Pengembangan E-Modul dengan Pendekatan Etnomatematika Bernuansa Beladiri Pencak Silat Cempaka Kuning Pada Materi Transformasi Geometri

Authors

  • Ahmad Maulana Zakariyya UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, Indonesia
  • Masrurotullaily Universitas Islam Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/jpmipa.v13i1.6070

Keywords:

ADDIE, E-Modul, Etnotmatematika, Pencak Silat, Transformasi Geometri

Abstract

Abstract:

Technological advancements have influenced the demand for engaging instructional materials, particularly those related to ethnomathematics through the cultural lens of traditional martial arts, such as Pencak Silat Cempaka Kuning. This study aims to develop an ethnomathematics-oriented E-Module incorporating elements of Cempaka Kuning martial arts. The research adopts a research and development (R&D) design, utilizing the ADDIE model, which comprises five stages: Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The product was tested on eleventh-grade students in Jember, Indonesia. The results indicate that the developed E-Module meets the criteria for validity and feasibility. Furthermore, it has proven effective in improving students’ mathematics learning outcomes and is considered practical by the students.

Abstrak:

Perkembangan teknologi berdampak pada kebutuhan bahan ajar yang menarik khususnya berkaitan tentang etnomatematika dengan pendekatan beladiri pencak silat Cempaka Kuning. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-Modul Bernuansa etnomatematika dengan pendekat seni beladiri pencak silat Cempaka kuning. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE yang terdiri terdiri dari lima tahap yakni analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Uji coba produk dilaksanakan kepada peserta didik kelas XI di Jember. Hasil penelitian menunjukkan e-modul yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dan layak digunakan. E-modul juga efektif meningkatkan hasil belajar matematika serta dinilai praktis oleh peserta didik.

References

Abidin, Zainal, and Sikky El Walida. “Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Case Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Geometri Transformasi Untuk Mendukung Kemandirian Belajar Dan Kompetensi Mahasiswa,” 2017.

Akbar, Sa’dun. “Instrumen Perangkat Pembelajaran,” 2013.

Arifin, Zainal. “Evaluasi Pembelajaran,(Bandung: PT. Remaja RosdaKarya).” Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2012.

Azizah, Vivin Nor, and Masrurotullaily. "Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Etnomatematika Candi Jawi Pada Bangun Ruang Sisi Datar Di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Al Mustaqim Sukorejo Pasuruan". JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal) 6, no. 3 (6 November 2023): 95–105.

Damopolii, Vemsi, Nursiya Bito, and Resmawan Resmawan. “Efektifitas Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Pada Materi Segiempat.” Algoritm. J. Math. Educ 1, no. 2 (2019): 74–85.

Fahrozy, Fazrul Prasetya Nur, Sofyan Iskandar, Yunus Abidin, and Mia Zultrianti Sari. “Upaya Pembelajaran Abad 19-20 Dan Pembelajaran Abad 21 Di Indonesia.” Jurnal Basicedu 6, no. 2 (2022): 3093–3101.

Hasriadi, Hasriadi. “Strategi Pembelajaran.” Mata Kata Inspirasi, 2022.

Lestari, Nurcholif Diah Sri, Didik Sugeng Pambudi, Dian Kurniati, Abdillah Putra Maulana, Wasilatul Murtafiah, and Suwarno Suwarno. “Kesiapan Guru Matematika Sekolah Menengah Dalam Mengajarkan Literasi Dan Numerasi Melalui Kurikulum Merdeka.” AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 12, no. 2 (2023): 1650. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i2.6674.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. "Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 20 Tahun 2016", 6 June 2016.

Miftachurrohman, Moch, Wasis Himawanto, and Moh Nurkholis. “TTeknik Dasar Pencak Silat yang Dominan Digunakan Pada Saat Pertandingan Kejuaraan Pencak Silat Piala Ketua Umum IPSI Kabupaten Kediri II-2023.” Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2023.

Munawaroh, Siti Mukarromah Halimatul, Masrurotullaily Masrurotullaily, and Dimas Danar Septiadi. “Kemampuan Spasial Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Geometri Berdasarkan Level Berpikir Van Hiele.” Indo-MathEdu Intellectuals Journal 5, no. 2 (2024): 1478–95.

Paling, Sepling, Rita Sari, Resekiani Mas Bakar, Putu Cory Candra Yhani, Suraya Mukadar, Lucy Lidiawati, and Novi Indah. “Belajar Dan Pembelajaran.” Penerbit Mifandi Mandiri Digital 1, no. 01 (2024).

Qamariah, Nurul, and Tustiyana Windiyani. “Pengembangan E-Modul Berbasis Flip PDF Professional Pada Materi Pecahan.” Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang 9, no. 2 (2023): 1274–83.

Riva’i, Zaenal, Nurina Ayuningty Paulus, E., Saputra, A., & Djamil, A. (2022). Innovative approaches to Islamic education in the digital era: A study of blended learning implementation in elementary schools. International Journal of Islamic Education, 5(3), 312-327. https://doi.org/10.56342/ijie.v5i3.7523.

Sudiana, I Ketut, and Ni Luh Putu Spyanawati. Keterampilan Dasar Pencak Silat. PT. RajaGrafindo Persada-Rajawali Pers, 2023.

Sugiyono, P D. “Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D Dan Penelitian Pendidikan).” Metode Penelitian Pendidikan 67 (2019).

Surbakti, Ermelia, Hardianto, and Nurrahmawati. “Pengembangan LKS Matematika Berbasis Penemuan Terbimbing Siswa Kelas VII SMP Materi Bangun Datar Segi Empat.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa FKIP Prodi Matematika. Universitas Pasir Pangaraian, 2016, 1–8.

Wicaksono, Rahmat Wastio, Nur Izzati, and Linda Rosmery Tambunan. “Eksplorasi Etnomatematika Pada Gerakan Pukulan Seni Pencak Silat Kepulauan Riau: Etnomatematika Pada Gerakan Pukulan Seni Pencak Silat.” Jurnal Kiprah 8, no. 1 (2020): 1–11.

Downloads

Published

28-03-2025

How to Cite

Zakariyya, A. M., & Masrurotullaily. (2025). Pengembangan E-Modul dengan Pendekatan Etnomatematika Bernuansa Beladiri Pencak Silat Cempaka Kuning Pada Materi Transformasi Geometri. Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 13(1), 87–100. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v13i1.6070

Citation Check