Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Penalaran pada Materi Sudut Pusat dan Sudut Keliling Lingkaran

Authors

  • Sitti Khadijah Jurusan Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia
  • Sumarno Ismail Jurusan Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia
  • Resmawan Resmawan Jurusan Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/jpmipa.v8i1.838

Keywords:

Teaching Material, ADDIE, Circle Center Angle, Circle Circular Angle, Reasoning.

Abstract

Abstract:

Reasoning based research generally examines the application of learning models or learning methods. So far, there are still rarely studies that examine the use of teaching materials to improve the quality of learning. This study aims to develop teaching materials related to the central angle and the circumference of the circle based on reasoning. The development model used is the ADDIE development model, namely Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation. The analysis was conducted by involving students of SMPN 1 Kabila as research subjects. The results showed the quality of teaching materials was declared valid with a percentage of 75%. Practicality of teaching materials based on the results of student questionnaire responses reached very good categories with a percentage of 82.82%. This shows that reasoning based teaching materials can be used in the learning process.


Abstrak:

Penelitian berbasis penalaran umumnya mengkaji tentang penerapan model atau metode pembelajaran. Sejauh ini, masih jarang penelitian yang mengkaji tentang penggunaan bahan ajar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar materi hubungan sudut pusat dan sudut keliling lingkaran berbasis penalaran. Model pengembangan yang digunakan adalah Model pengembangan ADDIE, yaitu Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi) dan Evaluation (Evaluasi).  Analisis dilakukan dengan melibatkan siswa SMPN 1 Kabila sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukan kualitas bahan ajar dinyatakan valid dengan persentase 75%. Kepraktisan bahan ajar berdasarkan hasil angket respon siswa mencapai kategori sangat baik dengan persentase 82,82%. Hal ini menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis penalaran dapat digunakan dalam proses pembelajaran.

References

Branch, Robert Maribe. Instructional Design: The ADDIE Approach. Newyork: Springer, 2009.

Buhaerah, Buhaerah. “Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP.†Gamatika 2, no. 1 (2011): 61–70.

Daryanto, Daryanto, and Dwicahyono Aris. Pengembangan Perangkat Pembelajaran (Silabus, RPP, PHB, Bahan Ajar). Yogyakarta: Gava Media, 2014.

Emilya, Devi. “Pengembangan Soal-Soal Open Ended Materi Lingkaran Untuk Meningkatkan Penalaran Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 10 Palembang.†Jurnal Pendidikan Matematika 4, no. 1 (2010): 8–18.

Fauzan, Fauzan, and Tatang Herman. “Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Dan Self Esteem Siswa Kelas V Melalui Strategi Multiple Intelligences.†Jurnal Pendidikan Dasar 8, no. 2 (2016): 152–62.

Ibda, Fatimah. “Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget.†Jurnal Intelektualita : Keislaman, Sosial Dan Sains 3, no. 1 (2015): 27–38.

Isnaeni, Sarah, Lailatul Fajriyah, Evi Sri Rizky, Ratnih Purwasih, and Wahyu Hidayat. “Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa SMP Pada Materi Persamaan Garis Lurus.†Journal of Medives 2, no. 1 (2018): 107–15.

Joyner, Jeane, and Barbara Reys. “Principles and Standards Schools Mathematics.†National Council of Teachers of Mathematics 7, no. 1 (2000).

Nita, Nurma, and Edy Surya. “Membangun Kemampuan Penalaran Matematis (Reasoning Mathematics Ability ),†December 15, 2017.

Nurhidayati, Siti, Thamrin Tayeb, and Baharuddin Baharuddin. “Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Masalah Untuk Memfasilitasi Pencapaian Kemampuan Penalaran Pada Pokok Bahasan Perbandingan Kelas VII MTsN Model Makassar.†MaPan: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran 5, no. 2 (2017): 236–50.

Rizta, Amrina, Zulkardi Zulkardi, and Yusuf Hartono. “Pengembangan Soal Penalaran Model TIMSS Matematika SMP.†Jurnal Pendidikan Dan Evaluasi Pendidikan 17, no. 2 (2013): 230–230. https://doi.org/10.21831/pep.v17i2.1697.

Rosnawati, Rosnawati. “Kemampuan Penalaran Matematika Siswa SMP Indonesia Pada TIMSS 2011.†In Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan Dan Penerapan MIPA, 1–6. Yogyakarta: Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, 2013.

Sugiono, Sugiono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2016.

Sumartini, Tina Sri. “Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah.†Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika 4, no. 1 (2015): 1–10.

Usniati, Mia. “Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematika Melalui Pendekatan Pemecahan Masalah.†Skripsi, UIN Syarif Hidayatulloh, 2011. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/1406/1/100747-MIA%20USNIATI-FITK.pdf.

webadmin. “Konsep Berpikir Tingkat Tinggi.†Direktorat SMP (blog), August 26, 2019. http://ditpsmp.kemdikbud.go.id/konsep-berpikir-tingkat-tinggi/.

Wijayanti, Heni, and Huri Suhendri. “Pengaruh Kecerdasan Intrapersonal Dan Berpikir Kritis Terhadap Kemampuan Penalaran Matematika.†In Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 240–48. Jakarta: Fakultas Teknik, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indraprasta PGRI, 2017.

Downloads

Published

11-04-2020

How to Cite

Khadijah, S., Ismail, S., & Resmawan, R. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Penalaran pada Materi Sudut Pusat dan Sudut Keliling Lingkaran. Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 8(1), 1–12. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v8i1.838

Citation Check