Penerapan Model Pembelajaran REACT dalam Peningkatan Pemahaman Konsep Siswa

Authors

DOI:

https://doi.org/10.24256/jpmipa.v6i2.338

Keywords:

REACT Learning Models, Understanding Student Mathematical Concepts.

Abstract

Abstract:

Application of the REACT Learning Models in Increasing the Understanding of Students' Concepts. This research is a quasi-experimental research with a class that aims to know: (1) How is the description of students' understanding of mathematical concepts before and after the application of the REACT learning model. And (2) Is there an increase in students' understanding of concepts after the application of the REACT model. In this study using a concept understanding test instrument. From the results of the study, it was concluded that. (1) The application of the REACT learning model can change the average understanding of students' mathematical concepts from low categories to high categories. (2) Increasing understanding of mathematical concepts students on average are in the medium category. And (3) There is an increase in understanding of students' mathematical concepts with the application of REACT learning models.

Abstrak:

Penerapan Model Pembelajaran REACT dalam Peningkatan Pemahaman Konsep Siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan satu kelas yang bertujuan untuk mengtahui: (1) Bagaimana gambaran pemahaman konsep matematika siswa sebelum dan setelah  penerapan model pembelajaran REACT. Dan (2) Apakah terdapat peningkatan pemahaman konsep siswa setelah penerapan model REACT. Pada penelitian ini menggunakan istrumen tes pemahaman konsep. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa.  (1) Penerapan model pembelajaran REACT dapat mengubah rata-rata pemahaman konsep matematika siswa dari kategori rendah menjadi kategori tinggi. (2) Peningkatan pemahaman konsep matematika siswa rata-rata berada pada kategori sedang. Dan (3) Terdapat peningkatan pemahaman konsep matematika siswa dengan penerapan model pembelajaran REACT.

References

Durotulaila, Aulia Hikmah, Mohammad Masykuri, dan Bakti Mulyani. “Pengaruh Model Pembelajaran React (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering) Dengan Metode Eksperimen Dan Penyelesaian Masalah Terhadap Prestasi Belajar Ditinjau Dari Kemampuan Analisis Siswa.†Jurnal Pendidikan Kimia 3, no. 4 (15 September 2014): 66-74–74.

Fauziah, Anna. “Peningkatan Kemampuan Pemahaman Dan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP Melalui Strategi REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring).†Masters, Universitas Pendidikan Indonesia, 2010. http://repository.upi.edu.

Harahap, Rosliana, Izwita Dewi, dan Sumarno. “Perbedaan Peningkatan Kemampuan Komunikasi Dan Koneksi Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Kontekstual Dengan Kooperatif Tipe Stad Di SMP Al-Washliyah 8 Medan.†PARADIKMA JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA 5, no. 2 (30 Desember 2012). https://doi.org/10.24114/paradikma.v5i2.1092.

Husna, Fadhila El. “Penerapan Strategi React Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas X SMAN 1 Batang Anai.†Jurnal Pendidikan Matematika 3, no. 1 (30 Maret 2014). http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pmat/article/view/1202.

Manda, Trysa Gustya. “Pemahaman Konsep Luas Dan Volume Bangun Ruang Sisi Datar Siswa Melalui Penggunaan Model Learning Cycle 5e Disertai Peta Konsep.†Jurnal Pendidikan Matematika 1, no. 1 (30 Desember 2012). http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pmat/article/view/1153.

Purwanti, Yuni. “Perbandingan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Antara Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Pembelajaran PQ4R.†Universitas Lampung, 2016.

Rahayu, Nia Risti. “Pengaruh Model Pembelajaran React Dan Guided Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa.†Skripsi, Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 2017.

Selamet, K., I. W. Sadia, dan K. Suma. “Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual REACT Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Dan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas VIII SMP.†Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia 3, no. 1 (5 Juli 2013). http://oldpasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_ipa/article/view/751.

Downloads

Published

30-12-2018

How to Cite

Anas, A., & A, F. (2018). Penerapan Model Pembelajaran REACT dalam Peningkatan Pemahaman Konsep Siswa. Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 6(2), 157–166. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v6i2.338

Citation Check