Pengenalan Konsep Operasi Hitung Bilangan Melalui Permainan Congklak Dalam Pembelajaran Matematika

Authors

  • Syarifah Nur Siregar Universitas Riau, Indonesia
  • Titi Solfitri
  • Yenita Roza

DOI:

https://doi.org/10.24256/jpmipa.v2i1.107

Keywords:

Operasi Hitung Bilangan, Congklak, dan Pembelajaran Matematika.

Abstract

Permainan merupakan bagian yang sangat dekat dan tidak terpisahkan dari kehidupan anak. Oleh karena itu, permainan dapat menjadi media dalam pembelajaran matematika. Salah satu permainan yang dapat membelajarkan fakta, keterampilan, konsep, dan prinsip matematika adalah congklak. Congklak merupakan salah satu permainan tradisional yang berkembang hampir di seluruh wilayah Indonesia. Penelitian ini bertujuan mengintegrasikan permainan congklak untuk mengenalkan konsep operasi hitung bilangan kepada siswa sekolah dasar dalam pembelajaran matematika. Operasi hitung bilangan merupakan konsep yang sangat penting karena sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari dan menjadi dasar dalam pemahaman konsep matematika selanjutnya. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kualitatif yang dimulai dengan mengamati permainan congklak yang dimainkan oleh siswa sekolah dasar. Hasil pengamatan dijadikan dasar untuk melakukan analisis pengembangan metode pembelajaran matematika dengan menggunakan permainan congklak untuk mengenalkan konsep operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan.

References

NCTM. (1989). Curriculum and Standards for School Mathematics. Virginia: NCTM, Inc.

Bell, F.H. (1991). Teaching and Learning Mathematics (in Secondary School). Iowa: Wm. C. Brown Company Publisher.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (1984). Permainan Rakyat Daerah Riau. Pekanbaru: Proyek Inventarisasi dan Dokumentasi Kebudayaan Daerah.

Heruman. (2008). Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ismail, A. (2006). Education Games, Menjadi Cerdas dan Ceria dengan Permainan Edukatif. Jogjakarta: Pilar Media Jogjakarta.

Muhammad, A. (2009). The Power of Outbound Training. Jakarta: Diva Press.

Ruseffendi, E.T. (1991). Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika CBSA. Bandung: Tarsito.

Roza, Y., Solfitri, T., dan Siregar, S.N. (2013). Analisis Pemikiran Matematika pada Permainan dan Tradisi Rakyat Daerah Riau untuk Pengembangan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Matematika Realistik. Laporan Penelitian pada Lembaga Penelitian Universitas Riau Pekanbaru. Tidak diterbitkan.

Downloads

Published

19-08-2018

How to Cite

Siregar, S. N., Solfitri, T., & Roza, Y. (2018). Pengenalan Konsep Operasi Hitung Bilangan Melalui Permainan Congklak Dalam Pembelajaran Matematika. Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2(1), 119–128. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v2i1.107

Citation Check