Pengembangan Strategi Pembelajaran Dalam Pendidikan Matematika

Nur Rahmah

Abstract


Strategi pembelajaran menggambarkan komponen umum materi pembelajaran dan prosedur yang digunakan dalam mencapai hasil belajar. Konsep strategi pembelajaran tergambar dalam peristiwa pembelajaran sebagaimana yang dijelaskan secara perinci dalam bukunya Gagne yang berjudul The Condition of Learning and Theory of Instruction (1985). Peristiwa pembelajaran adalah gambaran sederhana tentang paradigma aktivitas peserta didik dan pendidik yang terjadi secara komplementer (saling isi-mengisi) dan saling ketergantungan dalam situasi belajar. Peristiwa belajar menggambarkan aktivitas peserta didik dalam menerima, mempraktikkan, menciptakan, dan lain-lain. Peristiwa pembelajaran menggambarkan aktivitas pendidik dalam memindahkan ilmu, membina, memberikan kenyamanan belajar, dan lain-lain


Keywords


Pengembangan; Strategi Pembelajaran; Matematika.

Full Text:

PDF

References


Banks, Teressa. Teaching-learning Process. Online: http://www.ncdhh.gov/dhsr/hcpr/pdf/PrinciplesofAdultLearning2007.pdf2014

Direktorat Tenaga Kependidikan. Strategi Pembelajaran dan Pemilihannya. Jakarta: Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional. 2008

Dieudonne Leclercg dan Marianne Poumay. The 8 Learning Events Model and its Principles. 2011

Reigeluth, Charles M dan Carr-Chellman, Alison A. Instructional-Design Theories and Models Volume III: Building a Common Knowledge Base. New York: Routledge. 2009

Richards, Jack C dan Rodgers, Theodore S. Approaches and Methods in Language Teaching: A description and analysis. Cambridge: Cambridge University Press. 1986

Scanlan, Craig L. Instructional Media: Selection and Use. Online: http://www.umdnj.edu/idsweb/idst5330/instructional-media.htm. 2012

Smaldino, Sharon E., Lowther, Deborah L., dan Russell, James D. Instructional Technology and Media for Learning. Upper Saddle River, New Jersey: Pearson. 2008

Suparman, M. Atwi. Desain Instructional. Jakarta: Universitas Terbuka. 2010




DOI: https://doi.org/10.24256/jpmipa.v2i2.118

Article Metrics

Abstract view : 133 times
PDF - 124 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats