Representasi Matematika Al-Quran Melalui Teori Graf

Nursupiamin Nursupiamin

Abstract


Dalam Al-Quran, Allah SWT menyajikan begitu banyak isyarat salah satunya hitungan atau matematika. Pada tulisan ini, akan dipaparkan representasi matematika Al-Quran melalui teori graf khususnya yang berkaitan dengan surah prima atau surah Al-Quran yang jumlah ayatnya merupakan bilangan prima. Adapun hasil yang diperoleh berupa digraph dengan 29 simpul terpencil (29 graf kosong) dan 3 simpul membentuk sebuah graf sederhana yang memiliki makna diantaranya : (1) Persamaan yang terkandung antara surah Al-Mumtahanah (surah ke 60), surah Ar-Rad (surah ke 13), dan surah Az-Zukhruf (surah ke 43) adalah untuk menjauhi atau tidak bergaul dengan orang-orang yang tidak beriman kepada Allah swt dan rasulNya dan mencegah perbuatan yang mungkar; (2) Bila dipandang secara geometri, besarnya sudut yang terbentuk mendekati 90o dan memiliki kemiripan bentuk dengan segitiga siku-siku; (3) Bila dipandang secara aljabar, jika ketiga titik (60,13), (13,43), dan (43,89) dinyatakan sebagai angka 601313434389, 60134389, 6013, 1343, dan 4389 maka angka tersebut merupakan kelipatan dari bilangan prima khusus seperti 7, 17 dan 19; dan (4) Bila dipandang secara teori graf, digraph yang terbentuk membuktikan bahwa untuk graf berarah pada digraph surah prima Al-Quran menunjukkan banyaknya simpul yang berderajat ganjil selalu genap. Sehingga representasi graf pada surah Al-Quran yang memiliki jumlah ayat bilangan prima menunjukkan bukti bahwa Al-Quran diturunkan dengan aturan tertentu yang menguak ada matematika dalam Al-Quran.

Keywords



Full Text:

PDF

References


Al-Athar, Daud. Perspektif Baru Ilmu Al-Quran. Bandung: Pustaka Hidayah, 1979.

Bastaman, Hanna Djumhana. Integrasi Psikologi dalam Islam. Yogyakarta: PustakaPelajar, 2005.

Fahmi Basya, Fahmi. Matematika Islam : Sebuah Pendekatan Rasional Untuk Yaqin. Jakarta : Penerbit Republika, 2004.

Gholam-Ali Haddad-Adel. Selalu Bersama Al-Quran : Agar Hidup Menjadi Super. Jakarta : Penerbit Citra, 2012.

Halim, Muhammad Abdul. Understanding Quran : Themes and Style, diterjemahkan oleh Rofik Suhud dengan Judul Memahami Al-Quran: Pendekatan Gaya dan Tema. Bandung : Marja, 2002.

Hidayat, Komaruddin. Memahami Bahasa Agama, Jakarta: Paramadina, 1996.

Hidayat, Muhammad Taufik. Science Spirituality & Quran, Cet. I; Bantul: Quantum Sinergis Media, 2011.

Hudojo, Herman. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika,Malang: Universitas Negeri Malang, 2005.

Kurniati, Annisah. Interkoneksi Pembelajaran Aljabar Linear Elementer Dengan Islam Dan Manfaat Serta Aplikasinya Dalam Kehidupan. Jurnal Potensia vol.13 Edisi 2 Juli Desember 2014, h.167-176.

Mauluddiana, Nisva Laila. Pengaruh Pembelajaran Dengan Pendekatan Interkoneksi Matematika-Al-Quran Pada Ayat-Ayat Pilihan Dengan Pokok Bahasan Himpunan Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTs Al-Umron Bendosewu Kabupaten Blitar. Tulungagung : IAIN, 2015.

Mubarokah, Tri Lailatin. Penerapan Pembelajaran Matematika Berorientasi Dalil Al-Quran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Himpunan Kelas VII-B MTs Al-Umron Bendosewu Kab.Blitar. Tulungagung : IAIN, 2014.

Muftie, Arifin. Matematika Alam Semesta : Kodetifikasi Bilangan Prima Dalam Al-Qur'an. Bandung : Kiblat Buku Utama, 2004.

Munir, Rinaldi. Matematika Diskrit Ed. 3. Bandung : Informatika, 2010.

Nawawi, Rifat Syauqi. Kepribadian Qurani. Jakarta : AMZAH, 2011.

Nore, Filly Candra. Pewarnaan Graf Terhadap Penjadwalan Penitipan Anak. Padang : Universitas Andalas, 2011.

Nore, Filly Candra. Pewarnaan Graf Terhadap Penjadwalan Penitipan Anak. Padang : Universitas Andalas, 2011.

Nursupiamin. Konsep Dasar Graf. Makassar : LIPa, 2011.

Rahman, Afzalur. Al-Quran Sumber Ilmu Pengetahuan. Jakarta : Rineka Cipta, 2000.

Sampayya, Abah Salma A. Keseimbangan Matematika Dalam Al-Quran. Jakarta : Republika, 2007.

Sari, Wiwit Kurnia. Representasi Digraph Untuk Nomor Surat Dan Banyak Ayat Al-Quran. Malang: Universitas Negeri Islam Maulana Malik Ibrahim, 2010.

Simanjuntak, Lisnawati. MetodeMengajarMatematika, Jakarta: RinekaCipta, 1993.

Soedjadi, Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, 1999.

Suherman, Erman, dkk. Strategi Belajar Mengajar Kontemporer. Bandung: JICA, 2001.

Yusuf, Kadar M. Studi Al-Quran, Cet. I; Jakarta : Amzah, 2012.




DOI: https://doi.org/10.24256/jpmipa.v3i2.234

Article Metrics

Abstract view : 708 times
PDF - 726 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats