Dasar-Dasar Pendidikan Islam Hubungannya Dengan Matematika

Authors

  • Hasri Hasri IAIN Palopo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/jpmipa.v3i2.231

Keywords:

Dasar-Dasar Pendidikan, Matematika Islam.

Abstract

Pendidikan merupakan suatu proses generasi muda untuk dapat menjalankan kehidupan dan memenuhi tujuan hidupnya secara lebih efektif dan efisien. Pendidikan lebih daripada pengajaran, karena pengajaran sebagai suatu proses transfer ilmu belaka, sedang pendidikan merupakan transformasi nilai dan pembentukan kepribadian dengan segala aspek yang dicakupnya. Perbedaan pendidikan dan pengajaran terletak pada penekanan pendidikan terhadap pembentukan kesadaran dan kepribadian anak didik di samping transfer ilmu dan keahlian.  Hal inilah yang membedakan antara Islam dengan Barat. Al-Quran merupakan petunjuk buat umat manusia. Petunjuk tidak hanya berkaitan dengan syariat agama tetapi berkaitan pula dengan ayat-ayat kauniyah yang erat sekali dengan ilmu pengetahuan. Al-Quran juga mengungkap tentang asal mula kehidupan, siklus air, peredaran benda-benda langit, astronomi dll yang dapat menginspirasi perkembangan ilmu pengetahuan alam dan sains. Bahkan matematikapun banyak terdapat dalam ayat-ayat Al-Quran. Penciptaan alam semesta ini melalui perhitungan yang sangat detail oleh Allah SWT. Sehingga, sebenarnya Allah telah menurunkan matematika melalui ayat-ayat Al-Quran, namun kebanyakan manusia tidak menyadarinya. Demikian pula sebaliknya apakah dalam matematika memuat pula sifat-sifat agamis yang dapat menjadi karakter kepribadian manusia dalam hidup sehari-hari.

References

Abdussakir. 2009. Pentingnya Matematika Dalam Pemikiran Islam. Disampaikan pada Seminar Internasional “The Role of Sciences and Technology in Islamic Civilization” di UIN Malang, tahun 2009.

Adnin Armas. 2013. Sekulerisasi Ilmu. Jakarta: Gema Insani.

Al-Quran dan Terjemahan. Tersedia dalam Digital Quran versi 3.1.

Andi Hakim Nasoetion. 1980. Landasan Matematika. Jakarta: Bhratara Karya Aksara.

Al-Abrasyi, M. Athyah, Dasar-Dasar Pokok Pendidikan Islam, Jakarta: Bulan Bintang,1970.

Darajat,Zakiah, Ilmu Islam Pendidikan,Ed. I, Cet. 7; Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

Departemen Agama Republik Indonesia,Al-Qur ’an dan Terjemahnya,Jakarta,1985.

Dinar Dewi Kania. 2013. Objek Ilmu dan Sumber-Sumber Ilmu. Jakarta: Gema Insani.

Djoko Iswadji. 2010. Matematika vs Kehidupan Manusia. Yogyakarta: UAD

Muhaimin, Abdul Mujid, Pemikiran Pendidikan Islam Kajian Filosofis dan kearangka dasar operasionalnya, cet. I; Bandung: Trigenda Karya, 1993.

Nurdin, Syafruddin dan Basyiruddin Usman, Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum, Cet. I; Jakarta: Ciputat Pres 2002.

Shahih Muslim. Kumpulan dan Referensi Belajar Hadits. Tersedia dalam Haditsweb versi 3.0.

Tim Dosen Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel Malang, Dasar-Dasar Pendidikan Islam Suatu Pengantar Pendidikan Islam, Cet. I; Malang: Karya Aditama, 1996.

Nashruddin Syarif. 2013. Konsep Ilmu Dalam Islam. Jakarta: Gema Insani.

Downloads

Published

08-09-2018

How to Cite

Hasri, H. (2018). Dasar-Dasar Pendidikan Islam Hubungannya Dengan Matematika. Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 3(2), 9–20. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v3i2.231

Citation Check