Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Matematika di Madrasah Tsanawiyah

Authors

  • Nisfi Aulia Rizky Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus, Indonesia
  • Partono Partono Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/jpmipa.v12i2.4258

Keywords:

Kurikulum Merdeka, Pembelajaran Matematika, Problematika Pembelajaran

Abstract

Abstract:
This study aims to analyze the implementation of the Merdeka Curriculum in mathematics education at MTs NU Ibtidaul Falah. This research employs a qualitative descriptive survey method, utilizing interviews with one of the mathematics teachers and observations. The results of the interviews revealed several issues in the implementation of the Merdeka Curriculum in mathematics education at MTs NU Ibtidaul Falah, including students' stigma toward mathematics, low student character development, inadequate classroom facilities, an unsuitable learning model, lack of follow-up after teacher training, and excessive administrative burdens on teachers. The insufficient preparation for implementing this curriculum has led to a range of issues that require further evaluation.

Abstrak:
Penelitian ini bertujuan menganalisis penerapan kurikulum merdeka pada pembelajaran matematika di MTs NU Ibtidaul Falah. Penelitian ini menggunakan metode survey deskriptif kualitatif dengan teknik wawancara kepada salah satu guru matematika dan observasi. Dari hasil wawancara diperoleh beberapa masalah yang terjadi dalam penerapan kurikulum merdeka pada pembelajaran matematika di MTs NU Ibtidaul Falah, diantaranya stigma peserta didik terhadap matematika, rendahnya karakter peserta didik, fasilitas kelas yang belum mendukung, model pembelajaran yang belum sesuai, output pelatihan guru belum ada tindak lanjut, serta banyaknya tanggungan administrasi guru. Kurangnya persiapan dalam pengimplementasian kurikulum tersebut menimbulkan sejumlah masalah yang perlu dievaluasi lebih lanjut.

References

Amri, Ulil. “Konsistensi Kebijakan Pendidikan Di Indonesia” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 3, no. 5 (2021): 2200–2205.https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.778.

educhannel.id. “Problematika,” 2021.

Hasbiyallah, Ihsan, M. Administrasi Pendidikan dalam Merdeka Belajar Perspektif Islam. Edited by Ima Malihah. Bandung, 2022.

Indriani, N., Fitrianti, Y., dan Nailah, C. “Modifikasi Strategi dan Metode Pembelajaran Matematika Guna Menarik Minat Belajar Peserta didik SD / MI” JPG: Jurnal Pendidikan Guru3, no. 1 (2022): 15–21.https://doi.org/10.32832/jpg.v3i1.6355.

Lutfiana, Dian. “Penerapan Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Matematika SMK Diponegoro Banyuputih.” Vocational: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan 2, no. 4 (2022): 310–19. https://doi.org/10.51878/vocational.v2i4.1752.

Malikah, S., Ayuningsih, F., Nugroho, R., dan Murtiyasa, B. “Manajemen Pembelajaran Matematika pada Kurikulum Merdeka” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan4, no. 4 (2022): 5912–18.https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3549.

Mytra, P., Kaharuddin, A., Fatimah, dan Fitriani. “Filsafat Pendidikan Matematika (Matematika Sebagai Alat Pikir dan Bahasa Ilmu).” Al Jabar: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika 2, no. 2 (2023): 60–71.https://doi.org/10.46773/aljabar.v2i2.713.

Ningrum, A., Reza, dan Suryani, Y. “Peran Guru Penggerak dalam Kurikulum Merdeka Belajar” Ar-Riayah: Jurnal Pendidikan Dasar6, no. 2 (2022): 219–32. https://doi.org/10.29240/jpd.v6i2.5432.

Novitasari, A., Ramadhania, F., Maulana, F.,dan Nadhif, W. “Inovasi Pembelajaran Mapel Matematika dalam Kurikulum Merdeka Di MIN Kedungwuni.” JPBB: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Dan Budaya 2, no. 2 (2023): 178–88. https://doi.org/https://doi.org/10.55606/jpbb.v2i2.1513.

Rahmawati, I., Anwar, S., Saputra, A., dan Ruskhan. “Implementasi Pendidikan Karakter dalam Proses Pembelajaran Matematika Kelas X MA Ma’Arif Roudlotut Tholibin Kota Metro”. JPTK: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas 1, no. 2 (2023): 91-105.

Rizal, Chairul. “Workshop Kurikulum Merdeka (KURMER) Meningkatkan Keterampilan Mengajar dalam Teknologi Industri 4.0”.Juribmas: Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat 2, no. 1 (2023): 49–54. https://doi.org/10.62712/juribmas.v2i1.111.

Rozak, Abdul. “Kebijakan Pendidikan Di Indonesia.” Alim: Journal of Islamic Education 3 (2021): 197–208.https://doi.org/10.51275/alim.v3i2.218.

Sahid, Dihadi Rahadi, dan Rachlan, Elly Resli. “Pengelolaan Fasilitas Pembelajaran Guru dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Jasmani di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)”.Ijemar: Indonesian Journal of education management and administration review 3, no. 1 (2019). https://dx.doi.org/10.4321/ijemar.v3i1.2945.

Saragih, O., & Marpaung, R. (2024). Tantangan dan Peluang: Studi Kasus Penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolah Mandiri Berubah Kabupaten Tapanuli Utara. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(3), 888–903. https://doi.org/10.53299/jppi.v4i3.632.

Soim Daimah, Ummu. “Pembelajaran Matematika pada Kurikulum Merdeka dalam Mempersiapkan Peserta Didik di Era Society 5.0”.Sepren: Journal of Mathematics Education and Applied04, no. 02 (2023): 131–39. https://doi.org/10.36655/sepren.v4i1.

Sukmadinata, Nana Syaodih. Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktik. Edited by Mukhlis. 22nd ed. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2019.

U.S, Supardi. “Arah Pendidikan di Indonesia dalam Tataran Kebijakan dan Implementasi.” Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 2, no. 2 (2015): 111–21. https://doi.org/10.30998/formatif.v2i2.92.

Wahyuni, Fina Tri, dan Lestari, Mulyaningrum. Strategi Pembelajaran Matematika. 1st ed. Sukabumi: Farha Pustaka, 2021.

Published

27-10-2024

How to Cite

Rizky, N. A., & Partono, P. (2024). Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Matematika di Madrasah Tsanawiyah. Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 12(2), 147–160. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v12i2.4258

Citation Check