Pengaruh Kemampuan Awal Matematis terhadap Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa Tingkat Menengah Atas

Authors

  • Dwi Khoerunnisa Pendidikan Matematika, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia
  • Khamida Siti Nur Atiqoh Pendidikan Matematika, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia
  • Gusni Satriawati Pendidikan Matematika, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/jpmipa.v13i2.5590

Keywords:

Aljabar, Kemampuan Awal Matematis, Kemampuan Berpikir Aljabar

Abstract

Abstract:

Algebraic thinking ability is the ability to analyze, model, and present information using mathematical language, think about patterns, functions, structures, and objects that cannot be determined with certainty, apply various mathematical discoveries, and solve problems. This study aims to identify the relationship and the magnitude of the influence of initial mathematical ability on students' algebraic thinking ability. The research was conducted in the even semester of the 2023/2024 at SMAN 1 Ciseeng, SMAN 1 Gunung Sindur, and SMAN 3 South Tangerang City. The method used was a survey with a correlational approach, using instruments for initial mathematical ability tests and algebraic thinking ability tests developed by Hee-Chan Lew. The sample consisted of 94 students. The results showed that initial mathematical ability has a strong relationship and a positive and significant influence on algebraic thinking ability.

Abstrak:

Kemampuan berpikir aljabar merupakan kemampuan dalam menganalisis, memodelkan, menyajikan informasi secara bahasa matematik, berpikir tentang pola, fungsi, struktur serta objek yang tidak dapat ditentukan secara pasti, mengaplikasikan berbagai penemuan matematika, dan memecahkan permasalahan. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi hubungan serta besar pengaruh kemampuan awal matematis terhadap kemampuan berpikir aljabar siswa. Penelitian dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2023/2024 di SMAN 1 Ciseeng, SMAN 1 Gunung Sindur, dan SMAN 3 Kota Tangerang Selatan. Metode yang digunakan yaitu survei dengan pendekatan korelasional menggunakan instrumen tes kemampuan awal matematis dan tes kemampuan berpikir aljabar yang dikembangkan oleh Hee-Chan Lew. Sampel yang digunakan sebanyak 94 siswa. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan awal matematis memiliki hubungan yang kuat serta pengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan berpikir aljabar.

References

Anggraini, Villia. “Analisis Kemampuan Awal Matematis Mahasiswa Pada Materi Perbandingan Trigonometri.” Jurnal Pelangi 13, no. 1 (2022): 72–80. https://doi.org/10.22202/jp.2021.v13i1.5809.

Aprildat, Dannix, and Dori Lukman Hakim. “High School Students ’ Algebraic Thinking Ability in Solving Linear Program Problems Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa SMA Dalam Menyelesaiakan Masalah Program Linear.” Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika 6, no. 2 (2021): 222–37.

Farida, Ida, and Dori Lukman Hakim. “Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa SMP Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV).” Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif 4, no. 5 (2021): 1123–36. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i5.1123-1136.

Herbert, Kristen, and Rebecca H. Brown. “Patterns as Tools for Algebraic Reasoning.” Teaching Children Mathematics 3, no. 6 (February 1997): 340–44. https://doi.org/10.5951/TCM.3.6.0340.

Kurniawan, M R. “Analyzing the Influence of Concept Understanding and Self Efficacy on Student’s Algebraic Thinking Ability in Flipped Classroom Learning Model.” Unnes Journal of Mathematics Education 10, no. 3 (2021): 231–43. https://doi.org/10.15294/ujme.v10i3.54144.

Kusrini, Janet Tineke Manoy, Susanah, and Pradnyo Wijayanti. Strategi Pembelajaran Matematika. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka, 2014.

Lew, Hee-Chan. “Developing Algebraic Thinking in Early Grades: Case Study of Korean Elementary School Mathematics 1.” The Mathematics Educator 8, no. 1 (2004): 88–106.

Lindawati, Ritna, Irma Noervadila, and Zainul Munawwir. “Pengaruh Kemampuan Awal Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Vii Di Mts Sarji Ar- Rasyid Situbondo.” Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan 8, no. 2 (2021): 98–109. https://doi.org/10.47668/pkwu.v8i2.95.

Munthe, Rawaty Tiarma Indah, and Dori Lukman Hakim. “Analisis Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV).” Prisma 11, no. 2 (2022): 371–83. https://doi.org/10.35194/jp.v11i2.2388.

Nada, Yohanes Hariaman. “Karakteristik Pemecahan Masalah Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Berpikir Aljabar Ditinjau Dari Jenjang Sekolah.” Fraktal: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika 4, no. 1 (2023): 12–25. https://doi.org/10.35508/fractal.v4i1.10229.

Nggaba, Mayun Erawati. “Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berbasis Kearifan Lokal Di Kecamatan Kambera, Kabupaten Sumba Timur.” Satya Widya 36, no. 2 (February 3, 2021): 97–104. https://doi.org/10.24246/j.sw.2020.v36.i2.p97-104.

Noervadila, Irma, Zainul Munawwir, and Ritna Lindawati. “Pengaruh Kemampuan Awal Dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Xi Di Ma Sarji Ar Rasyid Tahun Pelajaran 2019/2020.” Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS 8, no. 2 (2020): 315–26. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i2.831.

OECD. “PISA 2022 Results Factsheets Indonesia.” The Language of Science Education. Vol. 1, 2023. https://oecdch.art/a40de1dbaf/C108.

Prastyo, Hendri. “Kemampuan Matematika Siswa Indonesia Berdasarkan TIMSS.” Jurnal Padegogik 3, no. 2 (2020): 111–17. https://doi.org/10.35974/jpd.v3i2.2367.

Purnamasari, Irma, and Wahyu Setiawan. “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Pada Materi SPLDV Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematika.” Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang 3, no. 2 (2019): 207–15. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i2.771.

Putri Setiana, Nadia, Nelly Fitriani, and Risma Amelia. “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sma Pada Materi Trigonometri Berdasarkan Kemampuan Awal Matematis Siswa.” Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif 4, no. 4 (2021): 899–910. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.899-910.

Riskon, Muhammad, Nuriana Rachmani, Nino Adhi, and Nuriana Rachmani Dewi. “Pengaruh Disposisi Matematis Terhadap Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa Kelas XI MAS Simbang Kulon Pekalongan.” In Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4:353–58. Semarang: Unnes, 2021. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/45045.

Rustika, Putik, and Titi Rohaeti. “Algebraic Thinking Ability and Learning Interest Through Social Media-Based Pictorial Puzzle in New Normal Era.” MaPan 8, no. 2 (2020): 329–42. https://doi.org/10.24252/mapan.2020v8n2a11.

Sari, Ni Putu Novianty, Yusuf Fuad, and Rooselyna Ekawati. “Profil Berpikir Aljabar Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Masalah Pola Bilangan.” Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif 11, no. 1 (2020): 56–63. https://doi.org/10.15294/kreano.v11i1.22525.

Setiawan, Nur Candra Eka. “Pengaruh Model Pembelajaran Dan Kemampuan Awal Terhadap Hasil Belajar Dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi.” Jurnal Ilmiah 19, no. 1 (2018): 13–25.

Son’any, L. “Pengaruh Kemampuan Awal Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Penguasaan Konsep Matematika: Survey Pada Siswa Paket C Di Kabupaten Bekasi.” Perspektif 1, no. 6 (2022): 575–87. https://jurnal.jkp-bali.com/perspektif/article/view/207.

Uno, Hamzah B. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2006.

Widyawati, Dwi Astuti, and Romal Ijudin. “Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau Berdasarkan Kemampuan Matematika.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) 7, no. 9 (2018).

Yusrina, Siti Laiyinun, and Masriyah Masriyah. “Profil Berpikir Aljabar Siswa SMP Dalam Memecahkan Masalah Matematika Kontekstual Ditinjau Dari Kemampuan Matematika.” MATHEdunesa 8, no. 3 (2019): 472–84. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v8n3.p477-484.

Zulkarnain, Ihwan. “Pengaruh Kemampuan Awal Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa.” Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara 11, no. 2 (2020): 88–94. https://doi.org/10.37640/jip.v11i2.94.

Published

01-10-2025

How to Cite

Dwi Khoerunnisa, Khamida Siti Nur Atiqoh, & Gusni Satriawati. (2025). Pengaruh Kemampuan Awal Matematis terhadap Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa Tingkat Menengah Atas. Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 13(2), 151–164. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v13i2.5590

Citation Check