E-Modul Interaktif Lectora Inspire dengan Pendekatan Realistik untuk Memfasilitasi Pemahaman Konsep Matematis

Authors

  • Alawiyah Mahfudhah IAIN Kediri, Indonesia
  • Dewi Hamidah IAIN Kediri
  • Eka Resti Wulan IAIN Kediri, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/jpmipa.v10i1.2127

Keywords:

E-Modul Interaktif, Matematika Realistik, Pemahaman Konsep Matematis.

Abstract

Abstract:

Face-to-face and distance learning requires primary content such as e-modules. The purpose of this research is to develop an interactive realistic mathematics e-module that facilitates students' understanding of mathematical concepts for linear equation systems of two variables (LESTV). The platform used is the Lectora Inspire application with the development model adopted being the 4-D. The research instrument used a validation sheet, student response questionnaires, and mathematical concept understanding tests. The results showed that the e-Module was valid and could facilitate students' understanding of mathematical concepts. The percentage of result validation by material experts, media experts, and learning experts are 84%, 83%, and 88%. The average value of the student's conceptual understanding test is 71.5, which is at the level of students' conceptual understanding in the medium category. The percentage of student responses through the questionnaire reached 76.8%, which means that the e-module received a good response from students.


Abstrak:

Pembelajaran tatap muka dan jarak jauh membutuhkan konten penting seperti e-modul. Penelitian ini bertujuan mengembangkan e-modul matematika realistik interaktif yang memfasilitasi siswa dalam memahami konsep matematika pada Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Platform yang digunakan yaitu Lectora Inspire dengan model pengembangan 4-D. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi, angket respon siswa, dan tes pemahaman konsep matematis. Hasil penelitian menunjukkan e-Module valid dan dapat memfasilitasi pemahaman konsep matematika siswa. Persentase validasi hasil oleh ahli materi, ahli media, dan ahli pembelajaran berturut-turut adalah 84%, 83%, dan 88%. Nilai rata-rata tes pemahaman konsep siswa adalah 71,5 berada pada tingkat pemahaman konsep siswa kategori sedang. Persentase respon mahasiswa melalui angket mencapai 76,8%, yang berarti e-modul mendapat respon yang baik dari siswa.

Author Biographies

Alawiyah Mahfudhah, IAIN Kediri

Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah

Dewi Hamidah, IAIN Kediri

Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah

Eka Resti Wulan, IAIN Kediri

Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah

References

Abiyasa, Petrus Kanisius, Yohanes Restu Dhyas Yulianto, dan Haniek Sri Pratini. “Analisis Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Pada Materi SPLDV dengan Ilustrasi Kegiatan Jual-Beli Pakaian Adat,†2018. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/etnomatnesia/article/view/2365.

Ala’raf, Habib Muhammad. “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Lectora Inspire Pada Materi Trigonometri Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X MIa MAN Wlingi.†Skripsi, IAIN Tulungagung, 2017. http://repo.uinsatu.ac.id/6055/.

Albar, Dina Ahsanti, Achmad Buchori, dan Yanuar Hery Murtianto. “Pengembangan Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Kontekstual Ditinjau dari Pemahaman Konsep Siswa.†MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology 2, no. 2 (28 Desember 2017): 221–30. http://dx.doi.org/10.30651/must.v2i2.843.

Andini, Dita, dan Nanang Supriadi. “Media Animasi Menggunakan Macromedia Flash Berbasis Pemahaman Konsep Pokok Bahasan Persegi Dan Persegi Panjang.†Desimal: Jurnal Matematika 1, no. 2 (31 Mei 2018): 149–145. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2278.

Asril, Rafik. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Anroid Menggunakan Lectora Inspire Pada Pembelajaran Matematika SMA Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Peserta Didik.†Masters, Universitas Muhammadiyah Malang, 2020. https://doi.org/10/1/NASKAH.pdf.

Baharuddin, M. Rusli. “Konsep Pecahan dan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik.†Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran 3, no. 3 (2020): 486–92.

Brinus, Kristianti, Alberta Makur, dan Fransiskus Nendi. “Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP.†Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika 8 (1 Juni 2019): 261–72. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.439.

Buchori, Achmad, dan Noviana Dini Rahmawati. “Pengembangan E-Modul Geometri dengan Pendekatan Matematika Realistik di Sekolah Dasar.†Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan 26, no. 1 (2017): 23–29.

Budiono, Imam, dan Uki Suhendar. “Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Melalui Pendekatan RME.†Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran 2019, no. 0 (20 September 2019): 488–95. http://seminar.umpo.ac.id/index.php/SNPP2019/article/view/350.

Chairunisa, Ridha. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Microsoft Power Point Pada Materi Segi Empat di Kelas VII SMP Negeri 27 Medan T.A 2016/2017.†Undergraduate, Universitas Negeri Medan, 2017. http://digilib.unimed.ac.id/26267/.

Effendhi, Aziz. “Peningkatan Hasil Belajar Dan Curiosity Pada Pokok Bahasan Pythagoras Siswa Kelas 8I SMP Negeri 1 Tambakromo Melalui Pembelajaran Group Investigation Dengan Bantuan Aplikasi Tari Geogebra Tahun Pelajaran 2016/2017.†Jurnal Karya Pendidikan Matematika 4, no. 1 (2017). https://doi.org/10.26714/jkpm.4.1.2017.%p.

El Milla, Yulia Izza. “Pengembangan media pembelajaran berbantuan komputer materi teorema pythagoras siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) kelas VIII semester I/Yulia Izza El Milla.†PhD Thesis, Universitas Negeri Malang, 2012.

Farida, Farida, Suherman Suherman, dan Sofwan Zulfikar. “Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Himpunan Melalui Pembelajaran Matematika Dengan Media Articulate Studio’13.†JSHP (Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan) 3, no. 1 (9 Februari 2019). https://doi.org/10.32487/jshp.v3i1.536.

Fatmianeri, Yulia, Erry Hidayanto, dan Hery Susanto. “Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Differentiated Instruction Untuk Pembelajaran Blended Learning.†JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) 10, no. 1 (11 Juni 2021): 50–62. https://doi.org/10.25273/jipm.v10i1.8709.

Fitri, Anisa, Netriwati Netriwati, dan Siska Andriani. “Sigil Software Sebagai Pengembangan E-Modul Pembelajaran Matematika.†AlphaMath : Journal of Mathematics Education 7, no. 1 (2 Mei 2021): [1-10]. https://doi.org/10.30595/alphamath.v7i1.8492.

Gordillo, Aldo, Enrique Barra, Daniel Gallego, dan Juan Quemada. “An Online E-Learning Authoring Tool to Create Interactive Multi-Device Learning Objects Using E-Infrastructure Resources.†Dalam 2013 IEEE Frontiers in Education Conference (FIE), 1914–20, 2013. https://doi.org/10.1109/FIE.2013.6685169.

Gusmania, Yesi, dan Tri Wulan Dari. “Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa.†PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 7, no. 1 (2018): 61–67.

Hamidah, Dewi, Ratu Ilma Indra Putri, dan Somakim Somakim. “Eksplorasi Pemahaman Siswa pada Materi Perbandingan Senilai Menggunakan Konteks Cerita di SMP.†Jurnal Riset Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM) 1, no. 1 (2017): 1–10.

Hastin, Della Alifya. “Pengembangan E-Modul Matematika Berbantuan Sigil Software dengan Pendekatan Matematika Realistik.†PhD Thesis, UIN Raden Intan Lampung, 2020.

Hima, Lina Rihatul, dan Samidjo. “Pengembangan MILEA (Media Pembelajaran Interaktif Matematika Menggunakan Software Lectora Inspire) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.†Proceeding of Biology Education 3, no. 1 (17 September 2019). https://doi.org/10.21009/pbe.3-1.16.

Hima, Lina dan Samidjo. “Pengembangan MILEA (Media Pembelajaran Interaktif Matematika Menggunakan Software Lectora Inspire) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.†Proceeding of Biology Education 3 (17 September 2019): 134–39. https://doi.org/10.21009/pbe.3-1.16.

Hussain, Azham, dan Emmanuel O. C. Mkpojiogu. “The Effect of Responsive Web Design on the User Experience with Laptop and Smartphone Devices.†Jurnal Teknologi 77, no. 4 (2015): 41–47. http://dx.doi.org/10.11113/jt.v77.6041.

Khairunnisa, Nadya Chyntia, dan Indrie Noor Aini. “Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dalam Menyelesaikan Soal Materi SPLDV pada Siswa SMP.†Prosiding Sesiomadika 2, no. 1b (2020).

Kristanto, Y. D. “Covid-19, Merdeka Belajar, dan Pembelajaran Jarak Jauh,†2020.

Mahmudah, Rivadatul, Shahibul Ahyan, dan Ahmad Rasidi. “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Software Lectora Inspire pada Materi Perbandingan Untuk Siswa Kelas VII SMP.†Journal of Honai Math 1 (29 April 2018): 47. https://doi.org/10.30862/jhm.v1i1.769.

Mardiah, Mardiah, Ahmad Fauzan, Yanti Fitria, Hendra Syarifuddin, Farida F, dan Desyandri Desyandri. “Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematic Education Terhadap Pemahaman Konsep Dan Disposisi Matematis Siswa Sekolah Dasar.†Jurnal Basicedu 4, no. 2 (22 April 2020): 513–21. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.340.

Marisca, Elsa, dan I. Wayan Dharmayana. “Penggunaan Alat Permainan Edukatif (APE) Untuk Meningkatkan Aktivitas Pembelajaran Matematika (PTK Pada Siswa Kelas Va SDN 71 Kota Bengkulu).†TRIADIK 18, no. 1 (2019). https://doi.org/10.33369/triadik.v18i1.11162.

Maskanah, Ida, dan Herlin Lusiana Sae. “Efektivitas Penggunaan Teknologi Dalam Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19.†Jurnal Jendela Pendidikan (JJP) 1, no. 04 (20 November 2021): 279–85. https://www.ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/60.

Mas’Ud, Muhammad. “Membuat Multimedia Pembelajaran dengan Lectora.†Pustaka Shonif, 2012.

Mudinillah, Adam. “Pemanfaatan Aplikasi Lectora Inspire Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Pada Pelajaran Bahasa Arab.†Jurnal Penelitian IPTEKS 4, no. 2 (17 Juli 2019): 248–58. https://doi.org/10.32528/ipteks.v4i2.2462.

Novitasari, Dian. “Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa.†FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika 2, no. 2 (30 Desember 2016): 8–18. https://doi.org/10.24853/fbc.2.2.8-18.

Permatasari, Dian. “Pengembangan Modul Interaktif Dengan Menggunakan Software Lectora Inspire Pada Materi Transformasi Untuk Siswa SMP Kelas VII.†Skripsi, UNY, 2014. http://eprints.uny.ac.id/12906/.

Putra, Aan, Nelpita Ulandari, dan Delsa Sepnila. “Penerapan Model Pembelajaran Quick on The Draw Dengan Masalah Open-Ended Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa.†Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia 5, no. 1 (12 Maret 2020): 1–16. https://doi.org/10.33369/jpmr.v5i1.10632.

Putra, Raden Dimas Yusuf Septian, Susilaningsih Susilaningsih, dan Zainul Abidin. “Pengembangan Media Website E-Learning Berbasis Model Responsive Web Design Untuk Siswa SMA.†JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan 3, no. 3 (17 Agustus 2020): 292–302. https://doi.org/10.17977/um038v3i32020p292.

Rahmawati, Mira, Din Azwar Uswatun, dan Luthfi Hamdani Maula. “Analisis Pemahaman Konsep Matematis Siswa Berdasarkan Teori APOS Melalui Soal Open Ended Berbasis Daring Di Kelas Tinggi Sekolah Dasar.†Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang 6, no. 1 (5 Juli 2020): 155–65. https://doi.org/10.36989/didaktik.v6i1.122.

Rakhmawati, Indi, Dwi Sulistyaningsih, dan Eko Andy Purnomo. “Pengembangan Media Math Learning Melalui Pendekatan Kontekstual Materi Barisan Dan Deret Bilangan Kelas Xl.†Prosiding Seminar Nasional Unimus 4, no. 0 (31 Desember 2021). https://prosiding.unimus.ac.id/index.php/semnas/article/view/829.

Ramdani, Ilyas. “Pengembangan Bahan Ajar dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) untuk Memfasilitasi Pencapaian Literasi Matematika Siswa Kelas VII.†Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta, 2014.

Rizaldy P, Reza, Hobri Hobri, Dafik Dafik, Arif Fatahillah, dan Erfan Yudianto. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Software Lectora Inspire Pada Materi Permutasi Dan Kombinasi.†Dalam Prosiding Seminar Pendidikan Matematika Dan Matematika, 1:193–99, 2019. https://doi.org/10.21831/pspmm.v1i0.37.

Rizqiyah, Fika. “Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Berbantuan Role Playing Game Berbasis Realistic Mathematic Education Pada Materi Program Linear.†Dalam Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNPM), 3:62–74, 2022.

Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group, 2010.

Sariningsih, Ratna. “Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP.†Infinity Journal 3, no. 2 (2014): 150–63.

Setyowati, Erna, Ika Septi Hidayati, dan Toto Hermawan. “Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Pemahaman Konsep Dalam Pembelajaran Matematika Di MTs Darul Ulum Muhammadiyah Galur.†Intersections 5, no. 2 (2020): 26–37.

Sriwihajriyah, Nyimas, Endang Lestari Ruskan, dan Ali Ibrahim. “Sistem Pembelajaran Dengan E-learning Untuk Persiapan Ujian Nasional Pada SMA Pusri Palembang.†Sriwijaya Journal of Information Systems 4, no. 1 (April 2012): 130941. https://www.neliti.com/publications/130941/.

Sunismi, Sunismi, dan Abdul Halim Fathani. “Uji Validasi E-Module Matakuliah Kalkulus I Untuk Mengoptimalkan Student Centered Learning Dan Individual Learning Mahasiswa S-1.†JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika) 1, no. 2 (1 Desember 2016): 174–91. https://doi.org/10.15642/jrpm.2016.1.2.174-191.

Suraji, Suraji, Maimunah Maimunah, dan Sehatta Saragih. “Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV).†Suska Journal of Mathematics Education 4, no. 1 (1 Mei 2018): 9–16. https://doi.org/10.24014/sjme.v4i1.5057.

Suryawan, I. “Rancang Bangun dan Implementasi Media Pembelajaran Matematika Berbasis Lectorainspire dengan Pendekatan Saintifik.†Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) 9 (27 Juli 2019): 177–88. https://doi.org/10.36733/jsp.v9i2.399.

Suryawan, I. Putu Pasek, dan Dodi Permana. “Media Pembelajaran Online Berbasis Geogebra sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika.†PRISMA 9, no. 1 (3 Juni 2020): 108–17. https://doi.org/10.35194/jp.v9i1.929.

Sutrisno, Eko. “Pengembangan E-Modul Matematika Interaktif Menggunakan Visual Studio.†Undergraduate, UIN Raden Intan Lampung, 2019. http://repository.radenintan.ac.id/7186/.

Wulan, Eka Resti, dan Yulia Izza El Milla. “Examples and Non-examples as a Road to Understanding the Concept of Function.†Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching 9 (29 Desember 2020): 90. https://doi.org/10.24235/eduma.v9i2.7368.

Wulan, Eka Resti, Iffatur Rofiqoh, Zulinda Nur Saidah, dan Diana Puspitasari. “Fun with SPLDV: Multimedia Lectora Inspire Menguatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa.†JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika) 6, no. 2 (2021): 83–98.

Wulandari, Syafitri, Yudi Darma, dan Utin Desy Susiaty. “Pengembangan Modul Berbasis Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Pemahaman Konsep.†Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains 8, no. 1 (2019): 143–52.

Zahra, Shahnaz Juwita Az. “Analisis Kesalahan Siswa Dalam Pemahaman Konsep Menyelesaikan Soal Cerita SPLDV Dengan Tahapan Newman.†JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif) 2, no. 2 (22 Maret 2019): 87–94. https://doi.org/10.22460/jpmi.v2i2.p87-94.

Zuhri, Muhammad Saifuddin, dan Estin Agisara Rizaleni. “Pengembangan Media Lectora Inspire Dengan Pendekatan Kontekstual Pada Siswa Sma Kelas X.†Pythagoras : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 5, no. 2 (2016). https://doi.org/10.33373/pythagoras.v5i2.463.

Downloads

Published

21-03-2022

How to Cite

Mahfudhah, A., Hamidah, D., & Wulan, E. R. (2022). E-Modul Interaktif Lectora Inspire dengan Pendekatan Realistik untuk Memfasilitasi Pemahaman Konsep Matematis. Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 10(1), 35–60. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v10i1.2127

Citation Check