Penerapan Metode Tutor Sebaya Berbantuan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Keterampilan Literasi terhadap Hasil Belajar Matematika

Authors

  • Rizky Ramadhana STKIP YPUP Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/jpmipa.v7i1.606

Keywords:

Peer Tutor Method, Mathematics Learning Module Based on Literacy Skills, Learning Outcomes.

Abstract

Abstract:

This study aims to find out the mathematics learning outcomes of students after applying peer tutoring methods assisted by mathematics learning modules based on literacy skills and to find out the mathematics learning outcomes of students after applying peer tutoring methods assisted by mathematical learning modules based on literacy skills have reached a minimum standard. The type of this study is pre-experiment (Pre experimental design) with the research design used is the One-shot case study design, which was conducted at the MA Ihya 'Ulumiddin Kampung Beru with the research population being students of class XI 2016/2017 academic year and research samples this is the XIB class where class determination is done randomly. The results of the study show that the mathematics learning outcomes of the XIB MA Ihya Ulumiddin students taught by applying peer tutoring methods obtain an average score of 81.53 with a standard deviation of 7.76. If the score is adjusted to the minimum standard, it indicates that the minimum standard achieved is 75% so that it can be stated that students who have reached a minimum standard of 12 students (80%). Furthermore, in testing the hypothesis, the results obtained are H0 rejected and H1 accepted, this indicates that the mathematics learning outcomes of students taught by applying the peer tutoring method have reached a minimum standard of 75%.

Abstrak:

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika peserta didik setelah diterapkan metode tutor sebaya berbantuan modul pembelajaran matematika berbasis keterampilan literasi dan untuk mengetahui hasil belajar matematika peserta didik setelah diterapkan metode tutor sebaya berbantuan modul pembelajaran matematika berbasis keterampilan literasi telah mencapai standar minimal. Adapun jenis penelitian ini adalah pre-Eksperimen (Pre experimental design) dengan desain penelitian yang digunakan adalah disain One-shot case study,  yang dilaksanakan di MA Ihya’ Ulumiddin Kampung Beru dengan populasi penelitiannya adalah peserta didik kelas XI tahun ajaran 2016/2017 dan sampel penelitian ini adalah kelas XIB dimana penentuan kelas dilakukan secara random. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar matematika peserta didik kelas XIB MA Ihya Ulumiddin yang diajar dengan menerapkan metode tutor sebaya memperoleh skor rata-rata 81,53 dengan standar deviasi 7,76. Jika skor disesuaikan dengan standar minimal menunjukkan bahwa standar minimal yang dicapai yaitu 75 % sehingga dapat dikemukakan bahwa peserta didik yang telah mencapai standar minimal sebanyak 12 peserta didik (80%). Selanjutnya pada pengujian hipotesis, hasil yang diperoleh adalah H0 ditolak dan H1 diterima, hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar matematika peserta didik yang diajar dengan menerapkan metode tutor sebaya telah mencapai standar minimal yaitu  75 %.

References

Anita, Wahyudi, and Miliani. “Pengaruh Remedial Teaching Tutor Sebaya Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Hukum Newton Kelas X IPA SMA Negeri 1 Jongkong Kabupaten,†2017.

Arjanggi, Ruseno, and Titin Suprihatin. “Metode Pembelajaran Tutor Teman Sebaya Meningkatkan Hasil Belajar Berdasar Regulasi-Diri.†Hubs-Asia 10, no. 1 (November 4, 2011). http://hubsasia.ui.ac.id/old/index.php/hubsasia/article/view/666.

Darmiatun. Menyusun Modul Bahan Ajar Untuk Persiapan Guru Dalam Mengajar. Yogyakarta: Gava Media, 2013.

Fathurrohman, Pupuh, and M. Sobry Sutikno. Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum dan Konsep Islami Edisi 1. Refika Aditama, 2011. https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/21504/strategi-belajar-mengajar-melalui-penanaman-konsep-umum-dan-konsep-islami-edisi-1.html.

Fauzan, Muhammad, Noor Taufiq Saleh, and Ardhi Prabowo. “Penerapan Pembelajaran Model PBL Dengan Metode Tutor Sebaya Pada Materi Statistika Untuk Meningkatkan Ketuntasan Klasikal Siswa Kelas XII MIPA 1 SMAN 9 Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019.†PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika 2 (February 13, 2019): 403–9.

Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara, 2017.

Indrayanti, Norma Y, and Endang Susilowati. Pengembangan Modul. Surakarta: Tim Pengabdian Kepada Masyarakat LPPM UNS, 2010.

OECD. “Pisa 2012 Assessment and Analytical Framework Mathematics, Reading, Science, Problem Solving and Financial Literacy.†OECD Publishing, 2013. https://www.oecd.org/pisa/pisaproducts/PISA%202012%20framework%20e-book_final.pdf.

Sudjana. Metode Statistika. Bandung: PT. Tarsito, 2005.

Tim MKPBM Jurusan Pendidikan Matematika. “Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer.†JICA Universitas Pendidikan Indonesia, 2001. http://file.upi.edu/Direktori/KD-TASIKMALAYA/DINDIN_ABDUL_MUIZ_LIDINILLAH_%28KD-TASIKMALAYA%29-197901132005011003/132313548%20-%20dindin%20abdul%20muiz%20lidinillah/Strategi%20Pembelajaran%20Matematika%20%28Lokakarya%20Guru%20SD%20Kawalu%29.pdf.

Wadhani, Sri, and Rumiati. Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika SMP Belajar Dari PISA Dan TIMSS. Yogyakarta: PPPPTK-Kemendikbud, 2011.

Winkel. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi, 2009.

Downloads

Published

07-03-2019

How to Cite

Ramadhana, R. (2019). Penerapan Metode Tutor Sebaya Berbantuan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Keterampilan Literasi terhadap Hasil Belajar Matematika. Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 7(1), 23–34. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v7i1.606

Citation Check