Efektivitas Metode Pembelajaran Aktif Tipe Group To Group Exchange (GGE) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Pesantren Modern Datok Sulaiman (PMDS) Putri Palopo

Authors

  • Dewi Purwati IAIN Palopo, Indonesia
  • Muhammad Hajarul Aswad A IAIN Palopo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/jpmipa.v3i2.237

Keywords:

Group to Group Exchange, Hasil Belajar Matematika.

Abstract

Pembelajaran aktif tipe Group to Group (GGE) merupakan salah satu metode belajar dimana siswa yang terbagi kedalam kelompok diberikan tugas yang bebeda untuk kemudian dipersentasekan kepada kelompok lain.penelitin ini bertujuan untuk melihat efektifitas efektifitas metode pembelajaran aktif tipe Group to Group Exchange (GGE) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP. Secara deskriptif, rata-rata hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Pesantren Modern Datok Sulaiman (PMDS) Putri Palopo yang diajar dengan metode pembelajaran Group to Group Exchange (GGE) lebih tinggi apabila dibandingkan dengan kelas yang tidak diajarkan dengan metode pembelajaran tersebut. Hal ini berarti bahwa metode pembelajaran aktif tipe Group to Group Exchange (GGE) efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP

References

Abdurrahman, Mulyono. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar, Jakarta: Rinekacipta, 2003.

Azwar, Saifuddin . Reliabilitas dan Validitas, Yokyakarta : Pustaka Pelajar, 2013.

B. Uno, Hamzah . Model Pembelajaran, Cet. I; Jakrta: Bumi Aksara, 2007.

Burhanuddin dan Esa Nur Wahyuni, Teori Belajar dan Pembelajaran, Cet. VII; Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.

Nuharini, Dewi dan Tri Wahyuni, Matematika Konsep dan aplikasinya, Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional, 2008

Ridwan, Dasar – Dasar Statistika, Cet.VIII; Bandung: CV.Alfabeta, 2010.

Sudjana, Nana . Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Cet.XI; Bandung: PT.Remaja Rodaskarya, 2006.

Slameto, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2003.

Syaodih Sukmadinata, Nana. Metodologi Penelitian Pendidikan, (Cet.V; Bandung: PT.Remaja Rosdakarya, 2009.

Subana, et.al., M. Statistik Pendidikan, Cet.II; Bandung: Pustaka Setia, 2005.

Downloads

Published

08-09-2018

How to Cite

Purwati, D., & Aswad A, M. H. (2018). Efektivitas Metode Pembelajaran Aktif Tipe Group To Group Exchange (GGE) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Pesantren Modern Datok Sulaiman (PMDS) Putri Palopo. Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 3(2), 71–76. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v3i2.237

Citation Check