Pendekatan Dan Model Pembelajaran Yang Mengaktifkan Siswa

Authors

  • Nur Rahmah STAIN Palopo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/jpmipa.v2i1.105

Keywords:

Pendekatan, Model Pembelajaran, Siswa Aktif.

Abstract

Belajar pada hakikatnya adalah proses interaksi terhadap semua situasi yang ada di sekitar individu. Belajar dapat dipandang sebagai proses yang diarahkan kepada tujuan dan proses berbuat melalui berbagai pengalaman. Kegiatan pembelajaran dilakukan oleh dua orang pelaku, yaitu guru dan siswa. Perilaku guru adalah mengajar dan perilaku siswa adalah belajar. Untuk itu penggunaan pendekatan dan model pembelajaran harus mampu mengaktifkan siswa agar terdapat perubahan pada diri siswa dalam kegiatan belajar, untuk itu pendekatan dan model pembelajaran harus dirancang dengan baik agar kegiatan pembelajaran dapat mencapai hasil yang optimal.

References

Depdiknas. 2005. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Pendidikan Nasional.

_________. 2007. Standar Proses Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007.

Joyce, Bruce & Marsha Weil. 1980. Models of Teaching Fifth Edition. USA: Allyn and Bacon A Simon & Scuster Company.

Kellen Roy. 1998. Effective Teaching Strategis Lessons from Research and Practice. South Melbourne, Vic: Thomson Social Science Press, 2007.

Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Silberman, M. 1996. Active Learning. Pustaka Insan Madani.

Sudjana, Nana. 1989. Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Pembelajaran. Bandung: CV Sinar Baru.

Sukmadinata, Nana S. 2003. Landasan Psikologis Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Yamin, Martinis S., 1976. Curriculum Principle and Foundation. New York: Thoms Ciowell Company.

Downloads

Published

19-08-2018

How to Cite

Rahmah, N. (2018). Pendekatan Dan Model Pembelajaran Yang Mengaktifkan Siswa. Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2(1), 91–102. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v2i1.105

Citation Check