Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (Cps) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X IPA 1 MAN 2 Model Pekanbaru

Titi Solfitri, Armis Armis

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika dengan menggunakan pembelajaran Creative Problem Solving (CPS). Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA 1 MAN 2 Model Pekanbaru, semester II T.A.2009/2010. Jumlah siswa dalam kelas tersebut ada 29 orang dengan kemampuan akademik yang heterogen. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Disetiap akhir siklus, dilakukan tes. Data dikumpulkan berdasarkan lembar observasi dan tes kemudian data dianalisis secara deskriptif naratif dan statistik deskriptif. Tindakan dikatakan berhasil apabila kualitas proses pembelajaran meningkat atau jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar minimum menurun dari tes I dan II. Jumlah siswa yang mencapai ketuntasan minimum sebelum diterapkan CPS, pada tes I, dan tes II berturut-turut sebesar 34,48%, 62,07%, dan 65,52%. Persentase ketuntasan minimum yang dicapai memperlihatkan gambaran bahwa pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa Kelas X IPA 1 MAN 2 Model Pekanbaru.

Keywords


Proses Pembelajaran; Hasil belajar Matematika; Creative Problem Solving Strategy; Penelitian Tindakan Kelas.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S., Suhardjono, dan Supardi., 2008, Penelitian Tindakan Kelas, Bumi Aksara, Jakarta.

Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP)., 2006, Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Dasan dan Menengah, Jakarta.

Depdiknas., 2006, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Pusat Kurukulum Balitbang Depdiknas, Jakarta.

Pepkin, Karen L., 2004, Creative Problem Solving in Math, Tersedia di: http://hti.math.uh.edu/curriculum/units/2000/02/00.02.04.pdf

Suyanto., 1997, Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas, Dikti Depdikbud, Yogyakarta.

Wardani, I.G.A.K., 2003, Penelitian Tindakan Kelas, Pusat Penerbitan Universitas Terbuka, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.24256/jpmipa.v2i2.108

Article Metrics

Abstract view : 66 times
PDF - 102 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats