Mathematical Understanding Concept Ability of Junior High School Students on Algebra

Authors

  • Mara Samin Lubis Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Siti Salamah Br Ginting Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia http://orcid.org/0000-0001-7111-2278
  • Fitry Wahyuni Akademi Perniagaan dan Perusahaan APIPSU Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/jpmipa.v12i1.4824

Keywords:

Algebra Form, Mathematical Concepts Ability.

Abstract

Abstract:
Mathematical understanding concept ability must be possessed by students in learning mathematics. This study describes students' ability to understand algebraic concepts. The research method used was qualitative research with research subjects of 30 grade VII MTs TPI Sawit Seberang students. Data was collected through observation, interviews, and documentation. The results showed that students' ability to understand mathematical concepts was still low. Only two indicators have a good rate, namely restating the concept by 67% and giving examples instead of examples by 60%. Students have difficulty in distinguishing elements of algebraic forms, substituting equations, and calculating operations in algebraic form. Schools must be able to facilitate students in learning activities so that students have a good understanding of mathematical concepts.

Abstrak:
Kemampuan pemahaman konsep matematika harus dimiliki siswa dalam belajar matematika. Penelitian ini mendeskripsikan kemampuan siswa memahami konsep aljabar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan subyek penelitian 30 siswa kelas VII MTs TPI Sawit Seberang. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa masih rendah. Hanya dua indikator yang tingkat ketercapaiannya bagus, yakni menyatakan ulang konsep sebesar 67% dan memberi contoh dan bukan contoh sebesar 60%. Siswa kesulitan dalam membedakan unsur-unsur bentuk aljabar, mensubstitusi persamaan, dan menghitung operasi dalam bentuk aljabar. Sekolah harus mampu memfasilitasi siswa dalam kegiatan pembelajaran sehingga siswa memiliki pemahaman konsep matematika yang baik.

References

Anisa, Rina Nur, Angra Meta Ruswana, dan Lala Nailah Zamnah. “Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik SMP pada Materi Aljabar.†J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan) 2, no. 3 (30 Oktober 2021): 237. https://doi.org/10.25157/j-kip.v2i3.6271.

Hanifah, Hanifah, dan Agung Prasetyo Abadi. “Analisis Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Teori Grup.†Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang 2, no. 2 (5 Juli 2018): 235. https://doi.org/10.31331/medives.v2i2.626.

Hayati, Silfina Ihza, dan Rina Marlina. “Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII SMP pada Materi Bentuk Aljabar di SMP IT Nurul Huda Batujaya.†Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif 4, no. 4 (2021): 827–34. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.827-834.

Hendriana, Heris, Euis Eti Rohaeti, dan Utari Sumarno. Hards Skills dan soft Skills Matematika Siswa. Bandung: Refika Aditama, 2017.

Kholid, Muhammad Noor, Ayu Imawati, Annisa Swastika, Swasti Maharani, dan Lingga Nico Pradana. “How Are Students’ Conceptual Understanding for Solving Mathematical Problem?†Journal of Physics: Conference Series 1776, no. 1 (1 Februari 2021): 012018. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1776/1/012018.

Klorina, Meicindy Jeny, dan Sufyani Prabawanto. “Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Bentuk Aljabar.†AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 12, no. 2 (21 Juni 2023): 1714. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i2.7598.

Lestari, Eka Kurnia, dan Mokhammad Ridwan Yudhanegara. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama, 2015.

Malatjie, Fourrie, dan France Machaba. “Exploring Mathematics Learners’ Conceptual Understanding of Coordinates and Transformation Geometry through Concept Mapping.†EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education 15, no. 12 (7 November 2019). https://doi.org/10.29333/ejmste/110784.

Purwaningsih, Sri Wahyu, dan Rina Marlina. “Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP Kelas VII pada Materi Bentuk Aljabar.†Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif 5, no. 3 (2022): 639–48. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i3.639-648.

Septripiyani, Kesi, dan Chandra Novtiar. “Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII pada Materi Bentuk Aljabar di Masa Pandemi Covid-19.†Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif 4, no. 6 (2021): 1709–22. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i6.1709-1722.

Sugito, Imam, dan Indrie Noor Aini. “Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII Pada Materi Aljabar.†Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 2019.

Suraji, Suraji, Maimunah Maimunah, dan Sehatta Saragih. “Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV).†Suska Journal of Mathematics Education 4, no. 1 (1 Mei 2018): 9. https://doi.org/10.24014/sjme.v4i1.5057.

Trianggono, Mochammad Maulana. “Analisis Kausalitas Pemahaman Konsep Dengan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pemecahan Masalah Fisika.†Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK) 3, no. 1 (26 April 2017): 1. https://doi.org/10.25273/jpfk.v3i1.874.

Downloads

Published

17-03-2024

How to Cite

Lubis, M. S., Br Ginting, S. S., & Wahyuni, F. (2024). Mathematical Understanding Concept Ability of Junior High School Students on Algebra. Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 12(1), 1–14. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v12i1.4824

Citation Check