Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Dengan Menggunakan Periodic Table Explorer (PT-E) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Siswa Kelas Xi Ipa 1 SMA Negeri 4 Palopo

Authors

  • Andi Irawati Indal Patra

DOI:

https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i1.85

Keywords:

Numbered Heads Together (NHT), Periodic Table Explorer PT-e), Hasil belajar siswa.

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang implementasi model pembelajaran kooperatif tife NHT dengan menggunakan Periodic Table Explorer (PT-e) untuk meningkatkan hasil belajar  pada siswa kelas XI IPA 1  SMA Negeri 4 palopo. Penelitian ini bersifat kaji tindak atau rancangan penelitian tindakan kelas ( classroom action research ) yang lakukan secara berdaur (siklus). Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Palopo yang berjumlah 30 orang, terdiri dari 4 orang laki-laki dan 26 orang perempuan. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan tiga kali pertemuan setiap siklusnya, alokasi waktu 2 x 45 menit tiap pertemuan. Tahapan  pelaksanaan penelitian setiap siklus terdiri atas empat tahapan utama yaitu (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Data hasil pengamatan mengenai aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar pada siklus dua sudah sangat baik dibandingkan siklus pertama. Penelitian tentang hasil belajar siswa pada  siklus 1 diperoleh siswa yang mendapat nilai ? 66 adalah 19 orang atau 63% dan masuk dalam kategori tuntas. Siswa yang mendapat nilai ?  65 adalah 11 orang =  37% masuk dalam kategori belum tuntas dengan nilai rata-rata siswa 72,1. Hasil penelitian siklus 2 diperoleh siswa yang mendapat nilai ? 66 adalah 26 orang (tuntas) sedangkan siswa yang mendapat nilai ?  65 adalah 4 siswa (belum tuntas) dengan nilai rata-rata siswa 79,4. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui implementasi  model pembelajaran kooperatif  tife NHT  dengan menggunakan periodic table explorer (PT-e) pada  materi struktur atom dan sistem periodik, hasil belajar  siswa kelas XI IPA 1 tahun 2012 / 2013 SMA Negeri 4 Palopo dapat ditingkatkan

References

Anita Lie. (2002). Cooperative Learning (Mempraktikan Cooperative learning diruang-ruang kelas). Jakarta : Gramedia Widiasarana.

Ani,Tri C. 2004. Psikologi Belajar. Semarang: UPT UNNES Press.

Arikunto, Suharsimi, Suhardjono, dan Supardi, 2006, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta, Bina Aksara

Bobbi DePorter, Mark Raerdon, Sarah S. Nourie. (2001). Quantum Teaching. Bandung: Kaifa.

Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Model-model pembelajaran efektif

Hamalik, O. 1983. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

http://syifadelima-pranisasyifadelima.blogspot.com/2011/12/hyperchem.html

Ibrahim, M, dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press.

Indrawati. 2007. Pembelajaran Kooperatif. Bandung PPPPTK IPA.

Lestari Puji H, 2012. Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis ICT Dalam Pembelajaran Geometri, Jurusan Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Yogyakarta

Maftuchah Noor laela, 2011. Pengaruh Pengetahuan, Kegunaan dan Penggunaan Media Berbasis ICT Terhadap Efektivitas Pembelajaran Guru Ekonomi-Akuntansi di SMA Se-Kabupaten Kudus Tahun Ajaran 2009/2010. Under graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Nova Dela, 2011. Pemanfaatan Media Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Paulina Panen. 2004. Belajar dan Pembelajaran I. Jakarta: Universitas Terbuka.

Purnomo Wahyu,2008. Workshop Pembelajaran Berbasis ICT, Dinas Pendidikan Propinsi Sulawesi Selatan

Popy K, Devi, (2007). Model Pembelajaran Kooperatif. Bandung : PPPPTK IPA.

Tahir, Iqmal, 2003 , Austrian-Indonesian Centre for Comptutational Chemistry Jurusan Kimia, Fakultas MIPA, Universitas Gadjah Mada Yogyakarta

Sahabuddin. 1998. Mengajar dan Belajar. Jakarta: PT Gramedia.

Sudjana, 2000. Model-Model Mengajar CBSA,Bandung: Sinar Baru.

Upu,H. 2003. Problem posing dan problem solving dalam pembelajaran matematika, Pustaka Ramadhan.

Downloads

Published

19-08-2018

How to Cite

Patra, A. I. I. (2018). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Dengan Menggunakan Periodic Table Explorer (PT-E) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Siswa Kelas Xi Ipa 1 SMA Negeri 4 Palopo. Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(1), 69–86. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i1.85

Citation Check