Kontribusi Dukungan Keluarga dan Teman Bergaul Terhadap Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa Dengan Memperhatikan Intensitas Belajar

Authors

  • Alia Lestari
  • Nur Ma'wiyah
  • Muhammad Ihsan

DOI:

https://doi.org/10.24256/jpmipa.v8i1.1318

Keywords:

Path Analysis, Family Support, Learning Intensity, Grade Point Average, Associate Friends.

Abstract

Abstract:

Several factors usually affect student’s Grade Point Average (GPA), including family support, associate friends and learning intensity. This study aims to determine whether there is an indirect effect of family and friends support associating with the cumulative achievement index of students through the excitement of learning as an intervening variable. This type of research is ex-post facto with a population of 278 students of the 2015-2017 Mathematics Tadris Study Program. We used a Proportionate Stratified Random Sampling technique to select a sample of 164 students. We obtained data through questionnaires and documentation and then analyzed using path analysis. The results showed that there was an indirect influence of family and friends support associating with student GPA through the intensity of learning as an intervening variable.


Abstrak:

Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) mahasiswa biasanya dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah dukungan keluarga, teman bergaul dan intensitas belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh tidak langsung dukungan keluarga dan teman bergaul terhadap indeks prestasi komulatif mahasiswa melalui intensitas belajar sebagai variabel intervening. Jenis penelitian ini adalah ex-post facto dengan populasi sebanyak 278 mahasiswa Program Studi Tadris Matematika angkatan 2015-2017. Pengambilan sampel sebanyak 164 mahasiswa dilakukan dengan teknik Probability Sampling tipe Proportionate Stratified Random Sampling. Data diperoleh melalui kuisioner dan dokumentasi kemudian dianalisis menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh tidak langsung dukungan keluarga dan teman bergaul terhadap IPK mahasiswa melalui intensitas belajar sebagai variabel interverning.


References

Daely, Karyanus, Ujian Sinulingga, and Asima Manurung. “Analisis Statistik Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Indeks Prestasi Mahasiswa.†Saintia Matematika 1, no. 5 (2013): 483–494.

Dariyo, Agoes. “Psikologi Perkembangan Remaja.†Bogor: Ghalia Indonesia, 2004.

Hendikawati, Putriaji. “Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Indeks Prestasi Mahasiswa.†Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif 2, no. 1 (2011): 27–35.

Levine, Debra Siegel, Robert Joseph Taylor, Ann W. Nguyen, Linda M. Chatters, and Joseph A. Himle. “Family and Friendship Informal Support Networks and Social Anxiety Disorder Among African Americans and Black Caribbeans.†Social Psychiatry and Psychiatric Epidemiology 50, no. 7 (2015): 1121–1133.

Melda. “Pengaruh Media Massa Terhadap Intensitas Belajar Matematika Di Rumah Pada Siswa Kelas XI IPS MAN Palopo.†Skripsi, IAIN Palopo, 2015.

Mesas, Arthur E., Paul E. Peppard, Lauren Hale, Elliot M. Friedman, F. Javier Nieto, and Erika W. Hagen. “Individuals’ Perceptions of Social Support from Family and Friends Are Associated with Lower Risk of Sleep Complaints and Short Sleep Duration.†Sleep Health 6, no. 1 (2020): 110–116.

Mustofa, Wahid. “Pengaruh Suasana Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Intensitas Belajar Serta Dampaknya Pada Prestasi Belajar Matematika.†Skripsi Sarjana Tidak Diterbitkan. Surakarta: FKIP UMS [Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta]. Tersedia Secara Online Juga Di: Http://Eprints. Ums. Ac. Id/31446/13/NASKAH_PUBLIKASI. Pdf [Diakses Di Singaraja, Bali, Indonesia: 19 Desember 2018], 2014.

Novitasari, Ninda Ayu. “Pengaruh Intensitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Di SD Gugus Terampil Kecamatan Secang Kabupaten Magelang.†PhD Thesis, Universitas Negeri Semarang, 2016.

Oriol, Xavier, Javier Torres, Rafael Miranda, Marian Bilbao, and Harry Ortúzar. “Comparing Family, Friends and Satisfaction with School Experience as Predictors of Swb in Children Who Have and Have Not Made the Transition to Middle School in Different Countries.†Children and Youth Services Review 80 (2017): 149–156.

Patty, Salomina, Sutarto Wijono, and Adi Setiawan. “Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya, Kontrol Diri, Dan Jenis Kelamin Dengan Prestasi Belajar Siswa Di SMA Kristen YPKPM Ambon.†PSIKODIMENSIA 15 (June 20, 2017): 204. https://doi.org/10.24167/psiko.v15i2.989.

Pepe, Kadir. “A Research of the Relationship Between Study Skills of Students and Their Gpa.†Procedia-Social and Behavioral Sciences 47 (2012): 1048–1057.

Saputro, Singgih Tego, and Pardiman Pardiman. “Pengaruh Disiplin Belajar Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2009 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.†Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia 10, no. 1 (June 1, 2012). https://doi.org/10.21831/jpai.v10i1.923.

Slameto. Belajar Dan Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Sri Wahyuni, Putri. “Pengaruh Intensitas Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis Dan Cara Belajar Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Pada Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Sumatera Barat.†PhD Thesis, STKIP PGRI SUMATERA BARAT, 2016.

Suratno, Suratno. “Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Lingkungan Pergaulan Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 3 Kota Jambi Tahun 2012/2013.†Jurnal Tekno-Pedagogi 4, no. 1 (2014). https://online-journal.unja.ac.id/pedagogi/article/view/2249.

Tu’u, Tulus. Peran Disiplin Pada Perilaku Dan Prestasi Siswa. Jakarta: Rineka Cipta, 2004.

Downloads

Published

30-03-2020

How to Cite

Lestari, A., Ma’wiyah, N., & Ihsan, M. (2020). Kontribusi Dukungan Keluarga dan Teman Bergaul Terhadap Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa Dengan Memperhatikan Intensitas Belajar. Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 8(1), 51–60. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v8i1.1318

Citation Check