Pengaruh Jumlah Jam Belajar dan Fasilitas Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Negeru 4 Ajangale

Authors

  • Sumardin Raupu Prodi Tadris Matematika IAIN Palopo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/jpmipa.v6i1.389

Keywords:

The number of hours studied, learning facility, the student learning outcomes of mathematics.

Abstract

Abstract:

The type of this research is expo facto research with the aims to determine whether the number of hours study and learning facilities affects to the student learning outcomes of mathematics in grade VIII SMP Negeri 4 Ajangale, Bone. The samples were taken in this research are 60 students from class VIII.A and VIII.B Lesson Year 2017/2018 by Cluster Random Sampling. The conclusion of this research is the number of student learning hours fall into enough category; Student learning facilities fall into less category and the student learning outcomes of mathematics into high category. The number of hours studied by observing the learning facility variables positively affects the student learning outcomes of mathematics with a value of R2 is 0.142. The learning facilities by observing the variable of learning hours did not positively affect the student learning outcomes of mathematics with the value of R2 is 0,005. The number of learning hours and learning facilities together positively influenced to the st dent learning outcomes of mathematics with the value of R2 is 0.154.

Abstrak:

Jenis penelitian ini adalah ekpost facto dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh jumlah jam belajar dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Ajangale Kabupaten Bone Sulawesi Selatan. Jumlah sampel sebanyak 60 orang dari kelas VIII.A dan VIII.B Tahun Pelajaran 2017/2018. Sampel dipilih menggunakan Cluster Random Sampling. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu, jumlah jam belajar siswa cukup, fasilitas belajar kurang, hasil belajar matematika siswa kategori tinggi. Jumlah jam belajar dengan memperhatikan variabel fasilitas belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika siswa dengan R2 sebesar 0.142. Fasilitas belajar dengan memperhatikan variabel jumlah jam belajar tidak berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika siswa dengan R2 sebesar 0.005, Jumlah jam belajar dan fasilitas belajar secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika siswa dengan R2 sebesar 0.154.

References

Ahmadi, Abu, and dkk. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2003.

Darmawati. “Pengaruh Iklim Keluarga Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IX SMU Negeri 4 Parepare.” Skripsi, 2003.

Djaali. Tes Validitas Dan Reliabilitas. Ujung Pandang: IKIP Ujung Pandang, 1985.

Fathurrohman, Pupuh, and Sobry Sutikno. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Refika Aditama, 2011.

Hairul. “Perbedaan Prestasi Belajar Matematika Yang Diajar Dengan Tipe Think Pair Share (TPS) Dan Yang Diajar Dengan Tipe Numbered Head Together (NHT) Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Anggeraja Kabupaten Enrekang.” Skripsi, Universitas Muhammadiyah Parepare, 2008.

M Herniati. “Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Penberian Kuis Pada Awal Pembelajaran.” Skripsi, Universitas Muhammadiyah Parepare, 2008.

Nufus, Hayatun, Rezi Ariawan, Erdawati Nurdin, and Hasanuddin Hasanuddin. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII Berdasarkan Level Kemampuan Matematis.” Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 4, no. 1 (2016): 29–42. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v4i1.250.

Sudjana. Evaluasi Hasil Belajar, Konstruksi, Dan Analisis. Bandung: Pustaka Martiana, 1986.

Downloads

Published

04-03-2018

How to Cite

Raupu, S. (2018). Pengaruh Jumlah Jam Belajar dan Fasilitas Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Negeru 4 Ajangale. Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 6(1), 15–28. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v6i1.389

Citation Check