Identifikasi Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau Dari Perspektif Kecerdasan Logis Matematis

Authors

  • Nursia Manu Allo Program Studi Pendidikan Matematika, FTIK, IAIN Palopo, Indonesia
  • Munir Yusuf
  • Dwi Risky Arifanti Program Studi Pendidikan Matematika, FTIK, IAIN Palopo
  • Winayati Naflatunnisa Program Studi Pendidikan Matematika, FTIK, IAIN Palopo
  • M Syaifullah Program Studi Pendidikan Matematika, FTIK, IAIN Palopo

DOI:

https://doi.org/10.24256/jpmipa.v9i2.2978

Keywords:

Kemampuan Literasi Matematika, Kecerdasan Logis Matematis.

Abstract

Abstract:

Mathematical literacy skills and mathematical logical intelligence are essential things that students must have to be able to use mathematics in everyday life. This study aims to identify mathematical literacy skills from the perspective of logical-mathematical intelligence of junior high school students in Towuti, East Luwu. This type of research is descriptive qualitative with data collection techniques for mathematical logical intelligence tests and tests of mathematical literacy skills and interview guidelines. The indicators used adopt indicators developed by Stecey and Turner. The research subjects used were three categories of students from class VIII room 2 who had high, medium, and low mathematical logical intelligence. The results showed that students with high mathematical logical intelligence were able to identify all indicators of mathematical literacy ability so that they had high mathematical literacy skills. It is different for students with moderate and low logical intelligence, who have low and high literacy abilities. The results of this identification are still possible to continue by an analytical study.

 

Abstrak:

Kemampuan literasi matematika dan kecerdasan logis matematis merupakan hal yang penting dimiliki siswa agar mampu menggunakan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi kemampuan literasi matematika ditinjau dari perspektif kecerdasan logis matematis siswa tingkat SMP di Towuti Kabupaten Luwu Timur. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif dengan instrumen tes kecerdasan logis matematis, tes kemampuan literasi matematika, dan pedoman wawancara. Indikator yang digunakan mengadopsi teori Stecey dan Turner. Subjek penelitian adalah siswa dari kelas VIII ruangan 2 dengan kecerdasan logis matematis tinggi, sedang dan rendah. Hasil penelitian menunjukkan siswa dengan kecerdasan logis matematis tinggi mampu mengidentifikasi semua indikator kemampuan literasi matematika dengan baik dan memiliki kemampuan literasi matematika tinggi. Hal berbeda untuk siswa dengan kecerdasan logis sedang dan rendah. Hasil identifikasi ini masih memungkinkan untuk ditindaklanjuti dengan suatu penelitian yang bersifat analisis.

References

Astuti, Yeni, Sudarman Bennu, dan Baharuddin Paloloang. “Identifikasi Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas VIII SMPN Model Terpadu Madani Pada Materi Aritmatika Sosial.†Eletronik Pendidikan Matematika Taduluk 5, no. no.3 (2018).

Effendi, Mutia dan Kiki Nia Sania. “Analisis Kemampuan Literasi Matematika Peserta Didik SMP Pada Soal Serupa PISA Konten Uncertainty Dan Data.†Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 2019, 138.

Hidayatulloh, Dwi Aldi, Anies Fuady, and Sikky El Walida. “Analisis Kemampuan Literasi Matematis Ditinjau Dari Self Confidence Peserta Didik Kelas VII SMP Pada Materi Aritmatika Sosial.†Jurnal Penelitian, Pendidikan, Dan Pembelajaran 16, no. 12 (July 19, 2021). http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/11983.

Kholifasari, Rizqi, Citra Utami, and Mariyam Mariyam. “Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Karakter Kemandirian Belajar Materi Aljabar.†Jurnal Derivat: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika 7, no. 2 (December 20, 2020): 117–25. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v7i2.1057.

Murtiyasa, Budi, and Wulan Perwita. “Analysis of Mathematics Literation Ability of Students in Completing PISA-Oriented Mathematics Problems with Changes and Relationships Content.†Universal Journal of Educational Research 8 (July 1, 2020): 3160–72. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080745.

Ngazizah, Dina Faridatul. “Pengaruh Kecerdasan Logis Matematis Terhadap Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal Matematika Bertipe Pisa Pada Siswa Kelas X Mipa Sman 1 Rejotangan Tulungagung.†Skripsi. IAIN Tulungagung, August 20, 2019. https://doi.org/10/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf.

———. “Pengaruh Kecerdasan Logis Matematis Terhadap Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal Matematika Bertipe PISA Pada Siswa Kelas X MIPA SMAN 1 Rejotangan Tulungagung,†2019.

Ojose, Bobby. “Mathematics Literacy: Are We Able To Put The Mathematics We Learn Into Everyday Use?†4 (January 1, 2011): 89–100.

Oktiningrum, Wuli, Zulkardi Zulkardi, and Yusuf Hartono. “Developing PISA-Like Mathematics Task with Indonesia Natural and Cultural Heritage as Context to Assess Students’ Mathematical Literacy.†Journal on Mathematics Education 7 (January 2, 2016). https://doi.org/10.22342/jme.7.1.2812.1-8.

Ovan, Ovan, and Sunyoto Eko Nugroho. “Analisis Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau Dari Metakognisi Siswa Pada Model Pisa-Cps.†Unnes Journal of Mathematics Education Research 6, no. 1 (October 16, 2017): 96–102. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer/article/view/18421.

Purwasih, Ratni, Novi Rahma Sari dan Sopia Agustina. “Analisis Kemampuan Literasi Matematik Dan Mathematical Habits of Mind Siswa SMP Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar.†Numeracy 5, no. no.1 (2018).

Rismen, Sefna, Widya Putri, and Lucky Heriyanti Jufri. “Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar.†Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 6, no. 1 (January 18, 2022): 348–64. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1093.

Sahrida Nasution, Riski, Kms. Muhammad Amin Fauzi, and Edi Syahputra. “Developing Mathematics Problem Based on PISA Level of Space and Shape Content to Measure Student’s Mathematics Problem Solving Ability.†American Journal of Educational Research 7, no. 10 (October 7, 2019): 660–69. https://doi.org/10.12691/education-7-10-1.

Saputri, Nora Chusna, Rika Kurnia Sari, and Dhea Ayunda. “Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19.†Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT) 3, no. 1 (July 3, 2021): 15–26. https://doi.org/10.32696/pgsd.v3i1.768.

Sari, Rosalia Hera Novita. “Literasi Matematika: Apa, Mengapa dan Bagaimana?†In Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan matematika, 713–20. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta, 2015.

Selan, Madensi, Farida Daniel dan Urni Babys. “Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal PISA Konten Change and Relationship.†Matematika Dan Pendidikan Matematika 2 (2020).

Susanti, Vera Dewi. “Analisis Kemampuan Kognitif Dalam Pemecahan Masalah Berdasarkan Kecerdasan Logis Matematis.†Matematika Dan Pendidikan Matematika 3 (2018).

Utomo, Muhammad Faruq Wahyu, Heni Pujiastuti, and Anwar Mutaqin. “Analisis Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa.†Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif 11, no. 2 (December 1, 2020): 185–93. https://doi.org/10.15294/kreano.v11i2.25569.

Downloads

Published

30-10-2021

How to Cite

Allo, N. M., Yusuf, M., Arifanti, D. R., Naflatunnisa, W., & Syaifullah, M. (2021). Identifikasi Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau Dari Perspektif Kecerdasan Logis Matematis. Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 9(2), 61–72. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v9i2.2978

Citation Check