Pengembangan Video Tutorial Matematika Berbasis Keterampilan 4C Kurikulum 2013

Zainuddin Zainuddin, Didik Hermanto, Rica Wijayanti

Abstract


Abstract:

The use of instructional videos as learning media is now appropriate, especially during the online learning period as happened during the COVID-19 pandemic. This study aims to develop learning media in the form of video tutorials based on 4C skills based on the 2013 curriculum. Development uses the ADDIE stages, namely the analysis, design, development, implementation, and evaluation stages. The results of the validation of media and material experts, as well as practitioners, stated that the video tutorial developed was included in the valid category with an average value of 3.1 and reliable with a percentage value of 93%. The video tutorial is then distributed via Youtube for easy access. This is to overcome the limitations of this study which did not carry out the implementation and evaluation stages due to the online learning system.

Abstrak:

Penggunaan video tutorial sebagai media pembelajaran saat ini sudah tepat, terutama di masa pembelajaran online seperti yang terjadi pada masa pandemi COVID-19. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran berupa video tutorial berbasis keterampilan 4C berdasarkan kurikulum 2013. Pengembangan menggunakan tahapan ADDIE yaitu tahap analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi.Hasil validasi ahli media dan materi serta praktisi menyatakan video tutorial yang dikembangkan termasuk dalam kategori valid dengan rata-rata nilai 3,1 dan reliabel dengan persentase nilai 93%. Video tutorial tersebut kemudian disebarkan melalui Youtube agar mudah diakses. Hal ini untuk mengatasi keterbatasan penelitian ini yang tidak melakukan tahap implementasi dan evaluasi dikarenakan sistem pembelajaran online. 


Keywords


Keterampilan 4C; Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel; Video Pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. Produser Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Baharuddin, Ilham. “Efektivitas Penggunaan Media Video Tutorial Sebagai Pendukung Pembelajaran Matematika Terhadap Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik SMA Negeri 1 Bajo Kabupaten Luwu Sulawesi Selatan.” Jurnal Nalar Pendidikan 2, no. 2 (November 1, 2014). https://doi.org/10.26858/jnp.v2i2.1974.

Batubara, Hamdan Husein, and Dessy Noor Ariani. “Pemanfaatan Video Sebagai Media Pembelajaran Matematika SD/MI.” Muallimuna 2, no. 1 (2016): 47–66.

Batubara, Hamdan Husein, and Delila Sari Batubara. “Penggunaan Video Tutorial Untuk Mendukung Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Virus Corona.” Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah 5, no. 2 (2020): 74–84.

Elyana, Dian, Andhika Ayu Wulandari, and Ori Bandiningaih Tri Mulyani. “Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Siswa dalam Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Video.” Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika 2, no. 1 (March 31, 2022): 77–86. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i1.1540.

Kristanti, Dian, and Sri Julia. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model 4-D Untuk Kelas Inklusi Sebagai Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa.” MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 4, no. 1 (June 2, 2018). https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/71.

Listiyani, Dwi. “Upaya Meningkatkan Keterampilan 4C Siswa Kelas VIII Dengan Strategi Gallery Walk Dalam Pembelajaran Matematika Di SMP Negeri 3 Tepus.” JTMT: Journal Tadris Matematika 2 (December 31, 2021): 24–30. https://doi.org/10.47435/jtmt.v2i2.722.

Mayrilla, Arrasy, and Zuliarni Zuliarni. “Pengembangan Media Pembelajaran Videotutorial Mata Pelajaranseni Budaya Kelas VIII Di MTsN.” E-Tech 7, no. 1 (2019): 390922.

Meryansumayeka, Meryansumayeka, M. Yusuf, and Vina Amilia Suganda. “Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis PMRI Untuk Mendukung Mental Calculation Siswa Dalam Permasalahan Aritmatika Sosial.” Jurnal Elemen 4, no. 2 (2018): 119–30.

Mulbasari, A. S., and N. Surmilasari. “Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa Dengan Implementasi Video Tutorial.” National Conference on Mathematics Education 2019 1, no. 1 (2019): 18–21. http://ejournal.fkip.unsri.ac.id/index.php/nacomeunsri2019/article/view/13.

Nugroho, Wachid. “Pendekatan Problem Based Learning Model Diskusi Kelompok Berbantuan Video YouTube untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Statistika.” Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus) 4, no. 2 (December 1, 2021): 211–26. https://doi.org/10.21043/jmtk.v4i2.12259.

Pambudi, Puguh Sri, Ponco Sujatmiko, and Dhidhi Pambudi. “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Video Tutorial dalam Program Komputer Pada Materi Trigonometri Kelas X IPS SMA Negeri 6 Surakarta.” Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika SOLUSI 3, no. 3 (June 2, 2019): 265–74. https://doi.org/10.20961/jpmm.

Priatmoko, Sigit. “Memperkuat Eksistensi Pendidikan Islam Di Era 4.0.” TA’LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam 1, no. 2 (2018): 221–39.

Purnomo, Fajar Uut, and Febrianto Amri Ristadi. “Pengembangan Video Tutorial Untuk Pembelajaran Gambar Manufaktur SMK Kelas XI.” Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin 5, no. 1 (2017): 41–46.

Rosyita, Milla, and Ayu Tsurayya. “Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Materi Peluang Berbasis Sparkol Videoscribe Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP/MTs.” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 5, no. 3 (October 12, 2021): 3136–47. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.954.

Rumasoreng, Muhammad Irfan, and Sugiman Sugiman. “Analisis Kesulitan Matematika Siswa SMA/MA Dalam Menyelesaikan Soal Setara UN Di Kabupaten Maluku Tengah.” Jurnal Riset Pendidikan Matematika 1, no. 1 (2014): 22–34.

Septikasari, Resti, and Rendy Nugraha Frasandy. “Keterampilan 4C Abad 21 Dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar.” Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar 8, no. 2 (2018): 107–17.

Sinambela, Pardomuan NJM. “Kurikulum 2013 Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran.” Generasi Kampus 6, no. 2 (2017).

Sutarto, Hery. “Lingkungan Dalam Pembelajaran Dan Pengajaran Matematika Yang Memunculkan 4C Abyility Sebagai Penyiapan SDM Unggul Di Era Revolusi Industri 4.0.” Prosiding SENAMKU 1 (2018): 465–76.

Suwarto. Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013.

Tamu, Suhardiman Darson, Evi Hulukati, and Ismail Djakaria. “Pengembangan Modul dan Video Pembelajaran Matematika Persiapan Ujian Nasional pada Materi Dimensi Tiga.” Jambura Journal of Mathematics Education 1, no. 1 (March 19, 2020): 21–31. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v1i1.4558.

Widayati, Sri. “Penerapan Pendekatan Saintifik Berbasis 4C Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Aktivitas Manusia.” Inovasi-Jurnal Diklat Keagamaan 14, no. 1 (April 30, 2020): 61–67. https://doi.org/10.52048/inovasi.v14i1.142.

Wirasasmita, Rasyid Hardi, and Yupi Kuspandi Putra. “Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Interaktif Menggunakan Aplikasi Camtasia Studio Dan Macromedia Flash.” EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Informatika 1, no. 2 (2017): 35–43.

Wulandari, Sri, and Indah Fitria Rahma. “Efektivitas Media Video Kine Master Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Secara Daring.” Jurnal Analisa 7, no. 1 (June 24, 2021): 33–45. https://doi.org/10.15575/ja.v7i1.11956.

Yasin, Mohamad. “Pembelajaran Matematika Untuk Menghadapi Tantangan Abad 21,” March 13, 2020.

Yunita, Dwi, and Astuti Wijayanti. “Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Keaktifan Siswa.” Sosiohumaniora: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora 3, no. 2 (2017).




DOI: https://doi.org/10.24256/jpmipa.v10i2.1616

Article Metrics

Abstract view : 99 times
PDF - 36 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats