Keefektifan Penerapan Media Pembelajaran Prezi terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Geometri Analitik Ruang

Authors

  • Nirfayanti Nirfayanti Universitas Muslim Maros, Indonesia
  • Syamsuriyawati Syamsuriyawati Universitas Muslim Maros, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/jpmipa.v7i2.748

Keywords:

Learning Media, Prezi, Space Analytic Geometry

Abstract

Abstract:

Students of Mathematics Education on Universitas Muslim Maros are still less active in learning space analytic geometry. This is due to variations in the use of limited learning media and the lack of stimulus to students. This research is quantitative with an experimental method that aims to determine the effectiveness of the application of Prezi in space analytic geometry courses. The research design used was one group pretest-posttest. The subject was a Mathematics Education student who studied space analytic geometry in the academic year 2018/2019. Data collection using questionnaires and tests that have been validated by experts. Data were analyzed descriptively. The results showed that Prezi was effective against student learning outcomes in spatial analytic geometry. Student response was also very good.

Abstrak:

Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika FTIK Universitas Muslim Maros masih kurang aktif dalam belajar geometri analitik ruang. Hal ini disebabkan variasi penggunaan media pembelajaran yang terbatas dan kurangnya stimulus terhadap mahasiswa. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan metode eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan Prezi pada mata kuliah geometri analitik ruang. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest. Subjeknya adalah mahasiswa Pendidikan Matematika yang belajar geometri analitik ruang pada tahun akademik 2018/2019. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan tes yang telah divalidasi oleh para ahli. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan Prezi efektif terhadap hasil belajar mahasiswa dalam matakuilah geometri analitik ruang. Respon mahasiswa juga sangat baik.

References

Alviyaturrohmah, Alviyaturrohmah, Saluky Saluky, and Arif Muchyidin. “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Dengan Software Prezi Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa.†ITEj (Information Technology Engineering Journals) 2, no. 1 (April 26, 2017). https://doi.org/10.24235/itej.v2i1.2672.

Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers, 2013.

Febrianto, Febrianto, Muhammad Rais, and Nurmila Nurmila. “Analisis Penerapan Media Pembelajaran Prezi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X TPHP Pada Mata Pelajaran Pengendalian Mutu Dalam Proses Pengolahan Di SMK Negeri 3 Takalar.†Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian 2, no. 0 (February 8, 2018): 47–56. https://doi.org/10.26858/jptp.v2i0.5185.

Karim, Mukhammad. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Prezi Pada Mata Pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika Kelas XI Di SMK Negeri 1 Sidoarjo.†Jurnal Pendidikan Teknik Elektro 7, no. 2 (December 3, 2018). http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/22980.

Kiss, Gabor. “MS Power Point vs Prezi in Higher Education.†Turkish Online Journal of Educational Technology - TOJET 15, no. 3 (July 2016): 126–30.

Manning, Carmen, William Brooks, Vanessa Crotteau, Annelise Diedrich, Jessie Moser, and Amanda Zwiefelhofer. “Tech Tools for Teachers, By Teachers: Bridging Teachers and Students.†The Wisconsin English Journal 53, no. 1 (March 29, 2011): 24–28.

Nurhaliza, Nurhaliza, Djoko Purnomo, and Muhammad Saifuddin Zuhri. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantu Prezi Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Aktivitas Belajar Tinggi Siswa Kelas VIII.†In SENATIK 2018, 2018. http://prosiding.upgris.ac.id/index.php/senatik2018/senatik18/paper/view/2848.

Perron, Brian E., and Alyson G. Stearns. “A Review of a Presentation Technology: Prezi.†Research on Social Work Practice 21, no. 3 (May 2011): 376–77. https://doi.org/10.1177/1049731510390700.

Rohiman, Rohiman, and Bambang Anggoro. “Penggunaan Prezi Untuk Media Pembelajaran Matematika Materi Fungsi.†Desimal: Jurnal Matematika 2 (February 4, 2019): 23–32. https://doi.org/10.24042/djm.v2i1.3312.

Rusyfian, Zurrahma. Prezi Solusi Presentasi Masa Kini Untuk Pelajar, Mahasiswa, Dan Pebisnis. Bandung: Informatika, 2016.

Strasser, Nora. “Using Prezi in Higher Education.†Journal of College Teaching & Learning 11, no. 2 (2014): 95–98.

Suharjanto, Ari. “Penerapan Media Pembelajaran Dengan Penggunaan Software Prezi Dalam Upaya Meningkatkan Minat Belajar Mata Diklat Komunikasi.†Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran 2, no. 1 (June 29, 2014). http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pap/article/view/2544.

Suryani, Suryani, Khairil Khairil, and Cut Nurmaliah. “Penggunaan Media Prezi Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Untuk Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik SMA Negeri 1 Lhoksukon.†Jurnal Edubio Tropika 3, no. 1 (April 7, 2015). http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JET/article/view/5268.

Wahidmurni. Evaluasi Pembelajaran ( Kompetensi dan Praktik). Yogyakarta: Nuha Litera, 2010.

Downloads

Published

16-11-2019

How to Cite

Nirfayanti, N., & Syamsuriyawati, S. (2019). Keefektifan Penerapan Media Pembelajaran Prezi terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Geometri Analitik Ruang. Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 7(2), 87–96. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v7i2.748

Citation Check