Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa dengan Model Group Investigation Pada Materi Turunan

Authors

  • Putri Sucita Sari STKIP SINGKAWANG, Indonesia
  • Nindy Citroresmi Prihatiningtyas
  • Citra Utami

DOI:

https://doi.org/10.24256/jpmipa.v8i2.1234

Keywords:

Group Investigation (GI), Mathematical Representation Ability, Student Learning Activities.

Abstract

Abstract:

The mathematical representation ability of students at a Senior High School in Singkawang is still low. This is due to the habit of students receiving direct learning and passive activities. This article tries to find out the differences in mathematical representation abilities between students who are given the Group Investigation (GI) learning model and students who are given the direct learning model and describe the mathematical representation abilities of students in terms of learning activities with the GI learning model. The results showed that there were differences in the increase in the mathematical representation ability of students who were given the GI learning model and those who were given the direct learning model. The active mathematical representation ability of students is in the high category, while students with moderate and passive activities have moderate representation skills.

 

Abstrak:

Kemampuan representasi matematis siswa di salah satu SMA Negeri di Singkawang masih rendah. Hal ini dikarenakan kebiasaan siswa menerima pembelajaran langsung dan aktivitas yang pasif. Artikel ini mencoba mengetahui perbedaan kemampuan representasi matematis antara siswa yang diberikan model pembelajaran Group Investigation (GI) dengan siswa yang diberikan model pembelajaran langsung serta mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa ditinjau dari aktivitas belajar dengan model pembelajaran GI. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang diberikan model pembelajaran GI dengan siswa yang diberikan model pembelajaran langsung. Kemampuan representasi matematis siswa yang aktif berada pada kategori tinggi, sedangkan siswa degan aktivitas sedang dan pasif memiliki kemampuan representasi sedang.

References

Cahyono, Agung. “Penerapan Problem Based Learning Melalui Grup Investigasi Untuk Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Sejarah Bagi Siswa Kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Sampang Kabupaten Cilacap Pada Semester 2 Tahun Pelajaran 2014-2015.†PhD Thesis, UNS (Sebelas Maret University), 2015.

Dewi, Izwita, Sahat Saragih, and Dewi Khairani. “Analisis Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMA Ditinjau Dari Perbedaan Gender.†Jurnal Didaktik Matematika 4, no. 2 (October 4, 2017): 115–24. https://doi.org/10.24815/jdm.v4i2.8863.

Handayani, Hani. “Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemahaman Dan Representasi Matematis Siswa Sekolah Dasar.†Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang 1, no. 1 (December 31, 2015): 142–49. https://doi.org/10.36989/didaktik.v1i1.20.

Hija, Alvia, Resy Nirawati, and Nindy Citroresmi Prihatiningtyas. “Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Peluang Kelas X MIPA.†JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia) 1, no. 1 (March 1, 2016): 25–33. https://doi.org/10.26737/jpmi.v1i1.79.

Irawan, Fajar Jefri, and Ningrum Ningrum. “Pengaruh Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar Prakarya Dan Kewirausahaan (Pkwu) Siswa Kelas X Semester Genap Smk Negeri 1 Metro Tp 2015-2016.†PROMOSI: Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi 4, no. 2 (November 30, 2016). https://doi.org/10.24127/ja.v4i2.641.

Nurhayati, Sugi. “Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Student Team Achievement Division Siswa Kelas Iv Sdn 4 Sungai Langka Gedong Tataan Pesawaran.†Skripsi. UNIVERSITAS LAMPUNG: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, June 17, 2016. https://doi.org/10/15/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf.

Nurhidayah, Dwi Avita. “Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigasi Pada Materi Geometri.†Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran 2, no. 2 (June 24, 2016): 43–50. https://doi.org/10.24269/dpp.v2i2.151.

Sabirin, Muhamad. “Representasi dalam Pembelajaran Matematika.†Jurnal Pendidikan Matematika 1, no. 2 (August 19, 2014): 33–44. https://doi.org/10.18592/jpm.v1i2.49.

Sudarsana, I. Ketut. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Peningkatan Mutu Hasil Belajar Siswa.†Jurnal Penjaminan Mutu 4, no. 1 (February 28, 2018): 20–31. https://doi.org/10.25078/jpm.v4i1.395.

Utami, Citra, Dwijanto, and Djuniadi. “Pembelajaran Model Generatif Dengan Strategi Group Investigation Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa.†Unnes Journal of Mathematics Education Research 4, no. 1 (2015). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer/article/view/6904.

Yunita, Seswira, Lies Andriani, and Ade Irma. “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama Di Kampar.†JURING (Journal for Research in Mathematics Learning) 1, no. 1 (May 27, 2018): 11–18. https://doi.org/10.24014/juring.v1i1.4700.

Downloads

Published

24-10-2020

How to Cite

Sari, P. S., Prihatiningtyas, N. C., & Utami, C. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa dengan Model Group Investigation Pada Materi Turunan. Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 8(2), 159–172. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v8i2.1234

Citation Check