Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Aljabar

Authors

  • Basri Basri UIN Alauddin Makassar, Indonesia
  • Thamrin Tayeb UIN Alauddin Makassar, Indonesia
  • Andi Ika Prasasti Abrar UIN Alauddin Makassar, Indonesia
  • Fitriani Nur UIN Alauddin Makassar, Indonesia https://orcid.org/0000-0003-0131-0994
  • Andi Dian Angriani UIN Alauddin Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/jpmipa.v8i2.1542

Keywords:

Teaching Material, LKPD Based on Problem, Understanding the Concepts of Algebra.

Abstract

Abstract:

Lembar Kerja Peserta Didik (LPKD) can help students understand the concept of material, both theoretically and in real events that often occur in everyday life. This study tries to determine the development process and quality of LKPD to improve students' understanding the concepts of algebra. The development research used refers to the Plomps model, which includes 4 phases: (a) the initial investigation, (b) the design, (c) the realization, and (d) the test, evaluation, and revision. The product assessment instrument used was the LKPD validation sheet, the LKPD observance sheet, student and teacher response questionnaires, student and teacher activity observation sheets, and tests of students' ability to understand mathematical concepts. The LKPD that was designed and tested on grade VII students at one of the schools in Soppeng had met the criteria of being valid, effective, and practical.


Abstrak:

Lembar Kerja Peserta Didik (LPKD) berbasis masalah dapat membantu peserta didik memahami konsep materi, baik secara teori maupun dalam peristiwa nyata yang sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini mencoba mengetahui proses pengembangan dan kualitas LKPD matematika berbasis masalah untuk meningkatkan pemahaman konsep aljabar peserta didik. Penelitian pengembangan yang digunakan mengacu pada model pengembangan Plomp, yang meliputi 4 fase, yaitu: (a) fase investigasi awal, (b) fase desain, (c) fase realisasi, dan (d) fase tes, evaluasi, dan revisi. Instrumen penilaian produk yang digunakan adalah lembar validasi LKPD, lembar pengamatan keterlaksaan LKPD, angket respon peserta didik dan guru, lembar pengamatan aktivitas peserta didik dan guru, dan tes kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik. LKPD yang didesain dan diujicobakan kepada siswa kelas VII di salah satu sekolah di Soppeng telah memenuhi kriteria valid, efektif dan praktis.

References

Afrida, Juniar, Adlim, dan A. Halim. “Pengembangan Lembar Kerja Peserta didik (LKS) Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Keterampilan Proses Sains Dan Minat Peserta didik Pada Pembelajaran Fluida Statis Di SMA Negeri 11 Banda Aceh.†Jurnal Pendidikan Sains Indonesia 3, no. 1 (2015): 93–106.

Aji, Sudi Dul, dan Muhammad Nur Hudha. “Karya Ilmiah Peserta didik SMP Dan SMA Melalui Authentuc Problem Based Learning (APBL).†Jurnal Inspirasi Pendidikan 6, no. 1 (2016): 835–841.

Hidayanti, Dwi, As’ari, A. R., dan Tjang Daniel Candra. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik SMP Kelas IX.†Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan 1, no. 4 (2016): 634–49.

Nidyasafitri, Farah, Vina Serevina, dan Cecep E. Rustana. “Pengembangan LKS Berbasis PBL (Problem Based Learning) Pad Pokok Bahasan Momentum Dan Impuls Fisika SMA Kelas XI.†Jurnal Wahana Pendidikan Fisika, 2017, 51–57.

Nurhadi. Pembelajaran Kontekstual Dan Penerapannya Dalam KBK. Malang: UM Press, 2014.

Nurhayati, Fitri, Joko Widodo, dan Etty Soesilowati. “Pengembangan LKS Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pokok Bahasan Tahap Pencatatan Akuntansi Perusahaan Jasa.†JEE: Journal of Economic Education 1 (2015): 14–19.

Pusparini, Novi. “Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Terhadap Prestasi Belajar Matematika Peserta didik SMP Kelas VIII.†UIN Sunan Kalijaga, 2011.

Qomario, dan Putri Agung. “Pengembangan Lembar Kerja Peserta didik (LKS) IPA Berbasis ICT Sebagai Media Pembelajaran.†Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar 5, no. 2 (2018): 239–246.

Richard I., Arends. Learning to Teach. Seventh Ed. New York: McGraw-Hill, 2008.

Risfalidah, Rosidin, Undang dan Sutiarso, “Pengembangan LKPd Berbasis Problem Based Learning ditinjau dari disposisi dan Kemampuan Komunikasi Matematisâ€, JPPM 12, No. 2 (2019).

Rochmad. “Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika.†Jurnal Kreano 3, no. 1 (2012).

Rosliana, Ina, “Pengembangan LKPD Matematika dengan Model Learning Cycle Berbantuan Mind Mappingâ€, Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika (JPPM) 1, no. 1 (2019).

Safriadi. “Pengembangan Lembar Kerja Peserta didik Berbasis Think-Thalk-Write Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas XI SMA Negeri 11 Makassar.†UIN Alauddin Makassar, 2015.

Sari, Ayu Ulan. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Web Dengan Pendekatan Etnomatika Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar.†Universitas Islam Negeri Raden Intan, 2016.

Savery. “Over of Problem-Based Learning: Definitions and Distinctions.†Interdiciplinari Journal 1, no. 1 (2006): 9–20.

Setyanto, Heri, Sudarmin, dan Novi Ratna Dewi. “Pengembangan LKS IPA Berbasis Problem Based Learning Pada Tema Pencemaran Lingkungan Guna Menumbuhkan Kemandirian Peserta didik.†UNNES Science Education Journal 4, no. 3 (2015): 990–997.

Sumaryanta. Bahan Perkuliahan Telaah Kurikulum Pendidikan Matematika. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga, 2009.

Tasdelen, Ugur, dan Fitnat Koseoglu. “Learner-Friendly Textbooks: Chemistry Texts Based On a Contructivist View of Learning.†Education Research Institute 9, no. 2 (2008): 136–147.

Trnova, Eva, dan Josef Trna. “Implementation of Creativity in Science Teacher Training.†International Journal on New Trends in Education and Their Implications 5, no. 3 (2014): 54–63.

Yulia, Sri, Buyung, dan Relawati. “Pengembangan Lembar Kerja Peserta didik (LKS) Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Bilangan Di Kelas VII SMP Negeri 22 Kota Jambi.†Jurnal Pendidikan Matematika 2, no. 1 (2018): 61–70.

Zulfikar, A. “Analyzing Educational Univeristy Students’ Conceptions Through Smartphone-Based PDEODE Tasks on Magnetic Field in Sveral Mediums.†In In AIP Conference Proceedings. AIP Publishing, 2017.

Downloads

Published

27-10-2020

How to Cite

Basri, B., Tayeb, T., Abrar, A. I. P., Nur, F., & Angriani, A. D. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Aljabar. Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 8(2), 173–182. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v8i2.1542

Citation Check