Profil Pemahaman Konsep Matematika dan Literasi Numerasi Guru Kelas Madrasah Ibtidaiyah berdasarkan Perspektif Gender dan Masa Kerja

Authors

  • Siti Lailiyah (Scopus ID: 57195477649), Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Indonesia
  • Aning Wida Yanti UIN Sunan Ampel Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/jpmipa.v13i1.5578

Keywords:

Gender, Guru Kelas, Literasi Numerasi, Masa Kerja, Pemahaman Konsep Matematika

Abstract

Abstract:

This study explores Madrasah Ibtidaiyah teachers' understanding of mathematical concepts and numeracy literacy based on gender and working period. Using a qualitative descriptive method, the study involved one male and two female teachers with less than 10 years of working period and one male and two female teachers with more than 10 years of working period. Data were collected through tests and interviews. Validated through methodological triangulation, and analyzed using data condensation, display, and conclusion. The results show that male teachers have a moderate level of understanding, while female teachers fall into the high category, indicating gender and working period differences in mathematical and numeracy literacy.

Abstrak:

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan profil pemahaman konsep matematika dan literasi numerasi guru kelas Madrasah Ibtidaiyah berdasarkan gender dan masa kerja. Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan subjek satu guru laki-laki dan dua guru perempuan untuk masa kerja kurang dari 10 tahun, dan satu guru laki-laki dan dua guru perempuan untuk masa kerja lebih dari 10 tahun. Pengumpulan data melalui tes pemahaman konsep matematika dan literasi numerasi serta wawancara. Triangulasi teknik digunakan untuk validasi data. Analisis data dilakukan melalui kondensasi data, penyajian, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan pemahaman konsep matematika dan literasi numerasi guru laki-laki berada pada kategori sedang, sedangkan guru perempuan berada pada kategori tinggi. Temuan ini mengindikasikan adanya perbedaan pemahaman matematika dan literasi numerasi berdasarkan gender dan masa kerja.

References

Alkharusi, Hussain. “Teachers’ Classroom Assessment Skills: Influence of Gender, Subject Area, Grade Level, Teaching Experience and in-Service Assessment Training.” Journal of Turkish Science Education 8, no. 2 (2011): 39–48.

Anam, R. S., A. Widodo, and W. Sopandi. “Teachers, Pre-Service Teachers, and Students Understanding about the Heat Conduction.” IOP Conference: Journal of Physics Conference Series 1157, no. 2 (2019): 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/2/022012.

Andayani, Rif’at Shafwatul Anan, and Monika Handayani. “Analisis Pemahaman Konsep Calon Guru Sekolah Dasar Pada Konsep Pencernaan.” PRIMARY: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 11, no. 4 (2022): 1177–84. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i4.8726.

Andriani, Dwi Nila. “Kompetensi Profesional Guru, Motivasi Belajar, Dan Gaya Belajar Berpengaruh Terhadap Pemahaman Ekonomi Siswa Kelas XI IPS Di SMA Negeri 1 Gondang Nganjuk.” Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan 2, no. 1 (2014): 42–56.

Badie, Farshad. A Description Logic Based Knowledge Representation Model for Concept Understanding. Springer International Publishing AG, 2018. https://doi.org/10.1007/978-3-319-93581-2.

Bagheri, Fahimeh, and Afsaneh Ghanizadeh. “Critical Thinking and Gender Differences in Academic Self-Regulation in Higher Education.” Journal of Applied Linguistics and Language Research 3, no. 3 (2016): 133–45.

Cahyanovianty, Alda Dwi, and Wahidin. “Analisis Kemampuan Numerasi Peserta Didik Kelas VIII Dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum.” Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika 05, no. 02 (2021): 1439–48.

Cresswell, J. W. Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. New Jersey: Merrill Prentice Hall, 2005.

Development, Organization for Economic Cooperation and. OECD Member Countries and Associates Decided to Postpone the PISA 2021 Assessment to 2022 to Reflect Post-Covid Difficulties. This Draft Vision Was Created before the Crisis. The Final Version Will Reflect the New Name of the Cycle “PISA 2022”., 2021.

Devitha, Celia Tri Pristya, Fiskia Rera Baharuddin, and Purnawati. “Analisis Pengaruh Masa Kerja Dan Sertifikasi Terhadap Kompetensi Dan Kinerja Guru Produktif SMK Negeri Di Kota Kendari.” Jurnal Nalar Pendidikan 9, no. 1 (2021): 69–78. https://doi.org/10.26858/jnp.v9i1.20633.

Djamaluddin, Ahdar. “Gender Dalam Perspektif Al- Qur’an.” Jurnal Al-Maiyyah 8, no. 1 (2015): 1–26.

Fauziah, A, E F D Sobari, and B Robandi. “Analisis Pemahaman Guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) Mengenai Asesmen Kompetensi Minimum (AKM).” Edukatif: Jurnal Ilmu … 3, no. 4 (2021): 1550–58. https://www.edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/608.

Gah, Dicky Zulkarnain Rona, and Andi Hendra Syam. “Pengaruh Pengalaman Kerja Dan Kemampuan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Di Balai Latihan Masyarakat Makassar.” Jurnal Mirai Manajemen 6, no. 2 (2021): 123–36. http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/JIMM/article/view/1310.

Getenet, Seyum. “The Influence of Students’ Prior Numeracy Achievement on Later Numeracy Achievement as a Function of Gender and Year Levels.” Mathematics Education Research Journal, 2023, 1–22. https://doi.org/10.1007/s13394-023-00469-7.

Hadi, Samsul, and Alpi Zaidah. “Peningkatan Kompetensi Profesionalisme Guru SD Dalam Pengembangan Desain Skenario Pembelajaran Berbasis Literasi Numerasi.” Tut Wuri Handayani Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan 1, no. 2 (2021): 83–86.

Hartatik, Sri, and Nafiah. “Kemampuan Numerasi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru Sekolah Dasar Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika.” Education and Human Development Journal 5, no. 1 (2020): 32–42. https://doi.org/10.33086/ehdj.v5i1.1456.

Hatimah, Husnul, and Yusran Khery. “Pemahaman Konsep Dan Literasi Sains Dalam Penerapan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Android.” Jurnal Ilmiah IKIP Mataram 8, no. 1 (2021): 111–20. https://ojs.ikipmataram.ac.id/index.php/jiim.

Hazimah, Ghina Fauziah, and M.Ridwan Sutisna. “Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Tingkat Pemahaman Numerasi Siswa Kelas 5 Sdn 192 Ciburuy.” El-Muhbib Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar 7, no. 1 (2023): 10–19.

Ilham, Muhammad. “Peran Pengalaman Kerja Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan: Suatu Tinjauan Teoritis Dan Empiris.” Jmm Unram - Master of Management Journal 11, no. 1 (2022): 13–20. https://doi.org/10.29303/jmm.v11i1.695.

Kemendikbud. Materi Pendukung Literasi Numerasi. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. Jakarta: Gerakan Literasi Nasional, 2017.

———. “Penyelenggaraan Asesmen Nasional Tahun 2021.” Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 2020, 1–31.

Khairani, Bella Putri, Maimunah, and Yenita Roza. “Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas XI SMA/MA Pada Materi Barisan Dan Deret".” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 05, no. 02 (2021): 1578–87. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.623.

Lamada, Mustari, Edi Suhardi Rahman, and Herawati. “Analisis Kemampuan Literasi Siswa SMK Negeri Di Kota Makassar.” Jurnal Media Komunikasi Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan 6, no. 1 (2019): 35–42. https://ojs.unm.ac.id/mkpk/article/view/12000.

Marbun, Sri Rahwany, and Siti Kholidah Marbun. “Pengaruh Pemahaman Konsep Dan Penalaran Logis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP.” EKSAKTA: Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran MIPA 6, no. 2 (2021): 287–94. https://doi.org/10.31604/eksakta.v6i2.287-294.

Mardiyanti, Een, Yuyu Yuhana, and Anwar Muttaqin. “Hubungan Kemampuan Literasi Matematis Dengan Pemahaman Baca Dan Intensitas Penggunaan Gadget Siswa Tingkat SMP.” Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika 15, no. 2 (2022): 214–27.

Mariska, Tiara Nabila Pia, and Wiryanto. “Analisis Kesulitan Guru Dalam Mengajarkan Numerasi Pada Persiapan AKM Di Sekolah Dasar.” JPGSD: Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 11, no. 6 (2023): 1284–94.

Miyamoto, Ai, Britta Gauly, and Anouk Zabal. “Gender Differences in Literacy in PIAAC: Do Assessment Features Matter?” Large-Scale Assessments in Education 12, no. 21 (2024): 1–18. https://doi.org/10.1186/s40536-024-00208-9.

Nudiati, Deti, and Elih Sudiapermana. “Literasi Sebagai Kecakapan Hidup Abad 21 Pada Mahasiswa.” Indonesian Journal of Learning Education and Counseling 3, no. 1 (2020): 34–40. https://doi.org/10.31960/ijolec.v3i1.561.

Nurani, Mida, Riyadi Riyadi, and Sri Subanti. “Profil Pemahaman Konsep Matematika Ditinjau Dari Self Efficacy.” AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 10, no. 1 (2021): 284–92. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i1.3388.

Nurjanah, Eka. “Kesiapan Calon Guru SD Dalam Implementasi Asesmen Nasional.” Jurnal Papeda 3, no. 2 (2021): 76–85.

OECD. Programme for International Student Assessment (PISA) Results from PISA 2018. Oecd Publishing, 2019. https://www.oecd-ilibrary.org/education/pisa-2018-results-volume-iii_bd69f805-en%0Ahttps://www.oecd-ilibrary.org//sites/bd69f805-en/index.html?itemId=/content/component/bd69f805-en#fig86.

Oktaviani, Rafika Elsa, Zarkasih, and Rian Vebrianto. “Pemahaman Konsep Guru Dan Calon Guru Tentang Integrasi Sains Islam Pada Materi Reproduksi Pada Tumbuhan.” Jurnal Basicedu Research & Learning in Elementary Education 4, no. 1 (2020): 210–20. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.313.

Pasha, Veda Fitaloka, and Indrie Noor Aini. “Deskripsi Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau Dari Self-Regulated Learning.” Teorema: Teori Dan Riset Matematika 7, no. 2 (2022): 235–46. https://doi.org/10.25157/teorema.v7i2.7217.

Patriana, Wendy Dian, Sutama, and Murfiah Dewi Wulandari. “Pembudayaan Literasi Numerasi Untuk Asesmen Kompetensi Minimum Dalam Kegiatan Kurikuler Pada Sekolah Dasar Muhammadiyah.” Jurnal Basicedu 5, no. 5 (2021): 3413–29. http://www.jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1347.

Pettersen, Andreas, and Johan Braeken. “Mathematical Competency Demands of Assessment Items: A Search for Empirical Evidence.” International Journal of Science and Mathematics Education 17, no. 2 (2019): 405–25. https://doi.org/10.1007/s10763-017-9870-y.

Reform, Project Management Unit. Realizing Education’s Promise - Madrasah Education Quality. “Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia.” https://akmi.kemenag.go.id/, 2020.

Rismen, Sefna, Sri Astuti, and Lita Lovia. “Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa.” Lemma: Letters Of Mathematics Education 7, no. 2 (2021): 123–34. https://doi.org/10.31949/dm.v4i2.2334.

Sa’dijah, Cholis, Wasilatul Murtafiah, Lathiful Anwar, Rini Nurhakiki, and Ety Tejo Dwi Cahyowati. “Teaching Higher-Order Thinking Skills In Mathematics Classrooms: Gender Differences” 12, no. 1 (2021): 159–80.

Sakshi, and Sabina Bano. “Gender Disparity in Literacy in Uttar Pradesh: A Spatial Analysis.” Humanities and Social Sciences Communications 10, no. 962 (2023): 1–12. https://doi.org/10.1057/s41599-023-02457-5.

Sari, Desi Ratna, Epon Nur’aeni Lukman, and Muhammad Rijal Wahid Muharram. “Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Geometri Pada Asesmen Kompetensi Minimum-Numerasi Sekolah Dasar.” Fondatia 5, no. 2 (2021): 153–62. https://doi.org/10.36088/fondatia.v5i2.1387.

Sari, Yuniar Permata, Faiza Diah Utami, Anastasya, Novia Suciyanti, Najwa Maulidina, and Rita Ningsih. “Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII Pada Materi Aljabar Di SMP Negeri 238 Jakarta.” In Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 429–38, 2023.

Siregar, Zulaikha Halim, Masta Marselina Sembiring, and Erlinda Simanungkalit. “Hubungan Masa Kerja Dengan Tingkat Kompetensi Profesional Guru Di SD Negeri Se-Kelurahan Kisaran Kota.” SEJ (School Education Journal) 11, no. 2 (2021): 193–98.

Smail, Linda. “Using Bayesian Networks to Understand Relationships among Math Anxiety, Genders, Personality Types, and Study Habits at a University in Jordan.” Journal on Mathematics Education 8, no. 1 (2017): 17–34. https://doi.org/10.22342/jme.8.1.3405.17-34.

Stacey, Kaye. “The PISA View of Mathematical Literacy in Indonesia.” Journal on Mathematics Education 2, no. 2 (2011): 95–126. https://doi.org/10.22342/jme.2.2.746.95-126.

Sugianto, Rahmad, Niswatun Hasanah, and Mohammad Syaifuddin. “Persepsi Guru Matematika Terhadap Literasi Numerasi Dan Pengaruhnya Pada Pembelajaran Di SMA.” JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika) 8, no. 1 (2023): 50–62.

Sugito, Y Suyitno, and Kuntoro. “Pengaruh Masa Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Di Desa Samudra Dan Samudra Kulon.” Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar 11, no. 1 (2019): 1–18.

Suwarno. “Pengaruh Pengalaman Kerja Dan Pengembangan Karir Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Sinar Niaga Sejahtera.” Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis 24, no. 1 (2019): 58–76. https://ejournal.gunadarma.ac.id/index.php/ekbis/article/view/1855.

Tju, Meriana, and Erni Murniarti. “Analisis Pelatihan Asesmen Kompetensi Minimum.” Jurnal Dinamika Pendidikan 14, no. 2 (2021): 110–16. http://ejournal.fkipuki.org/index.php/jdp/article/view/7.

Winata, Anggun, Ifa Seftia Rakhma Widiyanti, and Sri Cacik. “Analisis Kemampuan Numerasi Dalam Pengembangan Soal Asesmen Kemampuan Minimal Pada Siswa Kelas XI SMA Untuk Menyelesaikan Permasalahan Science.” Jurnal Educatio FKIP UNMA 7, no. 2 (2021): 498–508. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1090.

Yazici, Ersen, and Erhan Ertekin. “Gender Differences of Elementary Prospective Teachers in Mathematical Beliefs and Mathematics Teaching Anxiety.” World Academy of Science, Engineering and Technology 67, no. 7 (2010): 128–31.

Zebua, Nesti Surya Astuti, Alianus Zalukhu, Herman, Doni Berkat Tabah Hulu, Hardi Tambunan, and Firman Pangaribuan. “Analisis Kemampuan Guru Dalam Menanamkan Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Mengembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah Terhadap Hasil Belajar Siswa.” Journal on Education 05, no. 03 (2023): 6047–53. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1370.

Downloads

Published

28-03-2025

How to Cite

Lailiyah, S., & Wida Yanti, A. (2025). Profil Pemahaman Konsep Matematika dan Literasi Numerasi Guru Kelas Madrasah Ibtidaiyah berdasarkan Perspektif Gender dan Masa Kerja. Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 13(1), 13–34. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v13i1.5578

Citation Check