Optimasi Penjadwalan Perkuliahan Menggunakan Metode Harmony Search

Authors

  • Abd Rahman ITS Surabaya, Indonesia
  • Eko Mulyanto Yuniarno
  • I Ketut Eddy Purnama

DOI:

https://doi.org/10.24256/jpmipa.v2i2.111

Keywords:

Optimasi, Penjadwalan, Artificial Intelligence, Harmony Search.

Abstract

Penjadwalan perkuliahan pada suatu perguruan tinggi adalah kegiatan rutin tiap semester dan merupakan suatu proses untuk menerapkan event yang berisi komponen mata kuliah dan kelas pada time slot yang berisi komponen waktu dan ruang. Permasalahan yang sering terjadi dalam kegiatan penjadwalan adalah  terjadinya pertentangan antara jadwal yang satu dengan yang lain. Salah satu metode untuk menyelesaikan permasalahan tersebut ialah dengan menggunakan bantuan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI). Salah satu metode dalam AI yang dianggap dapat memberikan solusi atas permasalahan penjadwalan ialah Harmony Search. Harmony Search merupakan suatu wilayah ilmu komputer yang mendasarkan algoritmanya pada musik. Algoritma Harmony Search menganalogikan musik dengan segala perangkatnya dengan permasalahan optimasi. Misalnya, setiap alat musik berkaitan dengan variabel keputusan, nada musik berkaitan dengan nilai variabel, harmoni berhubungan dengan vektor solusi. Seperti seorang musisi yang memainkan musik tertentu, berimprovisasi memainkan nada secara random atau berdasarkan pengalaman untuk menemukan harmoni yang indah, variabel dalam Harmony Search mempunyai nilai random atau nilai yang didapat dari iterasi (memory) dalam usaha mendapatkan solusi optimal. Dengan menerapkan algoritma Harmony Search dalam penyusunan jadwal perkuliahan, maka diharapkan dapat tercipta suatu susunan jadwal perkuliahan yang optimal.

References

Budi Santosa, Paul Willy. 2011. Metoda Heuristik, Konsep dan Implementasi. Guna Widya. Surabaya.

Suyanto. 2007. Arti?cial Intelligence; Searching, Reasoning, Planning and Learning. Informatika. Bandung.

Anita Desiani, Muhammad Arhami. 2006. Konsep Kecerdasan Buatan. Andi Offset. Yogyakarta.

Zong Woo Geem, Joong Hoo Kim, G.V. Loganathan 2001. A New Heuristic Optimization Algorithm: Harmony Search. in Simulation vol. 76 no. 2 hal. 60-68 Auburn.

M. Mahdavi, M. Fesanghary. E. Damangir. 2007. An. Improved Harmony Search Algorithm for Solving Optimization Problems. in Applied Mathematics and Computation vol. 188. hal. 1567-1579.

Teddy. 2009. Penyelesaian Penjadwalan Kuliah Sebagai Constraint Satisfaction Problem dengan Genetic Algorithm. Tesis Magister. Fasilkom UI. Jakarta

Sri Kusumadewi, Hari Purnomo. 2005. Penyelesaian Masalah Optimasi dengan Teknik-teknik Heuristik. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Thomas Sri Widodo. 2011. Komputasi Evolusioner. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Jaco Fourie, Richard Gree, Zong Woo Geem. 2013. Generalised Adaptive Harmony Search: A Comparative Analysis of Modern Harmony Search, in Journal of Applied Mathematics Vol. 2013 ed. Xin-She Yang. New York.

Komang Setemen. 2008. Kombinasi Algoritma Genetika dan Tabu Search dalalm Penyusunan Jadwal Kuliah. ITS. Surabaya.

Heni Rachmawati. 2012. Analisis Penyelesaian Masalah Penjadwalan Kuliah Menggunakan Pewarnaan Graph oleh Algoritma Koloni Lebah dengan Parameter Soft Contsraints Prioritas Dosen. ITS. Surabaya.

Dwi Ana Ratna Wati, Yuli Agusti Rochman. 2008. Model Penjadwalan Matakuliah Secara Otomatis Berbasis Algoritma Particle Swarm Optimization (PSO) UII. Yogyakarta.

Indra Aulia, Erna Budhiarti Nababan, M. Anggia Muchtar. 2012. Penerapan Harmony Search Algorithm dalam Permasalahan Penjadwalan Flow Shop. Jurnal Dunia Teknologi Informasi vol. 1 hal. 1-7. Medan.

Niko Sutiono, Ngarap Imanuel Malik, Rojali. 2012. Automatisasi Timetabling Asisten Pengajar pada Software Laboratory Center menggunakan Harmony Search. Binus University. Jakarta.

Downloads

Published

19-08-2018

How to Cite

Rahman, A., Yuniarno, E. M., & Purnama, I. K. E. (2018). Optimasi Penjadwalan Perkuliahan Menggunakan Metode Harmony Search. Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2(2), 47–58. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v2i2.111

Citation Check