Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada SMA Pedesaan dan SMA Perkotaan

Authors

  • Yani Djawa Jurusan Tadris Matematika, FTIK, IAIN Ternate, Indonesia
  • Satri Asma
  • Tamrin Taher

DOI:

https://doi.org/10.24256/jpmipa.v7i2.1276

Keywords:

Adversity Quotient, Pemecahan Masalah Matematika, Polya.

Abstract

Abstract:

Student errors in solving Mathematical problems are often found by writers in rural schools, and it possibly happened in schools in the city too. This article tries to analyze the mistakes of high school students in rural and urban areas in solving math problems. This research is qualitative with a research location in two schools, each as an interpretation of schools in rural and urban areas. The results found that students in a rural and urban school in principle there an error in solving problems. High school students in urban areas tend to make procedural errors while rural high school students in addition to making procedural errors also tend to make computational skills mistakes.

 

Abstrak:

Kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal-soal Matematika sering penulis temukan pada sekolah di pedasaan, namun demikian tidak menutup kemungkinan juga terjadi pada sekolah di perkotaan. Artikel ini mencoba menganalisis kesalahan siswa SMA di Pedesaan dan Perkotaan dalam menyelesaikan soal matematika. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan loaksi penelitian di dua sekolah yang masing-masing sebagai interpretasi sekolah yang berada di pedesaan dan perkotaan. Hasil penelitian diperoleh bahwa siswa yang bersekolah di pedesaan maupun perkotaan pada prinsipnya ditemukan adanya kesalahan dalam menyelesaikan soal. Siswa SMA di perkotaan cenderung untuk melakukan kesalahan prosedur sedangkan siswa SMA di pedesaan selain melakukan kesalahan prosedur juga cenderung melakukan kesalahan keterampilan komputasi.

References

Abrar, Andi Ika Prasasti. “Kesulitan Siswa SMP Belajar Konsep Dan Prinsip Dalam Matematika.†Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 2, no. 1 (2014): 59–68. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v2i1.102.

Agung, Agus Widi. “Pengaruh Dana Bantuan Siswa Miskin Terhadap Prestasi Belajar pada Siswa Sekolah Menengah Pertama Se-Kabupaten Madiun Tahun 2011/2012.†Thesis, UNS (Sebelas Maret University), 2012. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/25582/Pengaruh-Dana-Bantuan-Siswa-Miskin-Terhadap-Prestasi-Belajar-pada-Siswa-Sekolah-Menengah-Pertama-Se-Kabupaten-Madiun-Tahun-20112012.

Ahmad, Marzuki, and Dwi Putria Nasution. “Analisis Kualitatif Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Yang Diberi Pembelajaran Matematika Realistik.†Jurnal Gantang 3, no. 2 (September 30, 2018): 83–95. https://doi.org/10.31629/jg.v3i2.471.

Carraher, David. “Beyond ‘Blaming the Victim’ and ‘Standing in Awe of Noble Savages’: A Response to ‘Revisiting Lave’s “Cognition in Practice.â€â€™â€ Educational Studies in Mathematics 69 (September 1, 2008): 23–32. https://doi.org/10.1007/s10649-008-9126-4.

Darwis, Rahma Hidayati. “Eksplorasi Hasil Belajar, Aktifitas Siswa Dan Respon Siswa Pada Penerapan Metode Tutor Sebaya Dan Metode Kerja Kelompok Dalam Pembelajaran Remedial Matematika Meteri Trigonometri Pada Kelas XI SAP SMK Negeri 1 Watampone.†PhD Thesis, Thesis. Tidak Diterbitkan. Makassar: Pascasarjana Universitas Negeri Makassar, 2014.

Essays, UK. “Students Performance In Rural And Urban Areas Education Essay.†UKEssays.Com, November 2018. https://www.ukessays.com/essays/education/students-performance-in-rural-and-urban-areas-education-essay.php.

Fitriati, Fitriati. “Studi Perbandingan Prestasi Belajar Antara Siswa Yang Berlatar Belakang Sosial Kota Dengan Desa Pada Madrasah Tsanawiyah (Mts) Manba’ul ‘Ulum Kertak Hanyar.†Skripsi, UIN Antasari Banjarmasin, 2013. https://idr.uin-antasari.ac.id/2769/.

Halim Malik. “Penelitian Kualitatif.†KOMPASIANA. Accessed March 27, 2020. https://www.kompasiana.com/unik/55008172a333114e75510f2c/penelitian-kualitatif.

Humas. “Penyajian Data dalam Penelitian Kualitatif.†penalaran-unm.org, November 13, 2016. https://penalaran-unm.org/penyajian-data-dalam-penelitian-kualitatif/.

J.Moleong, Lexi. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2015.

Soedjadi, R. Kiat Pendidikan Matematika Di Indonesia. Jakarta: Dirjen Dikti Depdikbud, 2000.

Tirtarahardja, Umar, and La Sulo. Pengantar Pendidikan. Cet. 2. Rineka Cipta, 2005.

Downloads

Published

30-10-2019

How to Cite

Djawa, Y., Asma, S., & Taher, T. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada SMA Pedesaan dan SMA Perkotaan. Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 7(2), 135–150. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v7i2.1276

Citation Check