Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Pada Materi Pokok Perbandingan Di SMPN II Megaluh Jombang

Authors

  • Rifa Nurmilah STKIP PGRI Jombang, Indonesia
  • Abdul Rozak STKIP PGRI Jombang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/jpmipa.v2i1.100

Keywords:

Efektif, Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Perbandingan.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) menjelaskan efektivitas penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi pokok Perbandingan; 2) menjelaskan apakah hasil belajar yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik di bandingkan dengan hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran secara biasa/konvensional untuk materi pokok Perbandingan. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu, sampel penelitian siswa kelas VIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIB sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis deskriptif diperoleh bahwa pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada materi pokok Perbandingan di SMPN 2 Megaluh dikatakan efektif dengan kriteria (1) ketuntasan belajar secara klasikal tuntas sebanyak 87,09%, (2) aktivitas siswa efektif (3) kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran efektif (4) Respon siswa positif terhadap pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis inferensial uji t dengan taraf signifikan 5% diperoleh thitung = 2,197 dan ttabel =2,000 karena thitung > ttabel maka Hi diterima, artinya  hasil belajar siswa dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran biasa/konvensional di SMPN II Megaluh Jombang tahun pelajaran 2013/2014.

References

Arikunto, S. 2007. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Adinawan, M.Cholik dan Sugijono. 2006. Matematika untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Erlangga

BSNP. 2006. Standarta Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hudojo, Herman. 2005. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Negeri Malang (UM Press)

Marsigit. 2009. Mathematics For Junior High School. Jakarta: Yudhistira.

Ratumanan, T.G. 2004. Belajar dan Pembelajaran. Surabaya: Unesa University Press.

Sanjaya, Wina. 2013. Penelitian Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sugiyono. 2009. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Suprijono, A. 2009. Cooperatif Learning. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivis. Jakarta : Prestasi Pustaka Publisher.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Udin S. Winataputra, dkk. 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Downloads

Published

19-08-2018

How to Cite

Nurmilah, R., & Rozak, A. (2018). Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Pada Materi Pokok Perbandingan Di SMPN II Megaluh Jombang. Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2(1), 27–40. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v2i1.100

Citation Check