Analisis Berpikir Kritis Guru Bersertifikasi Dalam Mengkonstruksi Media Pembelajaran Matematika
DOI:
https://doi.org/10.24256/jpmipa.v12i1.4886Keywords:
Guru Bersertifikasi, Konstruksi Media Pembelajaran, Media Pembelajaran.Abstract
Abstract:
Certified teachers already have professional abilities and can construct learning media. This study describes the critical thinking process of certified teachers in constructing learning media based on critical thinking theory from Ennis, and student learning outcomes after using learning media from teachers. This research is combined research in sequential form, namely researchers using qualitative research and then continuing with quantitative research. Data collection is done through observation, interviews, test questions, and documentation. Data validity using time triangulation. The results showed that teachers have succeeded in constructing learning media through the critical thinking process in Trigonometry learning using PPT Hyperlink media. Student learning outcomes tend to be homogeneous compared to previous meetings with an average learning outcome of 79.00. This research can still be developed by increasing the number of research subjects with different sexes to facilitate the influence of gender differences in classroom learning activities.
Abstrak:
Guru bersertifikasi telah memiliki kemampuan profesional dan mampu mengkonstruksi media pembelajaran. Penelitian ini mendeskripsikan proses berpikir kritis guru bersertifikasi dalam mengkonstruksi media pembelajaran berdasarkan teori berpikir kritis dari Ennis, hasil belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran dari guru. Penelitian ini merupakan penelitian gabungan dalam bentuk sekuensial yaitu peneliti menggunakan penelitian kualitatif kemudian dilanjutkan dengan penelitian kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, soal tes dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan guru telah berhasil mengkonstruksi media pembelajaran melalui proses berpikir kritis dalam pembelajaran Trigonometri menggunakan media PPT Hyperlink. Hasil belajar siswa cenderung homogen dibanding pertemuan sebelumnya dengan rata-rata hasil belajar 79,00. Penelitian ini masih dapat dikembangkan dengan menambah jumlah subjek penelitian dengan jenis kelamin yang berbeda untuk memfasilitasi pengaruh perbedaan gender dalam kegiatan pembelajaran di kelas.
References
Ambe, Benjamin Ayua, Cassidy Etta Agbor, Melvina Nkemdilim Amalu, Anthony Ntol Ngban, Achi Ndifon Bekomson, Michael Obun Etan, Idongesit Emmanuel Ephraim, Edung Etim Asuquo, Okon Eneyo Eyo, dan Joel Oluwatobi Ogunjimi. “Electronic Media Learning Technologies and Environmental Education Pedagogy in Tertiary Institutions in Nigeria.†Social Science & Humanities Open 9 (2024): 1–7. https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2023.100760.
Batubara, Hamdan Husein. Media Pembelajaran Efektif. Semarang: Fatawa Publishing, 2020.
Farihah, Umi. Media Pembelajaran Matematika. 1 ed. Bantul: Lintas Nalar, 2021.
Fridanianti, Avinda, Heni Purwati, dan Yanuar Hery Murtianto. “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Menyelesaikan Soal Aljabar Kelas VII SMP Negeri 2 Pangkah Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif dan Kognitif Impulsif.†Aksioma: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika 9, no. 1 (2018): 11–20. https://doi.org/10.26877/aks.v9i1.2221.
Gintings, Abdorrakhman. Esensi Praktis: Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Humaniora, 2010.
Harefa, Darmawan, Murnihati Sarumaha, Amaano Fau, Tatema Telaumbanua, Fatolosa Hulu, Kaminudin Telambanua, Indah Permata Sari Lase, Mastawati Ndruru, dan Lies Dian Marsa Ndraha. “Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Belajar Siswa.†Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal 8, no. 1 (1 Januari 2022): 325. https://doi.org/10.37905/aksara.8.1.325-332.2022.
Haryadi, Rudi, dan Hanifa Nuraini Al Kansaa. “Pengaruh Media Pembelajaran E-Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa.†At-Ta’lim: Jurnal Pendidikan 7, no. 1 (2021): 68–73. https://doi.org/10.36835/attalim. v7i1.426.
Hidayati, Wiwin Sri, Mokhamad Farid Hidayat, dan Abdul Rozak. “Analisis Berpikir Kritis Mahasiswa Dalam Mengkonstruksi Alat Peraga Pembelajaran Matematika.†Pi : Mathematics Education Journal 6, no. 2 (2023): 87–97. https://doi.org/10.21067/pmej.v6i2.8374.
Irmawati, dan Mariah. “Kompetensi Profesional Guru Dalam Menggunakan Media dan Sumber Pembelajaran di SMP.†Jurnal Media Elektrik 17, no. 2 (2020): 9–13.
Knaus, Thomas. “Emotions in Media Education: How Media Based Emotions Enrich Classroom Teaching and Learning.†Social Science & Humanities Open 8 (2023): 1–6. https://doi.org/10.1016/j.ssho.2023.100504.
Kristanto, Andi. Media Pembelajaran. Surabaya: Bintang Surabaya, 2016.
Marhawati, Ramlan Mahmud, Nurdiana, Sri Astuty, Dodiet Aditya Setyawan, Prasaja, Fahradina Nova, dkk. Statistika Terapan. Sukoharjo: Tahta Media Group, 2022.
Munawir, Munawir, Arum Nur Aisyah, dan Inayatur Rofi’ah. “Peningkatan Kemampuan Guru Melalui Sertifikasi.†Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 7, no. 2 (26 Maret 2022): 324–29. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2.360.
Musthan, Zulkifli, dan Sarjaniah Zur. “Sertifikasi dan Implikasinya dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru.†Al-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan 15, no. 2 (2022): 115–25. http://dx.doi.org/10.31332/atdbwv15i2.3899.
Netriwati, dan Mai Sri Lena. Media Pembelajaran Matematika. 1 ed. Bandar Lampung: Permata Net, 2017.
Notanubun, Zainuddin. “Pengembangan Kompetensi Profesionalisme Guru di Era Digital (Abad 21).†Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan 3, no. 2 (1 Juli 2019): 54. https://doi.org/10.30598/jbkt.v3i2.1058.
Pemerintah Indonesia. “Undang-Undang Republik Indonesia Tentang Guru dan Dosen.†Jakarta, 2005. Lembaran Negara RI Tahun 2005, No.14.
Rahim, Fanny Rahmatina, Dea Stevani Suherman, dan Murtiani. “Analisis Kompetensi Guru dalam Mempersiapkan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Era Revolusi Industri 4.0.†JEP : Jurnal Eksakta Pendidikan 3, no. 2 (2019): 133–41. https://doi.org/10.24036/jep/vol3-iss1/367.
Rahman, Sunarti. “Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar.†In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 2022, 289–302.
Ratnasari, Yulia Triana. “Profesionalisme Guru Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Revitalisasi Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Era Revolusi Industri 4.0.†Seminar Nasional-Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, 2019. http://conference.um.ac.id/index.php/apfip2/article/view/404.
Rayandra, Asyhar. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press, 2011.
Romadhon, Muhammad Syaiful, Amalia Rahmah, dan Yekti Wirani. “Blended Learning System Using Social Media for College Student: A Case of Tahsin Education.†Procedia Computer Science 161 (2019): 160–67. https://doi.org/10.1016/j.procs.2019.11.111.
Sari, Diana Yonika, Achi Rinaldi, dan Siska Andriani. “Peningkatan Pemahaman Konsep Matematis dengan Penerapan Model Pembelajaran ELPSA Melalui Media Dart Board Math.†JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif 4, no. 6 (2021): 1433–40. http://dx.doi.org/10.22460/jpmi.v4i6.p%25p.
Sukriyah, Dewi, dan Eka Nurmala Sari Agustina. “Hubungan Status Akreditasi Sekolah dengan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Guru dan Siswa.†JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika 4, no. 2 (30 Desember 2019): 128–36. https://doi.org/10.26594/jmpm.v4i2.1697.
Sulistyorini, Yunis, dan Siti Napfiah. “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Dalam Memecahkan Masalah Kalkulus.†AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 8, no. 2 (4 November 2019): 279. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i2.1947.
Sundayana, Rostina. Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta, 2014.
Susanti, Yuliana. “Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Media Berhitung di Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa.†EDISI : Jurnal Edukasi dan Sains 2, no. 3 (2020): 435–48.
Sutamrin, dan Khadijah. “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Project Based Learning Aljabar Elementer.†EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 4, no. 1 (2021): 28–41. https://doi.org/10.46918/equals.v4i1.892.
Sutisna, Icam. “Statistika Penelitian.†ARTIKEL 1, no. 1 (2020): 1–15.
Ulfah, Tri Azizah, Eva Ari Wahyuni, dan Mohammad Edy Nurtamam. “Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Kartu Uno Pada Pembelajaran Matematika Materi Satuan Panjang.†Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pembelajarannya, 2021, 955–9611.
Ummah, Siti Khoirulli, dan Rizal Dian Azmi. “Konstruksi Konsep Matematika Melalui Pembuatan Media Manipulatif Terintegrasi Teknologi.†AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 9, no. 1 (2020): 43–52. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2653.
Wati, Ega Rima. Ragam Media Pembelajaran : Visual - Audio visual - Komputer - Power Point - Internet - Interactive Video. Surabaya: Kata Pena, 2016.
Widodo, Suryo, Ika Santia, dan Jatmiko. “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Matematika Pada Pemecahan Masalah Analisis Real.†JPMR: Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia 4, no. 2 (2019): 1–14.
Zagoto, Maria Magdalena. “Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Word Square.†Educativo: Jurnal Pendidikan 1, no. 1 (2022): 1–7.
Zakiah, Linda, dan Ika Lestari. Berpikir Kritis Dalam Konteks Pembelajaran. 1 ed. Bogor: Erzatama Karya Abadi, 2019.
Zulkarnain, Rizky. “Ukuran Variasi (Dispersi).†Statistik Itu Seni (blog), 2012. https://statistikituseni.blogspot.com/2012/04/ukuran-variasi-dispersi.html.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who wish to publish and disseminate their papers with the Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, shall agree to the publishing rights set by Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Authors understand that they shall assign publication rights as part of the process upon acceptance for publication. The authors agreed that they would transfer certain copyrights to Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Consecutively, authors still retain some rights to use and share their own published articles without written permission from Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.
Authors granted Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam the following rights; (1) the right to publish and provide the manuscripts in all forms and media for publication and dissemination, (2) the authority to enforce the rights in the manuscript, for example in the case of plagiarism or in copyright infringement.
Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam will follow COPE's Code of Conduct and Best Practice Guidelines for Journal Editors to protect the research results and take allegations of any infringements, plagiarisms, ethical issues, and frauds should those issues arise. The manuscript is attributed as the authors' work, and is properly identified.