Materi Himpunan Terintegrasi Keislaman: Sebuah Studi Pengembangan Perangkat Pembelajaran berbasis Model Problem Based Learning

Authors

  • Nurmala Sari Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Islam Riau, Indonesia
  • Sri Rezeki Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Islam Riau, Indonesia
  • Rezi Ariawan Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Islam Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/jpmipa.v7i1.562

Keywords:

Development of Learning Devices, Problem-Based Learning (PBL), Islamic Integrated

Abstract

Abstract:

The purpose of this study is to produce a mathematical learning tool developed based on Islamic Integrated Problem-Based Learning (PBL) model that meets the validity criteria and practicality in which this learning device will make students able to solve problems related to Islam. Learning tools developed in the form of RPP (learning implementation plan) and LKPD (student worksheets) Problem-Based Learning (PBL) Islamic Integrated Model. The development of learning tools in this study uses a modification of R & D from Sugiyono so that it becomes several stages, namely: (1) Potential and problems; (2) data collection; (3) Product design; (4) Design validity; (5) Design revisions; (6) Product testing; (7) Product revision; and (8) Final product. This product was developed in class VII of SMP. The instruments of this study were the validation sheets of RPP and LKPD with Islamic Integrated, practicality questionnaire of RPP and LKPD and questionnaire for implementation of integrated Islamic learning. Islamic integration referred to in this development research by incorporating knowledge about Islam such as: the names of figures in Islam. From the research, the validation of RPP with validity criteria is quite valid and the results of the validation of LKPD with validity criteria are quite valid. While the results of the practicality of lesson plans with very practical criteria and the results of practical LKPD obtained from student questionnaire responses with very practical criteria, as well as the average results of the implementation of learning. Based on this research development produces a mathematical learning device Problem-Based Learning (PBL) model of Islam in the material of the SMP VII Class Association tested its feasibility.

Abstrak:

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan Perangkat pembelajaran matematika yang dikembangkan berdasarkan model Problem-Based Learning (PBL) Terintegrasi Keislaman yang memenuhi kriteria kevalidan dan kepraktisan yang mana perangkat pembelajaran ini akan menjadikan siswa mampu menyelesaikan masalah yang terkait dengan keislaman. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa RPP (Rencana pelaksanaan pembelajaran) dan LKPD (Lembar kerja peserta didik) model Problem-Based Learning (PBL) Terintegrasi Keislaman. Pengembangan perangkat pembelajaran  dalam penelitian ini menggunakan modifikasi  R&D dari Sugiyono sehingga menjadi beberapa tahap yaitu: (1) Potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) Desain produk; (4) Validitas desain; (5) Revisi desain; (6) Uji coba produk; (7) Revisi produk; dan (8) Produk akhir. Produk ini dikembangkan pada kelas VII SMP. Instrumen penelitian ini adalah lembar validasi RPP dan LKPD dengan Terintegrasi Keislaman, angket kepraktisan RPP dan LKPD dan angket keterlaksanaan pembelajaran yang Terintegrasi keislaman. Terintegrasi keislaman yang dimaksud dalam penelitian pengembangan ini dengan memasukkan pengetahuan tentang islam seperti: nama-nama tokoh-tokoh  dalam islam. Dari penelitian diperoleh hasil validasi RPP dengan kriteria kevalidan cukup valid dan hasil validasi LKPD dengan kriteria kevalidan cukup valid. Sedangkan hasil kepraktisan RPP dengan kriteria sangat praktis dan hasil kepraktisan LKPD diperoleh dari angket respon siswa dengan kriteria sangat praktis, serta rata-rata hasil keterlaksanaan pembelajaran. Berdasarkan penelitian pengembangan ini menghasilkan perangkat pembelajaran matematika model Problem-Based Learning (PBL) Terintegrasi keislaman pada materi Himpunan kelas VII SMP teruji kelayakannya.

References

Akbar, Sa’dun. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2013.

Amri, Sofan. Pengembangan Dan Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustaka, 2013.

Fitriah, Nani, Arif Muchyidin, and Jamali Sahrodi. “Implementasi Model Pembelajaran Matematika Berintegrasi Keislaman Dalam Meningkatkan Karakter Demokrasi Siswa.†Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching 4, no. 2 (June 4, 2015). https://doi.org/10.24235/eduma.v4i2.34.

Hamdunah. “Praktikalitas Pengembangan Modul Kontruktivisme Dan Website Pada Materi Lingkaran Dan Bola.†Lemma: Research of Mathematic Education 2, no. 1 (2015). https://doi.org/10.22202/jl.2015.v2i1.524.

Kosasih, E. Strategi Belajar Dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya, 2014.

Kunandar. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada, 2014.

Mardapi, Djemari. Teknik Penyususnan Instrumen Dan Notes. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2013.

Nihayati, Nihayati. “Integrasi Nilai-Nilai Islam Dengan Materi Himpunan (Kajian Terhadap Ayat-Ayat Al-Qur’an).†Jurnal E-DuMath 3, no. 1 (January 30, 2017). https://doi.org/10.26638/je.285.2064.

Setyosari, Punaji. Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta: Fajar Interpratama Mandiri, 2013.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitaf Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2012.

Trianto. Model Pembelajaran Terpadu Dalam Teori Dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka, 2007.

Downloads

Published

18-03-2019

How to Cite

Sari, N., Rezeki, S., & Ariawan, R. (2019). Materi Himpunan Terintegrasi Keislaman: Sebuah Studi Pengembangan Perangkat Pembelajaran berbasis Model Problem Based Learning. Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 7(1), 53–60. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v7i1.562

Citation Check