Strategi Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Geometri Bagi Mahasiswa yang Mengalami Problema Belajar di STAIN Palopo (Studi Tentang Aplikasi Teori Belajar Polya)

Nur Rahmah, Muhammad Hajarul Aswad A

Abstract


Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi pembelajaran pemecahan masalah Polya kaitannya dengan mahasiswa yang mengalami problema belajar, desain didaktis teori belajar Polya dalam pembelajaran geometri khususnya konsep luas segitiga dan segiempat, serta respon mahasiswa terhadap strategi pembelajaran yang diberikan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif naturalistik. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa matematika semester II STAIN Palopo Tahun Akademik 2013-2014 yang mengalami problema belajar pada mata kuliah geometri yang tersebar ke dalam 3 kelas (A, B, dan C) berjumlah 18 orang.Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan angket, dan observasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan masalah terkait dengan konsep luas segitiga dan segiempat pada dasarnya sudah bagus. Akan tetapi masih ada beberapa langkah yang belum sistematis. Pada saat observasi pertama dilakukan terlihat bahwa kemampuan mahasiswa dalam memahami masalah yang diberikan berbeda-beda berdasarkan kerangka kerja Polya. Selanjutnya pada tahap membuat rencana pemecahan masalah kemampuan mahasiswa juga berbeda berdasarkan tingkatan kerja dalam rencana pemecahan masalah yang diberikan. Pada pembelajaran berikutnya telah dikemukakan kepada mahasiswa bentuk kerangka kerja pemecahan masalah Polya sehingga ketika diberikan masalah terkait dengan konsep luas segitiga dan segiempat, kemampuan mahasiswa dalam memecahkan masalah berangsur-angsur lebih sistematis berdasarkan kerangka kerja yang telah diberikan. Hal ini dimaksudkan untuk mengarahkan mahasiswa yang mengalami problema belajar bahwa memecahkan masalah harus dengan langkah-langkah yang sistematis.

Keywords


Strategi Pembelajaran; Teori Belajar Polya.

Full Text:

PDF

References


Abidin, Z. 1989. Pemecahan Masalah Polya dalam Belajar Matematika. Tesis, PPs IKIP Malang.

Abidin Syamsuddin. 2003. Psikologi Pendidikan, Bandung : PT Remaja Rosda Karya

Arum Handini Primandari. 2010. Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIIIa SMP N 2 Nanggulan Dalam Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Bangun Ruang Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Square. Skripsi. Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Negeri Yogyakarta.

Muhtarom. 2012. Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa yang Mempunyai Gaya Kognitif Field Independen(FI) pada mata kuliah kalkulus. Disampaikan pada seminar nasional matematika.

Nurdin. 2007. Model Pembelajaran Matematika yang Menumbuhkan Kemampuan Metakognitif untuk Menguasai Bahan Ajar. Ringkasan Disertasi. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Polya, George, 1985.How To Solve It 2nd ed. Princeton University Press: New Jersey

Suharsimi Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Suherman. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung-JICA. Universitas Pendidikan Indonesia UPI.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan (Cet XV). Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. (Cet.I). jakarta: Bumi Aksara.

Udin S. Winataputra, dkk. 2003. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Pusat Penerbitan Universitas Terbuka W. Gulo. 2005. Strategi Belajar Mengajar Jakarta : Grasindo.




DOI: https://doi.org/10.24256/jpmipa.v3i1.219

Article Metrics

Abstract view : 257 times
PDF - 317 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats