Validitas Lembar Kerja Peserta Didik Materi Statistika Berbasis Kontekstual dalam Memfasilitasi Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik

Authors

DOI:

https://doi.org/10.24256/jpmipa.v11i1.2502

Keywords:

Kemampuan Berpikir Kritis, Kontekstual, Lembar Kerja Peserta Didik.

Abstract

Abstract:

Student worksheets are one of the printed teaching materials in the form of sheets containing tasks that must be done by students to support the achievement of success in learning activities. This research is research on developing contextual-based student worksheets to facilitate the critical thinking ability of Madrasah Tsanawiyah students on statistical material. The 4-D development model, define, design, develop, and disseminate is used in this study. Four experts, namely as media experts and at the same time as material experts, became validators of the developed student worksheets. The formula used to calculate the validity coefficient is the Aiken Value Formula. The quality of the developed student worksheets was declared valid by the expert validators related to the material with the average value of each aspect of 0.98. Meanwhile, expert validators related to media stated that they were valid with an average value of 0.97.

Abstrak:

Lembar kerja peserta didik merupakan salah satu bahan ajar cetak yang berisi tugas-tugas yang harus dikerjakan oleh peserta didik untuk mendukung tercapainya keberhasilan dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis kontekstual untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kritis peserta didik Madrasah Tsanawiyah pada materi statistika. Model pengembangan 4-D, define, design, develop, dan disseminate digunakan dalam penelitian ini. Empat orang ahli yaitu sebagai ahli media dan sekaligus juga sebagai ahli materi menjadi validator lembar kerja peserta didik yang dikembangkan. Formula yang digunakan untuk menghitung koefisien validitas adalah Formula Nilai Aiken. Kualitas lembar kerja peserta didik yang dikembangkan dinyatakan valid oleh validator ahli terkait materi dengan rata-rata nilai setiap aspek adalah 0,98. Sementara itu, validator ahli terkait media menyatakan valid dengan rata-rata nilai adalah 0,97.

References

Aiken, Lewis R. “Three Coefficients for Analyzing the Reliability and Validity of Ratings.†Educational and Psychological Measurement 45, no. 1, March 1, 1985, 131–42. https://doi.org/10.1177/0013164485451012.

Ambarmaya, Nodya, and Indrie Aini. “Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Pendekatan Kontekstual.†In Prosiding Sesiomadika, 1: 485–91. Karawang: Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Singaperbangsa Karawang, 2019. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2134.

Amir, Mohammad Faizal. “Proses Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Dalam Memecahkan Masalah Berbentuk Soal Cerita Matematika Berdasarkan Gaya Belajar.†Jurnal Math Educator Nusantara 1, no. 2, 2015, 159–70. https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/matematika/article/download/235/150.

Arafah, Sherlly Ferdiana, Bambang Priyono, and Saiful Ridlo. “Pengembangan LKS Berbasis Berpikir Kritis Pada Materi Animalia.†Journal of Biology Education 1, no. 1, 2012, 47–53. https://doi.org/10.15294/jbe.v1i1.378.

As’ari, Abdur Rahman, Mohammad Tohir, Erik Valentino, Zainul Imron, and Ibnu Taufiq. Matematika SMP/MTs Kelas VIII Semester 1. Edited by Agung Lukito, Ali Mahmudi, Turmudi Turmudi, Yansen Marpaung, Yudi Satria, and Widowati Widowati. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017. https://repositori.kemdikbud.go.id/7029/.

Astuti, Puji, Purwoko Purwoko, and Indaryanti Indaryanti. “Pengembangan LKS Untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Mata Pelajaran Matematika Di Kelas VII SMP.†Jurnal Gantang 2, no. 2, 2017, 145–55.

Astuti, Y., and Beni Setiawan. “Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Pendekatan Inkuiri Terbimbing Dalam Pembelajaran Kooperatif Pada Materi Kalor.†Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 2, no. 1, 2013.

Chukwuyenum, Asuai Nelson. “Impact of Critical Thinking on Performance in Mathematics Among Senior Secondary School Students in Lagos State.†IOSR Journal of Research & Method in Education 3, no. 5, 2013, 18–25.

Damayanti, Dyah Shinta, Nur Ngazizah, and Eko Setyadi Kurniawan. “Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Untuk Mengoptimalkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Listrik Dinamis SMA Negeri 3 Purworejo Kelas X Tahun Pelajaran 2012/2013.†Radiasi : Jurnal Berkala Pendidikan Fisika 3, no. 1, September 30, 2013, 58–62. https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/radiasi/article/view/516.

Ennis, Robert Hugh. Critical Thinking. Prentice Hall, 1996.

Ibrahim. “Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Yang Menghadirkan Kecerdasan Emosional.†In Matematika Dan Pedidikan Karakter Dalam Pembelajaran. Universitas Negeri Yogyakarta, 2011. http://www.uny.ac.id.

Ibrahim, Ibrahim. “Pendekatan Ramah, Terbuka Dan Komunikatif Pada Pembelajaran Matematika di SMP.†Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika 4, no. 1, 2019, 39–46.

Ibrahim, and Suparni. Pembelajaran Matematika Teori Dan Aplikasinya. Yogyakarta: Suka Press UIN Sunan Kalijaga, 2012.

Jaya, Sukma, Syafdi Maizora, and Effie Efrida Muchlis. “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Dengan Pedekatan Saintifik Pada Materi Statistika Di SMA Negeri 4 Kota Bengkulu.†Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS) 3, no. 3, December 17, 2019, 285–92. https://doi.org/10.33369/jp2ms.3.3.285-292.

Johnson, Elaine B. Contextual Teaching and Learning: What It Is and Why It’s Here to Stay. California: Corwin Press, 2002.

Kadir, Abdul. “Konsep Pembelajaran Kontekstual Di Sekolah.†Dinamika Ilmu 13, no. 3, 2013, 17–38. https://journal.uinsi.ac.id/index.php/dinamika_ilmu/article/download/20/19.

Kusumawati, Ririn, Yusuf Hartono, Eva Susanti, and Haris Kurniawan. “‪Pengembangan LKPD Berbasis Discovery Learning Pada Materi Statistika Kelas VIII SMP Di Kecamatan Pasemah Air Keruh‬.†‪ Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika 7, no. 1, Mei 2022, 28–37. https://ejournal.unitaspalembang.com/index.php/nabla/article/view/97.‬‬‬‬‬‬‬‬‬‬‬‬‬‬‬‬‬‬‬‬‬‬

Marlinda, Ivone, and Ariyadi Wijaya. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Berorientasi Pada Minat Dan Prestasi.†Pythagoras 13, no. 1, 2018, 76–87.

Nasional, Departemen Pendidikan. “Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning (CTL).†Depdiknas Jakarta, 2003.

Ramadhona, Rezky, and Sukma Adi Perdana. “Inquiry-Based Student Worksheet Design for Introduction to Mathematical Statistics Course.†Jurnal Gantang 7, no. 1, August 30, 2022, 99–105. https://doi.org/10.31629/jg.v7i1.4500.

Ramdani, Yani. “Pengembangan Instrumen Dan Bahan Ajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi, Penalaran, Dan Koneksi Matematis Dalam Konsep Integral.†445 13, no. 1, April 2012, 44–52. http://jurnal.upi.edu/445/view/1204/pengembangan-instrumen-dan-bahan-ajar-untuk-meningkatkan-kemampuan-komunikasi,-penalaran,-dan-koneksi-matematis-dalam-konsep-integral.html.

Sariningsih, Ratna. “Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP.†Infinity Journal 3, no. 2, 2014, 150–63.

Setiana, Dafid Slamet. “Pengembangan Instrumen Tes Matematika Untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis.†Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE) 4, no. 2, 2018, 35–48.

Somakin. “Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Dengan Penggunaan Pendidikan Matematika Realistik.†Majalah Ilmiah Jurusan PMIPA FKIP Unsri 14, no. 1, 2011, 42–48.

Sukino, and Wilson Simangunsong. Matematika Untuk SMP Kelas VIII. Jakarta: Erlangga, 2006.

Syahbana, Ali. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Kontekstual Untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Smp.†Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika 2, no. 02, 2012, 17–26. https://doi.org/10.22437/edumatica.v2i02.841.

Thiagarajan, Sivasailam, and And Others. “Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook.†Council for Exceptional Children, 1920 Association Drive, Reston, Virginia 22091 (Single Copy, $5, 1974. https://eric.ed.gov/?id=ED090725.

Wiliyanto, Dimas Bagus. “Pengembangan LKPD pada Materi Statistika Menggunakan Pendekatan Project Based Learning untuk Kelas VIII SMPN 2 Panti.†Thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Islam Program Studi Tadris Matematika, 2021. http://digilib.uinkhas.ac.id/3957/.

Downloads

Published

08-03-2023

How to Cite

Jazirah, N., & Ibrahim, I. (2023). Validitas Lembar Kerja Peserta Didik Materi Statistika Berbasis Kontekstual dalam Memfasilitasi Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 11(1), 1–18. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v11i1.2502

Citation Check