Simulasi Rute Alternatif Berbasis Asal Dan Tujuan Perjalanan Untuk Mengurai Kemacetan

Authors

  • Tomi Tristono Universitas Merdeka Madiun, Indonesia
  • M Sidqon Universitas Merdeka Madiun, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/jpmipa.v3i1.221

Keywords:

Persimpangan Bersinyal, Jam sibuk, Level of Service (LoS), Graph.

Abstract

Artikel ini berisi tentang kepadatan lalulintas pada persimpangan jalan yang bersinyal. Pada salah satu lengan jalannya terdapat jalur kereta api. Level of service (LoS) dari simpangan bersinyal terhadap lampu lalulintas normal berada pada level D. Hal tersebut menunjukkan ada kemacetan di selatan dan utara lengan persimpangan setelah palang pintu kereta api diturunkan. Level of service (LoS) ketika kondisi tersebut terjadi menurun ke level F. Permasalahan ini akan diselesaiakan dengan simulasi dalam hal ini menggunakan model graph dimana akan dibuat sebuah fly over baru yang melintasi persimpangan dan jalur kereta api. fly over digunakan untuk semua jenis kendaraan kecuali bukan kendaraan bermotor (UM). Level of service (LoS) kemudian naik ke level C dan ke level D setelah palang pintu kereta api diturunkan.

References

BPS, 2010, Sensus Penduduk Tahun 2010, Biro Pusat Statistik, Jakarta, Indonesia.

MKJI, 1997, Manual Kapasitas Jalan Indonesia, Direktorat Jenderal Bina Marga Direktorat Bina Jalan Kota, Penerbit PT Bina Karya (Persero), Bandung, Indonesia.

Siang, JJ, 2002, “Matematika Diskrit dan Aplikasinya pada Ilmu Komputer”, Penerbit Andi, Yogyakarta, Indonesia.

Tamin, OZ, 2000, Perencanaan Pemodelan Transportasi”, Penerbit ITB, Bandung, Indonesia.

Tristono, T, 2013, Studi Lalu-lintas Kendaraan di Simpang bersinyal dengan Palang Pintu Kereta Api Menggunakan Representasi Graf, Laporan Penelitian Dosen Pemula, tidak diterbitkan, Madiun, Indonesia.

Priyanto, S, 2010, Atasi Kemacetan dengan Peran Manajemen Lalu Lintas, Pengukukuhkan sebagai Guru Besar Fakultas Teknik UGM, 5 Mei 2010, Yogyakarta, Indonesia.

Juniardi, 2006, “Analisis Arus Lalu-lintas di Simpang tak Bersinyal”, Tesis S-2 UNDIP Semarang, Indonesia.

Jawa Timur , (2011), download dari wikipedia ensiklopedia bebas .

Downloads

Published

08-09-2018

How to Cite

Tristono, T., & Sidqon, M. (2018). Simulasi Rute Alternatif Berbasis Asal Dan Tujuan Perjalanan Untuk Mengurai Kemacetan. Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 3(1), 93–106. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v3i1.221

Citation Check