Belajar Bermakna Ausubel

Authors

  • Nur Rahmah STAIN Palopo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i1.54

Keywords:

Belajar bermakna, Ausubel

Abstract

Pembelajaran bermakna merupakan suatu proses mengaitkan informasi baru pada konsep-konsep relevan yang terdapat dalam struktur kognitif seseorang Struktur kognitif meliputi fakta-fakta, konsep-konsep, dan generalisasi-generalisasi yang telah dipelajari dan diingat siswa. Faktor-faktor utama yang mempengaruhi belajar bermakna menurut Ausubel adalah struktur kognitif yang ada, stabilitas dan kejelasan pengetahuan dalam suatu bidang studi tertentu dan pada waktu tertentu. Pembelajaran bermakna terjadi apabila seseorang belajar dengan mengasosiasikan fenomena baru ke dalam struktur pengetahuan mereka. Dalam proses belajar seseorang mengkonstruksi apa yang telah ia pelajari dan mengasosiasikan pengalaman, fenomena, dan fakta-fakta baru ke dalam struktur pengetahuan mereka.

References

Anak Ciremai. 2011. Pengertian Belajar Bermakna. (Online):http://www.anakciremai.com/2011/11/pengertian-belajar-bermakna.html, diakses tanggal 9 Maret 2012).

Budiningsih, A. 2005. Belajar dan Pembelajaran. PT Rinerka Cipta : Jakarta.

Burhanuddin; Nur Wahyuni, Esa. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: Penerbit Ar-Ruzz Media.

Dina Octaria. Teori Belajar Bermakna dari David P Ausubel. http://dinaoctaria.wordpress.com/2012/10/15/teori-belajar-bermakna-dari-david-p-ausubel/. Online 19 feb 2013.

Mardhiyanti, D. 2010. Teori Belajar Bermakna dari David P. Ausubel.(Online) http://mardhiyanti.blogspot.com/2010/03/teori-belajar-bermakna-dari-david-p.html, diakses 9 maret 2012).

Suherman. 2000. Buku Saku Perkembangan Anak. Jakarta: EGC.

Downloads

Published

19-08-2018

How to Cite

Rahmah, N. (2018). Belajar Bermakna Ausubel. Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(1), 43–48. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i1.54

Citation Check