Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Media Kotak Aljabar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Operasi Hitung Aljabar Siswa

Authors

  • Achmad Iqdam Musabik universitas STKIP PGRI jombang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/jpmipa.v9i2.1375

Keywords:

Media Kotak Aljabar, Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah.

Abstract

Abstract:

This study aims to determine the effect of the Problem-Based Learning (PBL) learning model with algebraic box media on students' problem-solving abilities. This research is quantitative research conducted in Class VII at one of the Madrasa Tsanawiyah in Kediri. The research design used a one-group pretest-posttest design. The sample used was 20 students who were taken by a simple random sampling technique. Mathematical problem-solving ability tests in the form of essays are used in the pretest and posttest. The results showed that the pretest average value was 55.50 while the posttest score was 70.50. Inferential, the sig value is obtained. (2-tailed) is equal to 0.000 which is smaller than the significance value of 0.05, so it is concluded that the PBL learning model using algebraic box media affects student problem-solving abilities. 


Abstark:

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) dengan media kotak aljabar terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang dilakukan di Kelas VII di salah satu Madrasa Tsanawiyah di Kota Kediri. Desain penelitian menggunakan one–group pretest-posttest design. Sampel yang digunakan sebanyak 20 siswa yang diambil dengan teknik simple random sampling. Tes kemampuan pemecahan masalah matematis berbentuk essay digunakan pada pretes dan posttes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai pretest sebesar 55,50 sedangkan posttest sebesar 70,50. Secara inferensial, diperoleh nilai sig. (2-tailed) adalah 0,000 yang lebih kecil dari nilai signifikansi 0,05 sehingga disimpulkan model pembelajaran PBL menggunakan media kotak aljabar berpengaruh terhadap pemecahan masalah siswa. 

Author Biography

Achmad Iqdam Musabik, universitas STKIP PGRI jombang

pendidikan matematika

References

Abdurrozak, Rizal, Asep Kurnia Jayadinata, and Isrok’atun Isrok’atun. “Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa.†Jurnal Pena Ilmiah 1, no. 1 (August 25, 2016): 871–80. https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.3580.

Anam, Khaerul, Raden Sudarwo, and Gunawan Wiradharma. “Application of the Problem Based Learning Model to Communication Skills and Mathematical Problem Solving Skills in Junior High School Students.†JTAM (Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika) 4, no. 2 (October 3, 2020): 155–65. https://doi.org/10.31764/jtam.v4i2.2553.

Anggo, Mustamin. “Pemecahan Masalah Matematika Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognisi Siswa.†Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika 1, no. 2 (October 15, 2011). https://doi.org/10.22437/edumatica.v1i02.182.

Astutik, Heny Sri. “Keefektifan Pembelajaran Berdasarkan Masalah Pada Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau Dari Penguasaan SK, Motivasi, dan Minat Siswa SMP.†Jurnal Riset Pendidikan Matematika 4, no. 1 (May 30, 2017): 56–66. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i1.12722.

Dewi, Arcy Suzana, Isnani Isnani, and Ahmadi Ahmadi. “Keefektifan Model Pembelajaran Stad Berbantuan Media Pembelajaran Terhadap Sikap dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika.†JIPMat 4, no. 1 (April 30, 2019). https://doi.org/10.26877/jipmat.v4i1.3509.

Muslimin, Muslimin, Sunardi Sunardi, and Shaumi Shaumi. “Pengaruh Media Kartu Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Di Kelas VII SMP Negeri 10 Palembang.†Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika 9, no. 1 (June 12, 2019): 15–22. https://doi.org/10.22437/edumatica.v9i1.5783.

National Council of Teachers of Mathematics. Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA : National Council of Teachers of Mathematics, 2000. http://archive.org/details/principlesstanda00nati.

Oktafrianto, Stefanus C. Relmasira, and Agustina Tyas Asri Hardini. “Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Realia Pada Siswa Kelas IV SD.†Mimbar Ilmu 23, no. 3 (December 21, 2018): 218–24. https://doi.org/10.23887/mi.v23i3.16438.

Rohman, Ahmad, M. Ismail, and Emy Siswanah. “Media Pembelajaran Matematika SMP Berbasis Android Berorientasi UoS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.†Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education 1 (September 16, 2019): 19. https://doi.org/10.21580/square.2019.1.1.4057.

Rusman. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers, 2012.

Sujana, Atep. Pendidikan IPA Teori Dan Praktik. Bandung: Rizqi Press, 2014.

Sumarmo, Utari. “Kemandirian Belajar: Apa, Mengapa, Dan Bagaimana Dikembangkan Pada Peserta Didik.†In Makalah Pada Seminar Tingkat Nasional. FPMIPA UNY Yogyakarta Tanggal, Vol. 8, 2004.

Tanti, Tanti, Utu Rahim, and Hafiludin Samparadja. “Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 14 Kendari.†Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika 8, no. 2 (May 31, 2020): 169–82. https://doi.org/10.36709/jppm.v8i2.13659.

Ulva, Erpina, Maimunah Maimunah, and Atma Murni. “Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII SMPN Se-Kabupaten Kuantan Singingi Pada Materi Aritmetika Sosial.†Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 4, no. 2 (November 15, 2020): 1230–38. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.356.

Yusri, Andi Yunarni. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII Di SMP Negeri Pangkajene.†Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika 7, no. 1 (August 25, 2018): 51–62. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.341.

Downloads

Published

04-10-2021

How to Cite

Musabik, A. I. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Media Kotak Aljabar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Operasi Hitung Aljabar Siswa. Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 9(2), 1–12. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v9i2.1375

Citation Check