Pengaruh Metakognisi dan Motivasi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Kreativitas Siswa Kelas VIII SMP Negeri di Kecamatan Kindang Kabupaten Bulukumba
DOI:
https://doi.org/10.24256/jpmipa.v4i2.257Keywords:
Problem Solving, Metacognition, Learning Motivation, and Creativity.Abstract
References
Hayati. “Hubungan Antara Motivasi Dan Kemandirian Belajar Dengan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Peserta Didik Yang Pembelajarannya Menggunakan Pembelajaran Berbasis Masalah.” Universitas Siliwangi Tasikmalaya, 2010.
Ilhamsyah. “Pengaruh Efikasi Diri, Metakognisi Dan Regulasi Diri Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X Sms Negeri Di Kabupaten Wajo.” UNM Makassar, 2012.
Kuntjojo, and Andik Matulessy. “Hubungan Antara Metakognisi Dan Motivasi Berprestasi Dengan Kreativitas.” Jurnal Psikologi Persona 1, no. 1 (June 2012). http://drmasda.com/berita-148-hubungan-antara-metakognisi-dan-motivasi-berprestasi-dengan-kreativitas.html.
Lamoma. “Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika.” In Seminar Nasional UNPATI. UNPATI: UNPATI, 2011.
Mahmudi, Ali. “Pemecahan Masalah Dan Berpikir Kreatif.” Universitas Sriwijaya Palembang, 2008.
Md.Yunus, Aida Suraya, and Wan Zah Wan Ali. “Metacognition and Motivation in Mathematical Problem Solving.” The International Journal of Learning: Annual Review 15, no. 3 (2008): 121–32. doi:10.18848/1447-9494/CGP/v15i03/45692.
Munandar, Utami. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta, 2009.
Muzaki, Fiqi Ibnu. “Pengaruh Kreativitas Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Kemampuan Siswa Memecahkan Masalah Matematika Di Dalam Model Pembelajaran Problem Solving Materi Ajar Perbandingan Di Smp Muhammadiyah I Kota Tegal Kelas Vii Tahun Ajaran 2009/2010.” Other, Universitas Negeri Semarang, 2010. http://lib.unnes.ac.id/2953/.
Nurdin. “Model Pembelajaran Matematika Yang Menumbutuhkan Kemampuan Metakognitif Untuk Menguasai Bahan Ajar.” UNESA, 2007.
OLRC News. “Metakognition,” 2007. www.literacy.kent.edu.ohioeffesource.doc.
Riawan, Purwoko Yudi. “Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Realistik Dengan Metode Penemuan Ditinjau Dari Kreativitas Belajar Matematika Siswa.” LIMIT - Pendidikan Matematika 0, no. 11 (April 24, 2012). http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/limit/article/view/24.
Solso, Robert L. Psikologi Kognitif. Jakarta: Erlangga, 2008.
Tohari, Khamim. “Peningkatan Kemampuan Problem Solving Melalui Peningkatan Kemampuan Metakognisi,” 2010. http://bdksurabaya.kemenag.go.id.
Uno, Hamzah B. Teori Motivasi Dan Pengukurannya: Analisis Di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2012.
Widjonarko. “Ipi Pengaruh Pembelajaran Matematika Dengan Strategi ”pattern of Student Creatifity” Pada Materi Kesebangunan Siswa Kelas Ix: View Article.” IKIP PGRI Semarang, 2011. http://id.portalgaruda.org/index.php?ref=browse&mod=viewarticle&article=6863.
Wongkar. “Pengaruh Motivasi Dan Kreativitas Terhadap Hasil Belajar Siswa Program Studi Teknik Instalasi Tenaga Listrik Di Smk Negeri 2 Manado.” Universitas Negeri Manado 1, no. 2 (May 28, 2013).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who wish to publish and disseminate their papers with the Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, shall agree to the publishing rights set by Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Authors understand that they shall assign publication rights as part of the process upon acceptance for publication. The authors agreed that they would transfer certain copyrights to Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Consecutively, authors still retain some rights to use and share their own published articles without written permission from Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.
Authors granted Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam the following rights; (1) the right to publish and provide the manuscripts in all forms and media for publication and dissemination, (2) the authority to enforce the rights in the manuscript, for example in the case of plagiarism or in copyright infringement.
Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam will follow COPE's Code of Conduct and Best Practice Guidelines for Journal Editors to protect the research results and take allegations of any infringements, plagiarisms, ethical issues, and frauds should those issues arise. The manuscript is attributed as the authors' work, and is properly identified.