajar Berbasis Kehidupan Terintegrasi STEM untuk Menyiapkan Calon Guru Sains dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. artikel. Dipublish pada April 2018. Online. Diunduh 20 September 2018.

Hasbullah. Blended Learning, Trend Strategi Pembelajaran Matematika Masa Depan. Artikel. Jurnal Formatif 4(1): 65-70, 2014. ISSN: 2088-351X. online. Diunduh pada tanggal 17 September 2018

Kanematsu,H., & Barry, D. M. 2016. STEM and ICT Education in Intelligent Environ- ments. London: Springer International Publishing Switzerland.

Kemendikbud. Jumlah Data Satuan Pendidikan (sekolah) Anak Usia Dini Kota Palopo. http://referensi.data.kemdikbud.go.id/index21.php?kode=196200&level=2. Online. Diunduh 20 September 2018

Lafinus. (2010). Kearifan lokal dalam sastra bugis klasik. Diakses pada 10 September 2018 pada situs http://lafinus.filsafat.ugm.ac.id/

Hardy. (2011). Makalah peran pendidikan. Diakses pada 1 september 2018 pada situs http://hardysengawang.blogspot.com/

Anonymous. (2012). Suku di Sulawesi. Diakses pada 1 september 2018 pada situs http://protomalayans.blogspot.com/

Arwin. (2012). Makalah Kearifan Lokal. Diakses pada 1 september 2018 pada situs http://erwinblog-erwinpermana12.blogspot.com/

Lee, J., Lapira, E., Bagheri, B., Kao, H., (2013). Recent Advances and Trends in Predictive Manufacturing Systems in Big Data Environment. Manuf. Lett. 1 (1), 38–41.

Liffler, M., & Tschiesner, A. (2013). The Internet of Things and the Future of Manufacturing. McKinsey & Company.

Ristekdikti, (2018). Era Revolusi Industri 4.0, Saatnya Generasi Millennial Menjadi Dosen Masa Depan. Dipublikasikan pada selasa 30 Januari 2018. Online: http://sumberdaya.ristekdikti.go.id/index.php/2018/01/30/era-revolusi-industri-4-0-saatnya-generasi-millennial-menjadi-dosen-masa-depan/. Diunduh 15 September 2018.

Siti Suryanti. (2017). Model Pengembangan Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Budaya Lokal di PAUD Melati SKB Susukan Kabupaten Semarang. Tesis.Online. Diunduh 18 September 2018

Sujiono Yuliani, (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sutama. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R & D. Cetakan Ketiga. Kartasura: Fairuza Media

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2008). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.24256/tunas%20cendekia.v2i2.1203

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Nursyamsi Nursyamsi, Nur Rahmah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License ©TunasCendekia : Jurnal Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini. This is an open access article under the Creative Commons - Attribution-ShareAlike 4.0 International license (CC BY-SA 4.0) Tunas Cendekia : Jurnal Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, e-ISSN: 2541-6499