Pengembangan Strategi Pembelajaran Dalam Pendidikan Matematika
Abstract
Strategi pembelajaran menggambarkan komponen umum materi pembelajaran dan prosedur yang digunakan dalam mencapai hasil belajar. Konsep strategi pembelajaran tergambar dalam peristiwa pembelajaran sebagaimana yang dijelaskan secara perinci dalam bukunya Gagne yang berjudul The Condition of Learning and Theory of Instruction (1985). Peristiwa pembelajaran adalah gambaran sederhana tentang paradigma aktivitas peserta didik dan pendidik yang terjadi secara komplementer (saling isi-mengisi) dan saling ketergantungan dalam situasi belajar. Peristiwa belajar menggambarkan aktivitas peserta didik dalam menerima, mempraktikkan, menciptakan, dan lain-lain. Peristiwa pembelajaran menggambarkan aktivitas pendidik dalam memindahkan ilmu, membina, memberikan kenyamanan belajar, dan lain-lain
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Banks, Teressa. Teaching-learning Process. Online: http://www.ncdhh.gov/dhsr/hcpr/pdf/PrinciplesofAdultLearning2007.pdf2014
Direktorat Tenaga Kependidikan. Strategi Pembelajaran dan Pemilihannya. Jakarta: Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional. 2008
Dieudonne Leclercg dan Marianne Poumay. The 8 Learning Events Model and its Principles. 2011
Reigeluth, Charles M dan Carr-Chellman, Alison A. Instructional-Design Theories and Models Volume III: Building a Common Knowledge Base. New York: Routledge. 2009
Richards, Jack C dan Rodgers, Theodore S. Approaches and Methods in Language Teaching: A description and analysis. Cambridge: Cambridge University Press. 1986
Scanlan, Craig L. Instructional Media: Selection and Use. Online: http://www.umdnj.edu/idsweb/idst5330/instructional-media.htm. 2012
Smaldino, Sharon E., Lowther, Deborah L., dan Russell, James D. Instructional Technology and Media for Learning. Upper Saddle River, New Jersey: Pearson. 2008
Suparman, M. Atwi. Desain Instructional. Jakarta: Universitas Terbuka. 2010
DOI: https://doi.org/10.24256/jpmipa.v2i2.118
Article Metrics
Abstract view : 1040 timesPDF - 1985 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats