Pengembangan Kajian Angka 19

Nursupiamin Nursupiamin

Abstract


Manusia diciptakan oleh Allah swt dengan memiliki akal dan pikiran. Hal ini dimaksudkan agar manusia berperan dalam menggali dan memanfaatkan segala bentuk ciptaan Allah swt sebagaimana yang telah dijelaskan di dalam Al-Quran. Dengan potensi yang dimilikinya tersebut, manusia dapat mengembangkan ilmu pengetahuan sehingga dapat melakukan aktivitas studi dan penelitian yang seharusnya mampu memahami kebenaran Al-Quran. Bagi seorang muslim dalam melakukan interpretasi terhadap al-Quran merupakan hal dalam memahami pesan yang Allah swt berikan sebagai petunjuk dalam berjalan di muka bumi ini. Posisi manusia dengan segala kehebatannya hanya dapat memaknainya pada taraf relatif saja, sementara derajat kesempurnaan hanyalah merupakan rahasia Allah swt. Jika memandang matematika yang syarat dengan angka-angka, simbol-simbol dan rumus-rumus, maka dengan sendirinya siapapun dapat memandang matematika sebagai ilmu yang memerlukan kemampuan memanipulasi aturan-aturan dengan operasi yang sudah disepakati.

Keywords


Kajian Angka 19; Matematika Islam

References


Abdusysyakir. Ketika Kyai Mengajar Matematika. Malang: UIN Malang Press, 2007.

Departemen Agama RI, Al-Quran Terjemah Per-Kata. Bandung :Syaamil International, 2007.

Hidayat, K. Memahami Bahasa Agama, Jakarta: Paramadina, 1996.

http://id.wikipedia.org/wiki/Matematika_Islam_abad_pertengahan Diakses tanggal 24 November 2014.

http://pustaka.abatasa.co.id/pustaka/detail/tauhid//788/isikandungan-al-quran.html#. Diakses tanggal 24 November 2014.

http://www.mediametafisika.com

Iqbal, M.S dan Fudlali, A. Pengantar Ilmu Tafsir, Bandung : Angkasa, 1989.

Mardalis. Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi Aksara, 1989.

Rahman, A. Al Quran Sumber Ilmu Pengetahuan. Jakarta: Rineka Cipta, 1992.

_____. Al-Quran Sumber Ilmu Pengetahuan. Jakarta : Rineka Cipta, 2000.

Rahman, H. Indahnya Matematika dalam Al-Quran. (Malang: UIN Malang Press, 2007.

Sukarman, H. Psikologi Pembelajaran Matematika di SMU (Diklat Matematika untuk Guru Inti MGMP SMU). Yogyakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2002.




DOI: https://doi.org/10.24256/jpmipa.v3i1.215

Article Metrics

Abstract view : 240 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats