Cara-Cara Belajar Yang Berhasil Untuk Siswa SMA Dan SMK

Authors

  • Andi Bunga

DOI:

https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i1.87

Keywords:

Cara-Cara Belajar, siswa SMA dan SMK.

Abstract

Berbicara tentang belajar,maka pemikiran tertuju pada pengalaman sehari-hari yang menyangkut belajar dengan berhasil,lancar dan tidak banyak mengalami hambatan.Suatu bahan pelajaran yang cepat dimengerti dan tersimpan dengan baik dalam ingatan sehingga dapat diingat kembali dengan mudah pada saat dibutuhkan dan dikehendaki,dengan kata lain bila mendapat rangsangan,bahan yang demikian dengan cepat dan tepat diproduksi dari ingatan. Landasan utama bagi pembentukan cara belajar yang baik pada setiap siswa ialah memiliki sikap mental tertentu. Suatu sikap yang ditumbuhkan dan dipelihara dengan sebaik-baiknya akan membuat seorang siswa mempunyai senjata berupa kesediaan mental. Tanpa kesediaan mental, para siswa pada umumnya takkan dapat bertahan pada pelbagai kesukaran dan jerih payah disekolah. Sikap mental yang perlu diusahakan oleh setiap siswa sekurang­kurangnya meliputi empat segi yakni : tujuan belajar, minat terhadap pelajaran, kepercayaan pada diri sendiri, dan keuletan.

References

Agoes Soejanto,Bimbingan Kearah Belajar Yang Sukses. Arena Ilmu,Surabaya,1979.

Ambon Enre Abdullah, Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Kapasitas Kecerdasan Terhadap Prestasi Belajar dalam Kelompok Akademik pada SMA Negeri di Sulawesi Selatan Desetrasi Doktor,SPS-IKIP Bandung,1979.

Arijo, Pedoman Belajar,Jakarta,Kolff,1995.

Moh.Surya, Pengaruh Faktor-faktor Non Intelektual Terhadap Gejala Berprestasi Kurang.Desetrasi Doktor SPS IKIP Bandung,1979.

Sikun Pribadi,Masalah Kesulitan Belajar.Universitas Islam Bandung,1977.

Soemadi Soerjabrata, Psikologi Pendidikan. Rake Press,Yogyakarta,1973

Soekarto Indrafachudi dan Kasmiran Waerjo,Psikologi Pendidikan, FIP – IKIP Malang,1979.

Soli Abimanyu,Diagnostik Kesulitan Belajar, FIP – IKIP Ujung Pandang,1977.

The Liang Gie, Cara belajar yang efisien. Gajahmada University Press,1979.

Downloads

Published

19-08-2018

How to Cite

Bunga, A. (2018). Cara-Cara Belajar Yang Berhasil Untuk Siswa SMA Dan SMK. Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(1), 97–116. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i1.87

Citation Check