Representasi Matematika Al-Qur’an Melalui Teori Graf
DOI:
https://doi.org/10.24256/jpmipa.v3i2.234Keywords:
Matematika Al-Qur’an, Bilangan Prima, Teori Graf.Abstract
References
Al-Athar, Daud. Perspektif Baru Ilmu Al-Qur’an. Bandung: Pustaka Hidayah, 1979.
Bastaman, Hanna Djumhana. Integrasi Psikologi dalam Islam. Yogyakarta: PustakaPelajar, 2005.
Fahmi Basya, Fahmi. Matematika Islam : Sebuah Pendekatan Rasional Untuk Yaqin. Jakarta : Penerbit Republika, 2004.
Gholam-Ali Haddad-Adel. Selalu Bersama Al-Qur’an : Agar Hidup Menjadi “Super”. Jakarta : Penerbit Citra, 2012.
Halim, Muhammad Abdul. Understanding Qur’an : Themes and Style, diterjemahkan oleh Rofik Suhud dengan Judul Memahami Al-Qur’an: Pendekatan Gaya dan Tema. Bandung : Marja’, 2002.
Hidayat, Komaruddin. Memahami Bahasa Agama, Jakarta: Paramadina, 1996.
Hidayat, Muhammad Taufik. Science Spirituality & Qur’an, Cet. I; Bantul: Quantum Sinergis Media, 2011.
Hudojo, Herman. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika,Malang: Universitas Negeri Malang, 2005.
Kurniati, Annisah. Interkoneksi Pembelajaran Aljabar Linear Elementer Dengan Islam Dan Manfaat Serta Aplikasinya Dalam Kehidupan. Jurnal Potensia vol.13 Edisi 2 Juli – Desember 2014, h.167-176.
Mauluddiana, Nisva Laila. Pengaruh Pembelajaran Dengan Pendekatan Interkoneksi Matematika-Al-Qur’an Pada Ayat-Ayat Pilihan Dengan Pokok Bahasan Himpunan Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTs Al-Umron Bendosewu Kabupaten Blitar. Tulungagung : IAIN, 2015.
Mubarokah, Tri Lailatin. Penerapan Pembelajaran Matematika Berorientasi Dalil Al-Qur’an Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Himpunan Kelas VII-B MTs Al-Umron Bendosewu Kab.Blitar. Tulungagung : IAIN, 2014.
Muftie, Arifin. Matematika Alam Semesta : Kodetifikasi Bilangan Prima Dalam Al-Qur'an. Bandung : Kiblat Buku Utama, 2004.
Munir, Rinaldi. Matematika Diskrit Ed. 3. Bandung : Informatika, 2010.
Nawawi, Rif’at Syauqi. Kepribadian Qur’ani. Jakarta : AMZAH, 2011.
Nore, Filly Candra. Pewarnaan Graf Terhadap Penjadwalan Penitipan Anak. Padang : Universitas Andalas, 2011.
Nore, Filly Candra. Pewarnaan Graf Terhadap Penjadwalan Penitipan Anak. Padang : Universitas Andalas, 2011.
Nursupiamin. Konsep Dasar Graf. Makassar : LIPa, 2011.
Rahman, Afzalur. Al-Qur’an Sumber Ilmu Pengetahuan. Jakarta : Rineka Cipta, 2000.
Sampayya, Abah Salma A. Keseimbangan Matematika Dalam Al-Qur’an. Jakarta : Republika, 2007.
Sari, Wiwit Kurnia. Representasi Digraph Untuk Nomor Surat Dan Banyak Ayat Al-Qur’an. Malang: Universitas Negeri Islam Maulana Malik Ibrahim, 2010.
Simanjuntak, Lisnawati. MetodeMengajarMatematika, Jakarta: RinekaCipta, 1993.
Soedjadi, Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, 1999.
Suherman, Erman, dkk. Strategi Belajar Mengajar Kontemporer. Bandung: JICA, 2001.
Yusuf, Kadar M. Studi Al-Qur’an, Cet. I; Jakarta : Amzah, 2012.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who wish to publish and disseminate their papers with the Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, shall agree to the publishing rights set by Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Authors understand that they shall assign publication rights as part of the process upon acceptance for publication. The authors agreed that they would transfer certain copyrights to Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Consecutively, authors still retain some rights to use and share their own published articles without written permission from Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.
Authors granted Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam the following rights; (1) the right to publish and provide the manuscripts in all forms and media for publication and dissemination, (2) the authority to enforce the rights in the manuscript, for example in the case of plagiarism or in copyright infringement.
Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam will follow COPE's Code of Conduct and Best Practice Guidelines for Journal Editors to protect the research results and take allegations of any infringements, plagiarisms, ethical issues, and frauds should those issues arise. The manuscript is attributed as the authors' work, and is properly identified.