Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Pemecahan Masalah Pada Siswa Kelas I MKN A SMK Negeri 3 Palopo

Authors

  • Hamid Hamid SMKN 3 Palopo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/jpmipa.v2i1.106

Keywords:

Prestasi Belajar, Metode Pemecahan Masalah.

Abstract

Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas, yang diselidiki dalam penelitian ini adalah aplikasi metode pembelajaran pemecahan masalah dalam mengajarkan pokok bahasan matriks di kelas I NKN A SMK Negeri 3 Palopo. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas I NKN A SMK Negeri 3 Palopo pada Tahun Pelajaran 2012/2013 sejumlah 34 orang siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat prestasi belajar siswa yang diajar dengan metode pemecahan masalah. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa tingkat prestasi belajar siswa yang diajar melalui metode pemecahan masalah sangat baik.

References

Nasution, Andi Hakim, 1982. Landasan Matematika. Jakarta: Barata-Fajar

Branca,1980. Problem Solving in School Mathematics. Stanford University: Jhon Wiley dan Sons.

Briggs,1979. Instructional Design: Principles and Aplication. Englewood-Cliffs,New Jersey: Prentice-Hall,Inc.

Gagne, 1970. Condition of Learning. New York: Holt Reinehart & Wiston,Inc.

Gredler, 1994. Learning and Insruction, Theory Into Practice. New York : Macmillan Pubhlising Co.

Hudoyo, H. 1979. Pengembangan Kurikulum Matematika dan Pelaksanaannya di Depan Kelas. Surabaya: Usaha Nasional.

Hudoyo, H. 1990. Strategi Mengajar Belajar Matematika. Malang: IKIP Malang.

Gulo, 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Gramedia Widiasarana Indonesia.

Muhkal, M. 1999. Menumbuhkan Kemampuan Mengajar Matematika. Eksponen Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 2 No. 1.

Mulbar, U. 2000. Suatu Pemahaman Berpikir secara Matematik. Eksponen Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 215-224.

Munir. 2003. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran dengan Metode Pemecahan masalah Kelas I SMP Negeri 3 Galesong Selatan Kabupaten Takalar. Skripsi FMIPA UNM Makassar.

Sujana, 2004, Teori-Teori Belajar Untuk Pengajaran. Jakarta: FEUI

Slameto. 1987. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Bina Aksara.

Sudijarto,1993. Menuju Pendidikan Nasional yang Relevan dan Bermutu. Jakarta: Balai Pustaka.

Sukmadinata,2005. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, Bandung.

Sumarno,dkk .1994. Suatu Alternatif Pengajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika pada Guru dan Siswa SMP(Laporan Penelitian). Bandung: IKIP Bandung.

Surdjadi,2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia.Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Depdiknas.

The Liang Gie,1988. Cara Belajar Yang Efisien. Yokyakarta: Gajah Mada University Press.

Udin, S. dkk. 1992. Materi Pokok Strategi Belajar Mengajar 1–9 PGMT. Jakarta: Universitas Terbuka.

Downloads

Published

19-08-2018

How to Cite

Hamid, H. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Pemecahan Masalah Pada Siswa Kelas I MKN A SMK Negeri 3 Palopo. Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2(1), 103–118. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v2i1.106

Citation Check