Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (Cps) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X IPA 1 MAN 2 Model Pekanbaru

Authors

  • Titi Solfitri Universitas Riau, Indonesia
  • Armis Armis

DOI:

https://doi.org/10.24256/jpmipa.v2i2.108

Keywords:

Proses Pembelajaran, Hasil belajar Matematika, Creative Problem Solving Strategy, Penelitian Tindakan Kelas.

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika dengan menggunakan pembelajaran Creative Problem Solving (CPS). Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA 1 MAN 2 Model Pekanbaru, semester II T.A.2009/2010. Jumlah siswa dalam kelas tersebut ada 29 orang dengan kemampuan akademik yang heterogen. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Disetiap akhir siklus, dilakukan tes. Data dikumpulkan berdasarkan lembar observasi dan tes kemudian data dianalisis secara deskriptif naratif dan statistik deskriptif. Tindakan dikatakan berhasil apabila kualitas proses pembelajaran meningkat atau jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar minimum menurun dari tes I dan II. Jumlah siswa yang mencapai ketuntasan minimum sebelum diterapkan CPS, pada tes I, dan tes II berturut-turut sebesar 34,48%, 62,07%, dan 65,52%. Persentase ketuntasan minimum yang dicapai memperlihatkan gambaran bahwa pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa Kelas X IPA 1 MAN 2 Model Pekanbaru.

References

Arikunto, S., Suhardjono, dan Supardi., 2008, Penelitian Tindakan Kelas, Bumi Aksara, Jakarta.

Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP)., 2006, Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Dasan dan Menengah, Jakarta.

Depdiknas., 2006, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Pusat Kurukulum Balitbang Depdiknas, Jakarta.

Pepkin, Karen L., 2004, Creative Problem Solving in Math, Tersedia di: http://hti.math.uh.edu/curriculum/units/2000/02/00.02.04.pdf

Suyanto., 1997, Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas, Dikti Depdikbud, Yogyakarta.

Wardani, I.G.A.K., 2003, Penelitian Tindakan Kelas, Pusat Penerbitan Universitas Terbuka, Jakarta.

Downloads

Published

19-08-2018

How to Cite

Solfitri, T., & Armis, A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (Cps) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X IPA 1 MAN 2 Model Pekanbaru. Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2(2), 1–14. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v2i2.108

Citation Check